Sebuah aplikasi terbaru untuk bertransaksi secara online bagi para nasabah, diperkenalkan PT Hanson Semesta Berjangka pada launching perusahaan pialang ini,  di Gedung Mayapada, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, 3 September 2018 lalu. Hadir dalam soft launching tersebut para petinggi perdagangan berjangka yang memberikan apresiasi terhadap kehadiran PT Hanson Semesta Berjangka.

Aplikasi Platform IX Trader ini terbilang baru dan paling canggih di Indonesia, dengan fasilitas layanan trading kepada trader dan nasabahnya. Menurut Albertus Danggur, selaku Direktur Pelaksana, PT Hanson adalah sebuah perusahaan fintech dan pialang berjangka yang berfokus pada mobile trading, yang didukug staf IT dan tenaga ahli di bidang tehnologi dan keuangan bertaraf internasional. Bahkan, “Saat ini Hanson menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan besar yang berperan sebagai patner strategis,” papar Albert. Hanson terus berinovasi untuk mendukung aktivitas trading para nasabah dengan berinteraksi dalam satu platform digital. Penggunaan IX Trader ini pun dapat diunduh dengan mudah di smartphone. Nasabah juga dapat menggunakan Playstore untuk platform Android, dan Apple Store untuk Apple/iOS.

Keterlibatan Investor, Pengusaha, dan Pemerintah di Industri Perdagangan Berjangka

Peran PT Hanson Semesta Berjangka, mendapatkan sambutan positif dari Swasta maupun Pemerintah. Salah satunya, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappeti, Ir Dharmayugo Hermansyah, M.Sc. yang turut hadir dalam launching. Kehadiran Hanson, menurutnya, turut menandakan peningkatan kualitas transaksi di Industri Perdagangan Berjangka Indonesia, setelah lima tahun silam, kegiatan pialang di Indonesia, sempat dilarang aktivitas dan penerbitan perusahaannya. “Maka saya mengajak para investor dan pengusaha yang hadir untuk ikut bertransaksi dalam kegiatan Perdagangan Berjangka di Indonesia,” tegas Dharmayugo.

Baca juga :  5 Faktor yang Menunjukan Etika di Tempat Kerja

Ia pun memaparkan, industri bilateral sudah berjalan sejak 2005 dan Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) telah ada hampir 18 tahun. Dengan rentang waktu itu, kehadiran Hanson diharapkan dapat mendukung program Pemerintah, khususnya aktivitas hedging produk-produk komoditi primer, finansial, dan lainnya. “Dengan demikian bersama dengan Bappeti, dapat membantu masyarakat, investor dan nasabah kita dalam membandingkan antara perusahaan yang legal dan ilegal,” ungkap Dharmayugo, sembari menambahkan bahwa kemitraan dengan Pemerintah diharapkan bisa memberantas pialang-pialang ilegal.

Cermatan yang sama juga diungkapkan Direktur Utama ICDX, Lambertus J.H.M. Ruten, yang membandingkan pasar berjangka di Indonesia dengan negara India. Indonesia adalah negara besar, namun kegiatan bursa sangat kecil. Sehingga kehadiran perusahaan pialang seperti Hanson, memberikan harapan besar dalam merealisasikan potensi yang ada di Indonesia. Perusahaan baru dipandang lebih dinamis dan agresif. “Perusahaan ICDX perlu pialang seperti Hanson, yang dinamis dan inovatif,” tandas Ruten.

Pendapat senada dilontarkan Direktur Indonesia Clearing House (ICH), Nursalam. Sebagai anggota ICDX dan ICH, Hanson ditantang untuk bergerak dan menyamai pialang-pialang besar yang sudah ada. “Jangan segan-segan berkomunikasi dengan ICH karena kita akan maju bersama-sama untuk berkembang,” tegasnya.

Ketua Umum Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO), F. Wisnubroto pun menaruh harapan yang sama. Hason sebagai pialang baru, tidak hanya menyemarakan panggung perdagangan berjangka komoditi, namun dengan integritas yang diembannya, bergandengan tangan dengan pelaku industri lain memajukan pasar pialang tanah air. “Asosiasi siap mendukung Hanson bersama-sama di industri ini,” kata Wisnubroto.

Baca juga :  Pasar Potensial Melek Internet ‘Generasi Z’.

Profil PT Hanson Semesta Berjangka 

Dalam kesempatan itu, Direktur Operasional PT Hanson Semesta Berjangka, Albertus Jemahan Danggur, menyampaikan profil perusahaan yang terletak di wilayah Pusat Bisnis Ibu Kota ini.

Perusahaan pialang ini berdiri tanggal 5 Maret 2018, dan telah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI. PT Hanson Semesta Berjangka merupakan perusahaan yang secara khusus bergerak di bidang perdagangan berjangka komoditi, perdagangan Foreign Exchange dan perdagangan Index, yang mendapatkan legalitas penuh dari lembaga Pengawasan Perdagangan Bejangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian RI. Hanson juga merupakan anggota Bursa Berjangka dari ICDX dan Lembaga Kliring ICH. Dalam menjalankan kegiatan usaha ke depan, Hanson didukung kekuatan Capital dengan modal dasar sebesar Rp 60.000.000.000 (60 M).

PT Hanson Semesta Berjangka memiliki struktur organisasi yang cukup lengkap. Terdapat 2 Dewan Komisaris, Direktur Utama, Direktur Operasional, Direktur Kepatuhan, dan beberapa Wakil Pialang. Dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan ini didukung pula oleh 28 personil manajemen dengan waktu kerja pukul 06.00 WIB, pagi sampai Sabtu pukul 05.00 WIB. Adapun produk yang diperdagangkan adalah; Multilateral yang dikeluarkan ICDX, serta Derivatif–Foreign dan Indeks.

Meski terbilang pendatang baru, Hanson memiliki Visi-Misi ke depan yang gemilang, yakni sebagai pialang berjangka yang unggul dalam pelayanan dan pelatihan berbasis teknologi terkini, berintegritas dan beretika tinggi serta mengutamakan transparansi dalam menentukan kondisi pasar yang teratur, wajar, efektif, dan efisien.

Baca juga :  DUNYA ANAK AUTISME DAN KREATIFITASNYA

Selain itu, menjadi mitra terbaik dalam pengembangan modal/capital bagi masa depan investasi para nasabah. Sebagai wujud tekad untuk menjadi “Your Best Patner in Financial Business”. Hanson juga berkomitmen untuk turut andil dalam meningkatkan Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia yang bermartabat, sehingga dapat menjadi alternatif investasi yang dapat diandalkan dan membantu meningkatkan perekonomian Nasional.

PT Hanson Semesta Berjangka juga merupakan perusahaan perdagangan berjangka dan perusahaan fintech Indonesia pertama yang fokus pada mobile trading, yang melayani investasi online trading dengan platform IX yang canggih dan inovatif.

Platform IX merupakan satu-satunya mobile trading platform di Indonesia, yang menyediakan layanan all in one, online trading, dengan mengintegrasikan semua fitur trading ke dalam satu platform yang mutkahir. Termasuk trading futures, analisa terbaru, berita tentang market, edukasi trading, customer service, dan semua layanan ke dalam single aplikasi teknologi yang mutakhir.

Investor atau nasabah dapat berinvestasi pada jenis produk komoditi primer, foreign exchange, dan indeks saham, dengan modal yang kecil, serta spread bersaing dan teregulasi.