Jenis makanan ini memang membutuhkan nyali besar buat mencicipinya. Soalnya bentuknya unik dan rasanya pun mantap. Ladies berani coba?

Seorang pedagang bakso membuat terobosan unik dengan menjadikan Gunung Anak Krakatau sebagai inspirasinya untuk membuat bakso gunung krakatau. “Saya menjual bakso gunung krakatau ini merupakan yang pertama di Lampung. Selain Lampung terkenal dengan gunung krakatau ini juga bisa melestarikan potensi wisata yang ada dengan mengenalkan ke masyarakat cara saya,” ujar pedagang bakso gunung krakatau Ny. Sulis.

Menurutnya, bakso gunung krakatau ini berbeda dengan bakso-bakso lainnya, karena tidak menggunakan bahan-bahan pengawet. Dia menjelaskan, bila bakso biasanya berbentuk bulat dan kotak, bakso ini berbeda dari biasanya, karena berbentuk seperti gunung dengan lancip ke atas.

Bakso gunung krakatau ini juga memiliki lava, seperti gunung berapi yang sedang aktif. Bila gunung mengeluarkan api, bakso ini mengeluarkan sambal berwarna merah dari ujung gunungnya yang langsung meleleh ke bawah. “Jadi hampir mirip dengan gunung anak krakatau ada lavanya, dan bentuknya juga seperti gunung,” katanya.

Baca juga :  Ratusan Orang Bersepeda di Jogja Membentuk Gambar Keris

Mengenai harga, Sulis menjelaskan dari harga Rp20.000 sampai Rp35.000 rupiah per satu porsinya.
Untuk yang Rp20.000 mendapatkan porsi kecil sedangkan yang Rp35.000 mendapatkan porsi jumbo/besar. “Ada kecil dan besar tergantung ukuran para pembeli mau yang mana,” ungkapnya Sulis menjelaskan. Saban harinya, ia biasa berjualan di Kampung Baru di belakang Universitas Lampung dengan sistem daring atau online. Untuk para pembeli, lanjutnya, jangan takut dan khawatir karena yang di jual disini tidak mengandung bahan formalin dan pengawet. Bakso gunung krakataunya pun sangat mengutamakan kesehatan pelanggan dengan menjual makanan olahan daging segar, sehat dan baik untuk dikonsumsi.

Baca juga :  Waspadai Ketergantungan Makanan Siap Saji

Selain Lampung, ada pula kota di pulau Jawa yang menawarkan sajian bakso yang tak kalah unik. Sudah coba bakso tumpeng di Sleman? Waktunya coba Bakso Gunung Merapi yang rasanya tak kalah nendang di lidah. Kuliner sejuta umat ini memiliki bentuk limas menyerupai Gunung Merapi.

Menu baru ini memang juaranya. Dari kepadatan daging yang tak mengecewakan lidah dan perut pecinta bakso. Sementara itu, tekstunya lembut dan dijamin ketagihan. Soal rasa, tentunya saja tak diragukan lagi. Apalagi ketika disantap dengan kuah hangat yang disajikan terpisah. Meski unik banget, tetap saja menu bakso lain tak kalah menggiurkan.

Sebelum ada Bakso Gunung Merapi, warung makan ini memiliki banyak jenis menu yang menggiurkan. Ada soto, miago premium, sop manten, geprek, dan banyak lainnya. Menu andalannya berupa mie ayam yang memiliki porsi jumbo. Selain teksturnya yang lembut, topping ayamnya juga banyak. Belum lagi sayuran yang dikombinasikan di dalamnya. Pas banget.

Baca juga :  Zaskia Sungkar, Fokus Bisnis Kuliner

Mie ayam goreng dengan campuran daging serta telur puyuh juga bisa jadi menu yang sempurna saat mampir ke Labalaba Bakso. Semuanya menyajikan porsi banyak yang bisa disantap bersama keluarga.
Nah Ladies, punya niat berburu kuliner daerah di minggu ini? Boleh juga mencoba sajian kuliner rekomendasi dari citawanita.com ini.