Saat kita berbuka puasa, banyak dari kita memakan buah ini bersama dengan makanan tajil yang dicampur dengan es dan sirup, ya kan? Terlihat segar dalam gelas, teksturnya kenyal dan rasanya manis…hmmm, siapa yang tidak tergoda memakannya? Ya itulah Kolang-kaling, umumnya berwarna transparan dan berukuran mendekati uang logam, merupakan isi buah yang dipanen dari pohon aren. Pohon Aren ini memiliki tinggi yang bermeter-meter, sehingga bisa menghasilkan kolang-kaling yang banyak.

Sebelum bisa kita nikmati dan merasakan manfaat dari kolang-kaling ini, kita harus tahu asal usulnya, dimana kolang kaling ini saat panen sangat sulit karena buahnya tumbuh di ketinggian. Kemudian buahnya dipisahkan dari batangnya, yang ada getahnya, risikonya jika kena kulit kita akan gatal. Dan kita harus merebus kolang-kaling ini selama 2 jam, baru setelah itu kita bisa mengambil isi buat tersebut.

Banyak cara untuk menjadikan kolang-kaling sebagai hidangan, aslingnya buah ini rasanya tawar, sehingga banyak ladies yang mengolahnya menjadi manisan atau dicampur dengan sup buah dan hidangan pencuci mulut tradisional lainnya. Untuk hidangan yang sehat, kolang-kaling ini bisa dipadukan dengan air wedangan jahe, beberapa jenis rempah lainnya dan madu. Ada juga yang memadukannya dengan sambal balado, dan ikan teri, wah banyak cara menikmati kolang-kaling ini ya ladies!

Baca juga :  Kurang Berolahraga Bisa Lebih Buruk Dari Merokok

Yuk, sekarang kita bahas manfaat kolang-kaling untuk kesehatan dan kecantikan Wanita Indonesia, langsung kita cek dibawah ini ya!

PEREDA NYERI SENDI DAN MEMELIHARA KEKUATAN TULANG. Nyeri pada persendian ini bisa disebabkan karena “zat pelumas” yang terdapat di antara tulang semakin mengering dan menyebabkan rasa kaku dan pembengkakan, bisa berlanjut pada osteoporosis, dimana tingkat kepadatan tulang menurun hingga menyebabkan kerapuhan. Menariknya kolang-kaling memliki kandungan anti radang alami dan kalsium yang baik. Hal ini menjadikan kolang-kaling sebagai obat anti nyeri alami sekaligus membantu mencegah osteoporosis. Bagi anggota keluarga ladies yang sudah lanjut usia, coba sarankan untuk mengkonsumsi kolang-kaling.

KAYA AKAN SERAT MEMPERLANCAR SISTEM PENCERNAAN Kolang-kaling memiliki kandungan serat yang tinggi dan bisa berperan menjaga kesehatan pencernaan ladies. Serat dalam tubuh diperlukan untuk bakteri baik, agar mereka dapat berkembang biak dan dapat menguraikan makanan yang masuk dalam tubuh dengan sangat baik. Kandungan gula alami yang ada dalam kolang-kaling ini, nantinya akan meregulasi asupan makanan, sehingga tetap menjaga tingkat gula dalam darah tetap stabil.

KAYA AKAN VITAMIN, MINERAL DAN ZAT BESI Kolang-kaling mengandung vitamin dan mineral yang cukup berlimpah. Salah satu yang menonjol adalah kandungan zat besi, yang dapat membantu tubuh menghasilkan hemoglobin atau protein dalam sel merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari kondisi anemia yang menyebabkan rasa letih hingga sulit bernafas.

MENGHIDRASI TUBUH Kolang-kaling mengandung 93% adalah air! Maka tak heran, jika buah ini akan menghidrasi tubuh ladies, sehingga tubuh merasakan segar. Karena itulah kolang-kaling selalu hadir sebagai menu takjil di saat Ramadhan. Dengan mengkonsumsi kolang-kaling yang menyegarkan, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

MEMILIKI KANDUNGAN KOLAGEN TINGGI Ternyata kolang-kaling juga kaya akan kolagen, banyak mendatangkan manfaat untuk kesehatan kulit.kita ladies! Diantaranya dapat mencegah peradangan, gatal karena biang keringat atau lainnya, terbentuknya bintik hitam, hingga penuaan dini. Tak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit berbahan dasar kolang-kaling yang bisa langsung dipakai pada kulit kita. Praktis kan!

Luar biasa, ternyata manfaat kolang kaling untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita banyak sekali. Apalagi tanah Indonesia kaya akan tersediannya pohon aren, sehingga kolang-kaling pun semakin mudah ditemukan dipasar dan harganya juga murah! Selain menjaga batasan konsumsi kolang-kaling, kita juga tetap memperhatikan pola hidup sehat lainnya, yaitu rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh kita ladies.