Moment hari raya keagamaan, seperti hari raya kurban, menjadi saat yang tepat untuk saling memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha. Beragam postingan di media sosial maupun jaringan sosial lainnya, semisal WhatsApp, mengalir deras lewat penggunaan gadget.

Baik grup maupun WA pribadi antar teman atau relasi, menyebar di jaringan online. Maka tak heran, bila sebuah temuan mengungkapkan bahwa masyarakar modern saat ini, tidak bisa lepas dari gadget. Sekedar gaya hidup, atau saling memperkuat pertalian satu sama lain.

Adalah sebuah perusahaan analisis aplikasi Apptopia yang menyebutkan bahwa masyarakat pengguna aplikasi obrolan di dunia, menghabiskan 85 miliar jam untuk menggunakan aplikasi WhatsApp, dalam tiga bulan terakhir.  Hal ini berarti bahwa setiap orang di dunia menghabiskan 11.425 jam di WhatsApp dalam kurun waktu tersebut. Menariknya, meski Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan, ternyata hanya dinikmati orang selama 30 miliar jam. Sisa waktu lainnya, terserap di beberapa jaringan favorit lainnya. Ada 10 jaringan online yang disebut paling banyak digunaka orang dalam berkomunikasi online. Yaitu;  WhatsApp, WeChat, Facebook, Messenger, Pandora, Youtube, Instagram, Twitter, Geoogle Maps, dan Spotify.

Baca juga :  Facebook Bakal Menghilangkan Fitur Ini

Sebagai catatan, data ini tidak mencakup toko aplikasi Android pihak ketiga asal China, atau WeChat dan aplikasi lain dari China yang kemungkinan besar akan menempati peringkat teratas. Meski begitu, WeChat berada di posisi kedua.

Perbedaan waktu antara WhatsApp dan Facebook menjadi menarik. Ternyata banyak orang yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengirimkan pesan daripada bermedia sosial.  Hal ini mungkin mengejutkan dari perspektif orang dewasa dan orang yang lebih tua. Namun hal ini kemungkinan menunjukan kebiasaan anak muda, yang cenderung menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi.

Baca juga :  Melihat Lagi Peluang Bisnis Tikus Logam 2020