Bahan makanan yang bersumber dari alam, sudah pasti menyehatkan. Tinggal bagaimana kita mengolahnya. Sepeti singkong. Tumbuhan ini sangat mudah didapati dan mengandung aneka nutrisi yang baik untuk tubuh. Yaitu karbohidrat, protein, serat. mineral, termasuk kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium, vitamin C dan A, serta Air.

Karena efeknya mengenyangkan, singkong juga dianggap ampuh buat menjalani program diet supaya tubuh dapat tampil proporsional atau langsing. Tidak perlu takut mudah lemas atau letih, karena singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram singkong, terkandung 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada kalori pada umbi jenis lain, seperti kentang dan ubi. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan energi ekstra untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong. Sehingga Anda bisa menjalani aktivitas keseharian tanpa khawatir kelelahan.

Baca juga :  Memilih Notebook Gaming

Selain kalori, singkong juga kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah. Bila kadar gula darah terkendali, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas juga akan lebih rendah.

Manfaat singkong lainnya bisa didapat dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.
Sementara beta-karoten berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kekambuhan gejala asma, mengurangi risiko kanker, serta baik untuk kesehatan kulit dan mata. Asupan nutrisi ini juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Baca juga :  Ini Dia, Deretan Promo Menyambut HUT Kemerdekaan

Nah, supaya singkong dapat disantap dengan enak, coba resep singkong goreng balado ini. Dijamin nagih dan tidak membuat badan jadi melar.

Bahan-Bahan
500 gram singkong, kupas, potong-potong
minyak goreng
2 helai daun jeruk
2 sendok irisan gula jawa
air matang

Dihaluskan
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Bumbu Halus
5 buah cabai merah besar, buang bijinya
5 buah cabai rawit/cabai setan
5 siung bawang putih
2 buah kemiri
1 sdt garam

Cara Membuat

  1. Rebus singkong dengan bumbu dan sedikit air sampai matang merekah. Angkat, tiriskan, lalu dinginkan.
  2. Panaskan minyak, goreng singkong hingga kecoklatan, angkat lalu tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan irisan daun jeruk dan gula jawa.
  4. Tambahkan sedikit air, masak hingga air surut.
  5. Masukkan singkong goreng, aduk sampai rata. Angkat lalu sajikan.
    So Ladies, selamat bereksperiman dan menkmati singkong goreng balado yang yummi!