Ayo Ladies Semangat Berolahraga Sepeda, Agar Jiwa dan Raga Sehat!

Presiden Repulik Indonesia ke-7, Bapak Jokowi, adalah salah satu Presiden yang gemar naik sepeda. Di balik seringnya Pak Jokowi memberikan pertanyaan kuis dan berhadiah sepeda, tenyata banyak pesan dan manfaat yang terkandung bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pidatonya di suatu acara, beliau berkata, “Generasi kita harus menjadi Generasi PEMENENANG. Dari generasi yang pesimis, berubah menjadi generasi yang optimis, dari malas menjadi suka bekerja keras”. Inti dari pidato tersebut Pak Jokowi berpesan kepada bangsa dan rakyat Indonesia bahwa, meskipun kita akan menghadapi tantangan dan banyak hambatan, jangan membuat kita berhenti “mengayuh”. Jangan pernah berhenti berharap (optimis) dan terus bekerja keras untuk mewujudkan keadaan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ini.

Semangat Ladies Untuk Mengayuh Sepeda

Ternyata Ladies, berolahraga sepeda itu asik dan menyenangkan loh. Salah satu olahraga popular di kalangan generasi milineal saat ini adalah bersepeda! Dan komunitas pecinta bersepeda pun semakin meningkat jumlahnya.

Foto Dokumen Pribadi/ Komunitas SepedaArs

Contohnya Komunitas SepedaArs. Ini adalah komunitas alumni Arsitektur Trisakti yang menyenangi olahraga bersepeda bersama-sama.

Foto Dokumen pribadi/Komunitas Sepeda Papageri

Dibalik semakin semaraknya Komunitas Bersepeda ini, ternyata menurut para ahli olahraga sepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang digemari oleh semua kalangan. Selain menyenangkan, ramah lingkungan, mudah dan banyak sekali manfaat kesehatan di dalamnya.

Baca juga :  Apakah Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Kita?

Adapun manfaat bersepeda bagi kesehatan wanita diantaranya :

1. Membentuk Otot-otot pada Kaki

Setiap wanita menginginkan memiliki kaki yang jenjang dan tubuh yang ideal. Hal ini dapat diperoleh jika kita rutin bersepeda. Otot-otot kaki akan terbentuk dan kaki akan menjadi ramping dan jenjang. Bahkan bersepeda juga bisa menjadi latihan dalam proses penyembuhan radang sendi di tungkai bawah.

Foto Dokumen Pribadi

2. Membantu membakar Kalori

Seberapa banyak kalori yang ingin Anda bakar, tinggal disesuaikan dengan lamanya bersepeda. Tidak perlu repot-repot untuk berdiet, cukup rutin bersepeda, kalori di tubuh Anda akan terbakar. Rutin bersepeda dengan kecepatan 22 km selama 1 jam, para ahli mengatakan, dapat membakar kalori sebesar 488 kalori. Jika rajin bersepeda, Anda akan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Foto Dokumentasi Pribadi

3. Membantu mengurangi Nyeri Pada saat Haid

Baca juga :  Yuk Kenali dan Kendalikan Diabetes

Banyak sekali wanita yang merasakan nyeri pada saat haid. Nyeri pada saat haid dapat diatasi dengan rutin berolahraga secara teratur, salah satunya dengan bersepeda. Bukan hanya dapat mengencangkan otot kaki, bersepeda juga dapat mengencangkan otot perut dan punggung. Bagus sekali aktivitas olahraga bersepeda ini dilakukan secara rutin, bagi para remaja yang memasuki masa haid dan orang dewasa yang belum monopouse, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

4. Mengencangkan Kulit

Percayalah ladies, bahwa aktivitas bersepeda ini dapat membuat kulit anda kencang dan terbebas dari keriput. Tentunya Anda akan terlihat awet muda.

Foto Dokumen Pribadi

5. Membantu Meningkatkan Mood

Sudah jadi rahasia umum Ladies, bahwa wanita adalah makhluk hidup yang sering berubah-ubah moodnya. Untuk meningkatkan mood, salah satu caranya anda dapat bersepeda, karena olahraga ini dapat digunakan untuk mencari kesenangan. Ketika anda mengayuh sepeda dan keringat keluar membasahi tubuh, di saat yang sama tubuh akan melepaskan hormon serotonin, dopamin dan endorfin, membuat tubuh anda menjadi relaks. Jadi dengan bersepeda tidak hanya mendapatkan kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental.

Foto Dokumen Pribadi

6. Dapat Membentuk Pinggang yang Ideal

Baca juga :  Kenalan Yuk dengan BB Glow Treatment

Jika rutin bersepeda, pinggang anda akan semakin kencang, sehingga bentuk tubuh anda akan terlihat lebih seksi.

Seperti penulis motivasi Amerika berkata tentang sepeda, “You are likely to fall when you stop paddling your bicycle. Such is life. As long as you don’t give up, you will never end up falling!” Jangan pernah berhenti mengayuh sepeda jika tak ingin jatuh. Bergeraklah maju dan jangan menyerah!