PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus memberikan perhatian utama kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar mampu menembus pasar global melalui penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (10/12/2021), mengatakan BRI terus mempersiapkan perjalanan bagi nasabah UMKM untuk naik kelas dengan adanya kegiatan ini.

“BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM. Semoga event ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Hal ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” katanya.

Dalam kegiatan ini, BRI telah mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dalam business matching. Selain itu juga dihadirkan berbagai talkshow cerita inspiratif sebagai motivasi untuk pelaku UMKM.

Dalam kesempatan itu, Sunarso sebagai seorang banker profesional ikut membagikan pengalaman dalam memajukan dan mengembangkan UMKM Indonesia.

Selain itu, ikut tampil seorang konsultan inovasi dan YouTuber, Indrawan Nugroho dan perancang busana sekaligus peraih beberapa penghargaan penggiat lingkungan, Chitra Subijakto serta seorang difabel dan pendiri usaha Thisable Enterprise, Angkie Yudistia.

Dalam expo ini juga dilaksanakan workshop DIY (Do It Yourself) Yuk Berkreasi yang berupa pelatihan membuat rajutan crochet dan macrame. Kegiatan ini juga dilengkapi teknik unik, yakni Suminagashi Art atau seni membuat pola motif kain di atas air.

Untuk podcast BRILIANPRENEUR 2021, para selebriti dan pelaku UMKM inspiratif akan membahas pengelolaan bisnis di kalangan generasi milenial.

Pengisi acaranya antara lain Ivan Gunawan, Gading Marten, Tarra Budiman, Ariy Arka, Tasya Farasya, Ken&Grat, dan Diana Henry.

Kegiatan tidak kalah menarik dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 adalah konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback jika melakukan pembelian produk UMKM via e-commerce Shopee dan PADI UMKM. Penawaran ini berlaku dengan menggunakan kartu debit dan kredit BRI hingga 31 Desember 2021.

Menteri BUMN RI Erick Thohir juga mendorong masyarakat untuk terus bangga memakai produk asal Indonesia, apalagi kegiatan expo ini penting sebagai momentum UMKM untuk bertahan dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi.

“UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bertujuan meningkatkan kualitas UMKM agar naik kelas baik secara mindset maupun omzet. Ayo kita menyalakan harapan dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal Indonesia,” katanya.

Selain itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ikut mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan.

“Semoga UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selama situasi pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit dengan total Rp241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah.

Sampai Oktober 2021, outstanding kredit yang direstrukturisasi BRI juga menurun menjadi Rp163 triliun untuk 2,2 juta nasabah.

Adapun penyaluran kredit BRI hingga September 2021 mencapai Rp749,3 triliun atau setara 80,5 persen dari total kredit BRI yang sebesar Rp877,6 triliun.

Baca juga :  Target Pemerintah Tahun Ini  2,5 juta UMKM Bakal Miliki NIB