10 Bawaan Penting Untuk Berwisata Alam

Camping di pegunungan, main air di pantai atau jalan-jalan di hutan bisa menjadi alternatif liburan yang menyehatkan. Udara bersih di alam terbuka dan pemandangan yang terbentang luas menambah energi positif bagi tubuh kita.

Sebelum berangkat berwisata alam, siapkan perbekalan yang cukup. Jika akan menginap, pastikan Anda membawa pakaian ganti dan bahan makanan yang memadai. Berikut ini 10 tips bawaan penting yang sering terlupa ketika hendak berwisata alam.

 

1. Jaket dan beanie hat/kupluk

Ini adalah barang yang wajib dibawa, terutama jika Anda akan berwisata ke gunung. Hawa udara di puncak gunung biasanya lebih dingin. Beberapa lokasi, selain dingin, angin juga bertiup kencang. Cari tahu kondisi lapangan sebelum Anda pergi, supaya bisa menentukan ketebalan jaket yang perlu dibawa. Apakah perlu yang windproof atau cukup sweater.

Baca juga :  Yuk Ke Museum Gratis !

Jika lokasi yang Anda kunjungi berangin kencang dan dingin, maka Anda butuh penutup kepala dan telinga. Kupluk atau beanie hat cukup memadai untuk melindungi area kepala.

2. Kaos kaki

Ini juga penting untuk melindungi kaki agar tidak lecet ketika berjalan jauh. Bawa kaos kaki cadangan untuk berjaga-jaga jika yang kita pakai basah atau kotor. Kaos kaki juga berguna sebagai pelindung tubuh dari suhu dingin.

3. Sarung tangan

Tangan jadi lebih nyaman dan hangat dengan mengenakan sarung tangan, terutama di pegunungan. Jika ada, bawalah sarung tangan yang waterproof.

4. Jas hujan

Beberapa lokasi pegunungan sering turun hujan. Ada baiknya Anda bersiap membawa barang ini.

5. Obat-obatan

Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi, seperti asma atau gatal-gatal, bawalah obat yang sering Anda minum jika alergi Anda kambuh. Bawa pula obat yang umum seperti parasetamol (obat sakit kepala/demam), Norit atau anti diare, obat luka/plester, juga minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh jika udara dingin.

Baca juga :  Apakah Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Kita?

6. Handuk

Sebagai peralatan mandi standar, seringkali kita malah lupa membawanya. Jika tidak ingin berat, Anda bisa bawa handuk kecil yang lebih praktis.

7. Sandal

Alas kaki ini sering terlupakan untuk dibawa. Padahal akan lebih praktis mengenakan sandal ketika hendak ke toilet atau main air di pantai atau tepi sungai.

8. Sunblock

Jangan kira sunblock hanya dibutuhkan saat di pantai. Seringkali kita tidak merasa kepanasan ketika berwisata di pegunungan karena hawa terasa dingin. Tanpa disadari, sinar matahari membakar kulit kita. Kulit terasa panas, memerah, bahkan mengelupas. Oleskan sunblock sebelum beraktivitas di luar ruangan agar kulit kita terlindung.

9. Kantong plastik

Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki, ke manapun Anda berwisata. Tentunya Anda merasa risih ketika melihat tempat wisata yang penuh dengan tumpukan sampah. Oleh karenanya, sediakan kantong plastik untuk menampung sampah Anda. Bawa pulang dan buang di tempat sampah ketika sudah sampai di kota terdekat. Kantong plastik berguna juga untuk membungkus pakaian kotor.

Baca juga :  Gerakan Tertib Trotoar Bikin Jalan-jalan Makin Nyaman

10. Kamera

Sayang sekali jika sudah mengunjungi tempat berpanorama indah, tetapi Anda tidak mengabadikannya. Anda bisa membawa kamera atau kalau mau praktis, HP zaman sekarang pun sudah lengkap dengan kamera. Tapi pastikan baterai HP Anda sudah terisi penuh, supaya tidak kecewa karena HP mati saat akan menjepret pemandangan indah.

Nah, sudah siap semua bawaan? Selamat berlibur… ^_^