Ladies, ingin menjajal kemampuan entrepreneur mandiri? Coba memulai dengan bisnis kuliner. Usaha dibidang ini masing dianggap populer, menguntungkan, dan mudah dijalani. Disamping karena alasan orang masih harus makan, usaha kuliner memang lebih ringan, baik secara finansial maupun pengerjaannya. Apalagi bila Ladies memang menggemari kegiatan memasak atau mengolah kue.

Ini dia panduan bisnis kuliner bagi pemula yang harus diperhatikan bila ingin memulai usaha makanan.

Target Pasar

Pertama yang harus ditetapkan Ladies adalah, menentukan target pasar secara spesifik. Target pasar adalah acuan untuk merancang strategi pasar. Misalnya Ladies lebih menyasar para mahasiswa, maka Ladies perlu mencari lokasi di sekitar kampus. Dan makanan yang cocok dijual adalah makanan dengan harga yang dapat terjangkau. Pilihlah kuliner yang sederhana namun disukai mahasiswa. Sehingga Ladies tidak memerlukan budget yang terlalu besar. Misalnya roti bakar, ayam bakar, nasi goreng, dan lain-lain. Meski makanan yang dijual adalah makanan yang tergolong biasa, lakukan kreatifitas dengan pilihan rasa dan penyajian yang menarik.

Baca juga :  Ladies, Ada Pizza Kekinian!

Lokasi

Pikirkan lokasi bisnis yang tepat sesuai dengan pasar. Jika target pasar mahasiswa, lokasi yang pas adalah kampus. Jika targetnya pekerja, maka pilihlah lokasi perkantoran. Jangan lupa ciptakan ruangan yang nyaman untuk pelanggan. Ingat kebersihan ruangan dan juga penyajian menjadi penting untuk menarik pelanggan.

Inovasi Tiada Henti

Persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat membuat kita senantiasa harus menyiasati bisnis yang akan dijalankan. Inovasi meliputi rasa, tampilan atau bentuk, kreasi dalam pengolahan dan cara penyajian. Inovasi ini juga harus disesuaikan dengan target pasar. Contohnya, jika target pasar adalah anak sekolah, buatlah makanan dengan tampilan yang menarik bagi anak sekolah.

Baca juga :  Ada Apa Di Setu Babakan?

Supplier

Bahan dasar yang dipakai dalam mengolah makanan sangat menentukan cita rasa makanan. Untuk menyediakan bahan dasar, biasanya bekerjasama dengan supplier. Dengan adanya bantuan dari supplier, maka kualitas bahan dasar makanan, akan terjamin. Pilihlah supplier yang konsisten menjaga kualitas.

Patner Bisnis

Tentu Ladies tidak bisa seorang diri dalam menjalankan bisnis. Ladies membutuhkan orang lain untuk membantu kelancaran bisnis. Pilihlah patner atau rekan bisnis yang bisa dipercaya. Mungin Ladies bisa mengajak kerabat atau sahabat untuk bekerja sama.

Pengetahuan dan Keahlian

Pengetahuan dan keahlian menjadi modal yang sangat penting. Selain modal materi, Ladie harus mempunyai pengetahuan dan keahlian juga dibidang kuliner. Ini akan memudahkan kita untuk melangkah dan menentukan bisnis kuliner ke depannya.

Baca juga :  Berani Merintis Usaha Mandiri

So Ladies, ternyata tidak terlalu sulit bukan, untuk memulai usaha kuliner ini? Jadi tak perlu ragu untuk menjajal kemampuan di bidang bisnis makanan. Jangan lupa pula untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Jangan malu untuk bertanya pada mereka yang lebih berpengalaman. Dan apabila awalnya tak sesuai harapan, jangan langsung menyerah. Lakukan terus inovasi tanpa mengabaikan kualitas.