Kebanyakan orang Indonesia yang suka kumpul-kumpul, pastinya tidak asing lagi dengan acara reunian seperti ini, teringat kembali Acara Reunian ARSITEKTUR Angkatan ’91 – Trisakti, pada tanggal 8 Juli 2023 lalu. Acara reunian ini, di rencanakan 3 bulan sebelumnya setelah pembentukan Pengurus Baru Arsitektur Angkatan ’91 – Trisakti. Jujur Ladies, sebenernya geli juga saat melihat hasil foto kami ini, dengan usia sudah masuk 50 Tahun, “Golden Age” gaaeesss…!

Positifnya ajang reunian ini, semangatnya ga kalah sama di saat umur 20 tahunan, ada yang awalnya malu-malu, tapi udah 1 jam foto-foto mulai deh eksis, lupa sama rambut yang sudah memutih, muka yang udah pada turun, perut yang udah kemana-mana tau, ada yang pakai baju formal kemeja batik sampai ada yang pake baju ga matching lagi sama umurnya hahaha…

Acara Reunian ini jadi ajang hiburan gratis! Seru-seruan acaranya juga, foto both sendiri, bareng temen, bareng temen sekelas, ada games tebak orang, tebak lagu dan lain-lain. Selain bernostalgia dengan teman lama di jaman perguruan tinggi, dengan adanya acara reuni ini ternyata banyak manfaatnya yang bisa kita ambil.

Baca juga :  Pengawasan Orangtua Terhadap Penggunaan Instragram

Beberapa manfaat acara reunian ini diantaranya :

1. KEMBALI MERASAKAN MASA SEKOLAH/KULIAH

Beberapa orang menganggap ajang reunian ini adalah hal yang penting, karena kita bisa merasakan kembali masa-masa sekolah/kuliah yang penuh kebersamaan dan kebahagiaan. Walaupun merasakan kebahagiaannya hanya sedikit dan sebentar, yang menarik nama-nama panggilan yang biasa dipake saat sekolah/kuliah di pakai lagi saat reunian, hahaha. Membicarakan hal manis yang pernah kita lalui, merupakan salah satu terapi hati yang efektif.

2. DAPAT MEMPERPANJANG UMUR

Menurut penelitian, kumpul-kumpul bersama sahabat yang dapat menimbulkan rasa gembira, dapat membuat umur kita lebih panjang. Penelitian di Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA), mengungkapkan bahwa teman dan keluarga yang selalu mendukung dapat membuat seseorang lebih terasa mudah dalam menghadapi masalah, sehingga kebahagiaan selalu tercipta dan membantu seseorang mengurangi beban masalahnya.

3. MENGHILANGKAN STRES DAN DEPRESI BERAT

Manfaat ajang reuni alumni ini biasa menjadi tempat mencurahkan berbagai masalah, sehingga mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia. Beban dan masalah yang awalnya kita tanggung sendiri hingga membuat kita jadi stress dan depresipun akhirnya berkurang, bahkan hilang dan berubah menjadi sebuah keceriaan. Menurut Profesor medis, Teresa Ellen, menjelaskan bahwa dukungan dan hubungan sosial seseorang, mampu membuat tekanan darah , gula darah, metabolisme dan hormon stress menjadi stabil.

4. MEMPERKUAT JARINGAN KONEKSI PERTEMANAN

Bagi teman-teman yang menggeluti usaha, bisnis dan kegiatan yang sama, misal memiliki background Arsitektur, usaha dan karirnya masih dalam lingkungan Arsitektur, baik Konsultan, Dosen, Kontraktor dan lain-lain, ajang reunian ini sangat bermanfaat karena kita bisa saling memperkenalkan dan mengajak teman-teman bergabung, atau menikmati hasil usaha dan bisnis yang dijalankan.

5. MENJALIN TALI SILAHTURAHMI DAN SALING BERTUKAR INFORMASI

Hal yang menyenangkan jika ladies bereuni dengan teman-teman masa SMA, SMP atau bahkan SD, yang sudah beberapa tahun tidak bertemu. Akan terjalin kembali tali silahturahmi, juga merekatkan kembali persahabatan dengan teman- teman yang mungkin sulit ditemui jika bukan dalam ajang reuni tersebut. Selain itu, dengan menghadiri acara reuni alumni, kita akan mendapat informasi lebih banyak dari teman-teman kita.

6. MENJADI AJANG BAKTI SOSIAL

Ajang reuni banyak dimanfaatkan oleh para alumninya untuk melakukan hal -hal yang positif, seperti penggalangan dana untuk para anggotanya yang sedang terkena musibah, baik sakit, berduka dan sebagainya, juga bisa melakukan acara seminar, launching buku, karya Arsitektur dan lain – lain.

7. MEMBAHAGIAKAN KELUARGA, TEMAN DAN GURU/DOSEN

Dalam ajang reuni biasanya tidak lupa mengajak guru – guru atau dosen – dosen mereka dahulu. Untuk mereka yang sudah berkeluarga juga mengajak anak atau pasangannya. Bagi seorang Guru atau Dosen, ajakan bergabung dalam acara reuni, tentunya akan membuat mereka merasa terhormat karena masih diingat oleh murid-muridnya. Untuk anak atau pasangan yang diajak pastinya akan menimbulkan kebahagiaan.

Setelah menngetahui manfaat ajang reuni ini, Ladies akan memahami kalimat ini : A good friend is like a star. You can’t always see it, but you realize it will always be there! Bersama Kita Bersatu, Bersama Kita Berusaha.

Baca juga :  WAnita Indonesia sehat mental