Bisa dibilang air kelapa adalah air minum paling nikmat sedunia. Rasanya yang dingin menyegarkan dan rasa manisnya yang pas, membuat air kelapa, terutama kelapa muda digemari banyak kalangan. Apalagi saat panas terik, minum kelapa pasti akan mengobati rasa haus di kerongkongan.

Tapi tahukah Ladies bahwa air kelapa telah lama digunakan sebagai bahan kecantikan alami? Karena ternyata air kelapa memberikan manfaat menakjubkan untuk kulit dan rambut.

Air kelapa mengandung anti oksidan, vitamin C, dan berfungsi sebagai anti aging yang kuat. Berikut manfaat air kelapa untuk kecantikan.

1. Menjadikan kulit glowing
Rutin mencuci wajah dengan air kelapa, atau menggunakannya sebagai toner, akan membantu menjadikan kulit lebih lembut, bercahaya dan kencang. Ladies juga bisa membuat pasta dari air kelapa. Caranya, campur air kelapa, susu dengan bubuk kunyit. Terapkan masker ini pada wajah, tunggu beberapa saat dan cuci dengan air dingin.

Baca juga :  Wanita Sehat Tonggak Perekonomian Indonesia

2. Sebagai pelembab
Jika mengalami kulit kering dan gatal, Ladies bisa menggunakan air kelapa pada kulit. Air kelapa tidak hanya membantu untuk melembabkan kulit, tapi juga membantu mempertahankan tingkat pH kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, campur air kelapa dengan satu tetes minyak kelapa dan terapkan pada wajah. Bilas dengan air bersih.

3. Sebagai anti-aging
Air kelapa mengandung banyak antioksidan dan enzim aktif. Hal ini membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Air kelapa juga mengandung asam laurat yang membantu memudarkan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Rutin membasuh wajah dengan air kelapa bisa membantu untuk memberikan kulit tampak lebih muda.

Baca juga :  Kurang Berolahraga Bisa Lebih Buruk Dari Merokok

4. Mengecilkan pori-pori
Seperti disebutkan sebelumnya, air kelapa bisa dimanfaatkan sebagai toner alami. Ini tidak hanya melembutkan tapi juga membantu mengecilkan pori-pori. Ambil air kelapa dan bersihkan wajah dengan kapas bersih.

5. Melindungi kulit dari kerusakan
Antioksidan aktif dalam air kelapa dapat membantu melindungi kulit anda dari sinar UV yang berbahaya dari matahari. Kandungan vitamin C dalam air kelapa juga dapat membantu mencegah kulit dari kerusakan akibat matahari. Terapkan air kelapa pada wajah dan pijat selama beberapa menit. Tunggu 20-30 menit dan cuci dengan air dingin.

6. Mencegah rambut rontok

Baca juga :  Intip Tren Perawatan Kulit Ala Korea yang Happening di Tahun 2022

Air kelapa tidak hanya kaya akan antioksidan, tapi juga mengandung vitamin K dan zat besi. Hal ini bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah rambut rontok. Setelah Ladies mencuci rambut dengan shampo biasa, gunakan air kelapa untuk membilas.

7. Menjadikan rambut berkilau
Menggunakan air kelapa pada kulit kepala secara teratur dapat membantu memperkuat akar rambut dan menjadikan rambut tetap sehat. Ini membantu meremajakan rambut kusam dan rusak, sehingga merangsang pertumbuhan rambut yang lebih berkilau.

Nah bagi Ladies yang ingin memiliki kulit lembut bercahaya plus rambut lebat berkilau tak ada salahnya mencoba manfaat air kelapa. Tak perlu khawatir, air kelapa alami dan bebas efek samping. (Editor: Theresia PM)