Kopi memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kopi setiap harinya, akan lebih sulit diserang beberapa jenis penyakit dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Manfaat kopi bagi kesehatan yang sudah terbukti secara alamiah yaitu mempercepat refleks, meningkatkan level energi dan membuat kita lebih bersemangat.

Dan menurut ilmu pengetahuan pula, kopi memperbaiki DNA, menenangkan tubuh, dan membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit lainnya. Yup! kopi sebenarnya membuat kita berumur panjang atau resiko kematian yang lebih rendah.

Baca juga :  Trik MengAmankan Dompet selama Ramadhan

Tetapi untuk mendapatkan manfaat penuh dari kopi, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu: Jumlah, Campuran, dan Waktu.

Berapa banyak cangkir kopi yang harus diminum?

Menurut penelitian, manfaat maksimal sekitar tiga hingga empat cangkir per hari. Yang menarik, perhatikan juga bahan apa yang dicampurkan ke dalam secangkir sajian kopi. Sebaiknya, menikmati kopi tanpa campuran gula, creamer atau susu. Karena bahan-bahan ini akan menghilangkan manfaat kopi bagi kesehatan.

Jadi hindari campuran moka dan latte, tetapi minumlah kopi hitam. Mengkonsumsi kopi hitan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lebih dari yang Anda bayangkan.

Baca juga :  Cara Aman Kencan Online

Terakhir, waktu yang tepat minum kopi adalah dengan mengatur saat-saat menikmatinya. Berhentilah minum kopi setelah jam dua siang. Alasannya adalah efek kafein dalam tubuh bertahan hingga enam jam. Ini berarti jika Anda meminum secangkir kopi pada siang hari, setengah dari efek kafein tetap berada dalam tubuh pada jam enam sore. Dan seperempatnya akan tetap bertahan pada tengah malam ketika saatnya Anda tidur.

Untuk itu, disarankan agar berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari agar tidak mengganggu kualitas tidur Anda. Tetapi kabar baiknya Anda dapat menggunakan kopi bebas kafein setelah jam dua siang. Riset menunjukan bahwa kopi bebas kafein (decaf coffee), juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. (Theresia PM)