Ladies penyuka film-film animasi besutan Disney, berikut ini ada film yang masuk dalam jajaran film favorit sepanjang masa. Berlatar budaya asia timur, film ini masih enak buat ditonton, meski dengan tema cerita yang sama.
Aladdin film animasi buatan rumah produksi Disney, diracik ke dalam konsep live-action yang kabarnya bakal tayang pada 24 Mei 2019. Film yang dirilis pertama kali pada tahun 1992 ini adalah animasi Disney ke-31 disutradarai oleh Guy Ritchie, yang didasarkan pada cerita rakyat Arab yaitu Seribu Satu Malam. Plot cerita ringan yang mengisahkan Aladdin seorang pria biasa yang mencoba untuk mendapatkan kasih sayang dari Putri Jasmine setelah mendapatkan lampu ajaib.
Ternyata ada beberapa fakta menarik yang mengiringi beragam keseruan pembuatan Film Aladdin besutan Disney ini. Yuk kita mulai !

Rompi yang berubah warna


Aladdin yang terdapat pada film live-action nya tidak menggunakan rompi berwarna ungu melainkan berwarna merah. Dalam rangkaian adegan, Aladdin yang sudah familiar dengan menggunakan rompi berwarna ungunya, pada film live-actionnya menggunakan rompi yang berwarna merah. Hal ini juga diikuti dengan adanya pemakaian baju dalaman yang digunakan oleh Aladdin. Pemilhan pakaian yang berbeda dengan kartunnya diyakini merupakan penyesuaian dengan latar film yang digunakan, yaitu gurun pasir.

Naomi Scott Tampil Memesona


Putri Jasmine yang diperankan oleh Naomi Scott memiliki karakter yang lebih kuat. Hal ini terlihat dari akting aktris cantik ini. Putri Jasmine yang iconic dengan baju off-shoulder berwarna birunya, pada film akan terlihat memakai baju yang lebih mencerminkan jiwa feminist seorang putri yang tidak ingin dinikahi oleh pangerang pilihan ayahnya. Sehingga untuk menguatkan karakter kuat Putri Jasmine, pemilihan kostum Putri Jasmine tidak seterbuka seperti film animasinya di tahun 1992. Selama ini nona Scott dikenal sebagai aktis tomboy yang doyan tampil kasual. Namun di film ini. ia tampil jelita dan memesona. Kabarnya demi perannya itu, ia rela pergi ke sebuah toko pakaian Topshop di Jalan Oxford, London untuk membeli gaun bewarna biru, bercorak bunga-bunga untuk memancarkan aura femininnya. Selama audisi, ia selalu mengenakan pakaian feminin sampai akhirnya ia didapuk menjadi pemeran Putri Jasmine. “Ketika aku muncul di latihan pertama, aku mengenakan baju olahraga. Aku seperti ingin mengatakan, ‘Inilah aku yang sebenarnya. Ha ha, aku menipu kalian!'” ujar Naomi Scott.

Baca juga :  Ladies, Ada Pizza Kekinian!


Disney Sulap Kota Agrabah


Kota Agrabah yang menjadi latar belakang film adalah kota buatan dari Disney. Kota ini memang disebut dalam kisah Aladin. Agrabah yang menjadi latar tempat film merupakan kota buatan yang memang dari awal adalah buatan tim produksi Disney. Pada film, Kota Agrabah dibangun di negara Inggris dengan proses kontruksi yang terinspirasi dari negara-negara timur tengah, seperti Maroko, Persia dan Turki. Pada kisah Aladin, digambarkan kota Agrabah adalah kota fiksi yang merupakan kota perpaduan budaya Arab dan Persia. Para kru perlu membuat kota tersebut. Pembuatan kota ini tidak main-main karena menghabiskan waktu hampir 4 bulan, yaitu 15 minggu karena kota Agrabah dibuat seluas dua kali lapangan sepak bola.


Smith Sang Genie

Baca juga :  Pengguna Gadget Habiskan 11.425 Jam Untuk WhatsApp


Terdapat perdebatan dengan Will Smith yang berperan sebagai Genie di kalangan fans Disney. Pada awal perilisan posternya, Will Smith yang memerankan sosok Genie sempat menjadi buah bibir di kalangan fans Disney. Para fans mengatakan bahwa terdapat perbedaan yang dari poster tersebut. Ternyata gambaran Will Smith yang tidak memiliki warna biru pada tubuhnya menjadi perdebatan di kalangan fans. Sehingga untuk menjawab perdebatan ini, Will Smith mengatakan bahwa pada film dirinya akan berwarna biru yang dibantu oleh efek computer.


Kehadiran Sobat Baru Putri Jasmine


Terdapat sosok Dalia, teman perempuan Putri Jasmine yang akan menyemangati dan membantunya. Pada film animasinya di tahun 1992, Putri Jasmine tidak digambarkan dekat dengan siapa-siapa. Namun pada film live-action-nya Putri Jasmine akan memiliki seorang sahabat dekan yang bernama Dalia yang diperankan oleh Nasim Pedrad.


Lokasi syuting berada di Yordania


Yordania adalah tempat yang dipilih oleh pihak Disney. Dan Lin dan para kru ingin film Aladdin dibuat se-authentic mungkin. Wadi Rum menjadi salah satu tempat yang dipilih Disney dalam pengambilan gambar film ini. Wadi Rum adalah padang pasir luas dengan bebatuan raksasa. Ketika mengunjungi tempat ini, kita akan merasa seperti di Mars. Para Ilmuan bahkan menjulukinya sebagai Mars-nya Bumi. Sebelum Aladdin, tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting film The Martian.

Dinding dua di film Aladdin dilapisi berlian asli!


Salah satu tempat di film Aladdin adalah Cave of Wonders, di mana Aladdin menemukan lampu ajaib. Melansir dari Entertainment Tonight, bahwa dinding gua dilapisi oleh perhiasan asli, namun perhiasan yang tergeletak di lantai terbuat dari karet supaya aman bila terinjak.

Baca juga :  Ladies, Yuk Bersiap Tonton RWMF dan Borneo Jazz di Sarawak


Sulitnya mencari pemeran Aladdin


Pihak Disney benar-benar berusaha keras menggarap film ini. Guy Ritchie dan casting director Randi Hiller mengadakan audisi dari London, Abu Dhabi sampai India dan melibatkan 2000 orang. Sang sutradara dibuat pusing karena pihak Disney meminta pemeran Aladdin adalah aktor berumur sekitar 20-an dan berasal dari Timur Tengah atau Gujarat. Selain itu, ia harus pandai menyanyi dan menari.


Banyak pemeran tambahan dari Timur Tengah


Sempat beredar kabar bahwa banyak pemain di film tersebut yang merupakan orang kulit putih namun didandani menjadi orang Timur Tengah. Disney membantah pernyataan tersebut dengan menambahkan banyak pemain figuran yang berasal dari Timur Tengah. “Mereka ingin film ini terasa asli sehingga tim produksi menyewa lebih banyak orang Timur Tengah untuk adegan keramaian,” ujar seorang sumber dilansir dari Aceshowbiz. Gosip lainnya, Disney sempat melirik Dev Patel, Riz Ahmed dan Tara Sutaria untuk memerankan Aladdin dan Jasmine. Dev Patel adalah aktor berkebangsaan Inggris berusia 29 tahun. Orangtuanya merupakan keturunan Gujarat yang beragama Hindu. Riz Ahmed adalah aktor Inggris keturunan Pakistan yang berumur 37 tahun. Keduanya sempat dilirik Disney menjadi pemeran Aladdin. Namun pilihan akhirnya jatuh pada Meena Massoud, aktor Inggris yang berasal dari Mesir, berumur 28 tahun.