Urusan merawat kendaraan, bukan melulu ditangani pria. Di zaman yang serba cepat dan instan ini, waktu menjadi hal yang utama. Kaum wanita pun, dituntut sigap dan ‘berketerampilan’ dalam beragam hal. Termasuk urusan kendaraan atau mobil.

Misalnya, perhatian untuk melakukan service mobil. Dengan melakukan service mobil secara rutin, mobil akan terhindar dari risiko mogok di jalan. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh saat melakukan service mobil secara rutin yaitu: menghemat pengeluaran pemilik, mobil terhindar dari kerusakan yang lebih parah, performa mobil maksimal terjaga, pemilik terhindar dari risiko kecelakaan karena mesin bermasalah, kenyamanan pengemudi dan penumpang, serta harga purna jual tetap terjaga. Maka sebaiknya Ladies perlu mengetahui kiat dan cara menghemat biaya perawatan mobil sebagai sarana bekerja atau aktivitas lain. Lumayan, selain tidak lebih memberatkan kantong, panduan ini pun bisa memberikan alternatif bila kendaraan yang dimiliki mengalami masalah.

1. Gunakan suku cadang resmi

Usahakan untuk selalu menggunakan suku cadang resmi sesuai jenis mobil. Sebab, apabila Ladies sebelumnya berpikir untuk menggunakan suku cadang palsu sebagai solusi menghemat anggaran merawat kendaraan, sebaiknya coba pikir ulang sekali lagi. Tidak bisa dipungkiri, memang harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Namun, ingat suku cadang yang tidak direkomendasikan dapat berpotensi merusak komponen yang ada di dalam mobil. Bukannya mendapatkan untung, malah berujung rugi. Sebaliknya suku cadang resmi yang direkomendasikan memiliki kualitas baik dan tahan lama.

Baca juga :  Wanita Indonesia Melek Tentang Perpajakan!

2. Selalu cek angin dan Rutin ganti oli

Hal sepele ini bisa mendatangkan masalah besar dan bisa membuat Ladies merogoh kantong dalam-dalam. Ya, apabila ban mobil kempes sedikit saja sebaiknya segera cek dan isi angin. Selain membuat mobil membakar lebih banyak bensin karena perlu kerja ekstra, ban mobil juga bisa mendadak pecah di tengah jalan. Kalau ban pecah, repot urusannya dan uang di dompet bisa terkuras. Demikian pula dengan penyediaan oli.Oli atau pelumas memainkan peranan yang sangat penting bagi mesin kendaraan termasuk mobil. Tidak hanya berperan sebagai pelumas mesin, oli memiliki kegunaan untuk menjadi pendingin, pelindung sparepart dari karat, menutup celah yang ada di dinding mesin dan sebagainya. Maka dari itu sebaiknya kamu rutin ganti oli setiap 5000 kilometer atau 10.000 kilometer sekali sesuai jenis oli yang kamu gunakan pada mobil

Baca juga :  Promo Merdeka, Tiket Lima KA Surabaya Rp 73.000

3. Jangan pernah malas service

Jangan sekalipun menunda-nunda jadwal service rutin yang sebenarnya sangat menguntungkan dan bisa membuat Ladies berhemat. Memang secara kasat mata Ladies menjadi lebih sering mengeluarkan biaya untuk perawatan mobil, tapi hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan parah yang bisa membuat Ladies keluar uang jauh lebih banyak. Ketahuilah pada saat service rutin, beberapa komponen penting seperti rem, kondisi busi, power steering, pendingin mesin, AC dan sebagainya diperiksa demi menjaga kondisi mobil kamu tetap baik. Daripada menunda service satu kali dua kali dengan alasan berhemat beberapa ratus ribu rupiah, lalu Ladies harus mengeluarkan uang jutaan rupiah karena kerusakan parah di mobil nantinya, lebih baik lakukan service rutin deh!

4. Gunakan Asuransi Kendaraan

Jika tidak menggunakan asuransi, tentunya bila terjadi sesuatu pada kendaraan, pasti Ladies sendiri yang merasa kerepotan dan harus beralih menggunakan sarana transportasi lain dan biaya perjalanan lebih besar dari uang bahan bakar kendaraan. Sebaliknya dengan mengasuransikan kendaraan, maka biaya perbaikan akibat  kerusakan atau kecelekaan akan ditanggung perusahaan asuransi melalui proses klaim. Dengan begitu, Ladies tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

Baca juga :  Mengajari Anak Mengelola Uang Saku

5. Bergabunglah Pada Forum dan Cari Rekomendasi

Rekomendasi dari pemilik mobil yang sejenis bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai hal. Memilih mobil, menentukan biaya dan segala urusan yang berkaitan dengan perawatan mobil sangat bisa dilakukan melalui forum. Ladies juga bisa mencari orang-orang yang bersedia untuk membagi ilmu dan tips perawatan mobil sesuai spesifikasinya. Selain lebih terpercaya, testimoni juga bisa memberikan bukti foto hasil pengerjaan atau dokumen pendukung seperti sertifikat pelayanan dan standar service. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah karena banyak rekomendasi dan harga yang ditetapkan bisa dicek kembali secara terbuka.