Salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang atau menambah penghasilan adalah travel dan fotografi. Ada beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan tanpa memakan banyak waktu dan tenaga, travel fotographer termasuk salah satunya.

Anda dapat memotret destinasi dengan menggunakan ponsel atau kamera. Setelah Anda menekuni hobi fotografi dengan serius, mulailah mencari cara untuk menghasilkan uang secara online. Inilah sebabnya mengapa travel fotographer merupakan salah satu pendapatan pasif asalkan dilakukan secara profesional.

Banyak orang yang menggeluti bidang fotografi dan cukup kompetitif sayangnya, foto Anda tidak langsung disukai dan dihargai dengan uang. Tentu hasil foto yang berkualitas membantu, tetapi tidak hanya itu saja harus didukung oleh faktor yang lain.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan karya Anda. Jika Anda ingin menjadi travel fotografer profesional, Anda harus menekuni bidang ini dan mengeluarkan uang untuk bepergian dan beli kamera yang berguna untuk membangun portofolio.

Jika Anda benar-benar menyukai fotografi dan traveling, berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari hasil jepretan perjalanan pribadi Anda:

1. Membuat website pribadi tentang travel fotografi

Buatlah website untuk menampilkan portofolio Anda. Melalui website Anda dapat mengupload foto traveling dengan caption yang menarik. Agar situs travel fotografi Anda sukses, Anda perlu menentukan tema dari foto. Sebagai contoh, jika traveling Anda khusus tentang unsur budaya dan kuliner dari berbagai daerah, kemudian menjadikannya fitur yang paling menonjol di website Anda maka akan sangat berguna. Ketika Anda melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru, tidak ada salahnya untuk memotret budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, mengabadikan momen penting hidup mereka. Misalnya, saat mereka melakukan aktivitas budaya unik, melakukan ritual dan lain sebagainya. Jadikan foto Anda unik, menarik dan bermakna. Karena foto-foto Anda bisa menjadi referensi untuk klien dalam mencari foto-foto yang mereka butuhkan.

Baca juga :  Menikmati Sajian Kuliner di Negeri ‘Bulan Sabit’

2. Manfaatkan media sosial

Kombinasi website dan media sosial merupakan cara yang baik untuk meningkatkan penghasilan Anda dari travel fotografi. Instagram bisa menjadi salah satu media sosial yang mudah digunakan dan jika foto Anda menarik, maka akan mudah mendapat follower. Supaya pengunjung tertarik dan menjadi follower instagram Anda, gunakan hastag yang tepat dan menarik. Pastikan untuk menyertakan hastag darimana foto Anda berasal dan item di foto. Menambahkan lokasi dimana foto diambil juga dapat memudahkan orang untuk menemukan lokasi tersebut.

3. Buat blog tentang traveling dan hasil foto Anda

Anda pun bisa mendapat uang melalui blog dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah menggunakan layanan berlangganan. Anda dapat mengatur blog Anda sedemikian rupa sehingga beberapa konten yang Anda posting adalah premium dan orang harus membayar. Dengan pilihan paket sebulan atau setahun agar mereka bisa melihat konten Anda. Jika Anda bisa menulis pengalaman perjalanan Anda dengan memberikan informasi yang bermanfaat, maka blog Anda juga bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan uang.
Pengiklan yang terkesan dengan konten di blog Anda akan membayar Anda untuk mengiklankan produk mereka. Anda juga dapat membuat video dan mempostingkannya di blog yang terupload ke YouTube.

Baca juga :  Pengguna Gadget Habiskan 11.425 Jam Untuk WhatsApp

4. Cetak hasil foto Anda pada kaos, cangkir atau barang-barang lainnya

Hal ini membutuhkan kreativitas, Anda harus punya ide barang apa yang Anda gunakan sebagai media promosi foto-foto Anda. Buatlah galeri dari koleksi hasil jepretan Anda yang menarik selama Anda melakukan perjalanan. Anda juga dapat mencetak kaos, mug, pin dan menjualnya secara online.

5. Bagikan pengetahuan Anda tentang fotografi

Banyak cara untuk membagikan ilmu Anda tentang fotografi. Misalnya, Anda bisa memberikan kursus secara online tentang dasar-dasar fotografi. Selain itu, Anda juga memberi tips kepada orang-orang tentang cara terbaik mengabadikan momen pada saat traveling.

6. Menjual stok foto di Agency Stok Foto Profesional

Ada beberapa link agen stok foto profesional dimana Anda bisa menjual foto-foto hasil jepretan Anda. Untuk setiap foto yang terjual Anda akan menerima royalti atau komisi yang berbeda dari masing-masing agen. Memang untuk masuk ke agen foto cukup ketat dan mereka punya standar seleksi sesuai kebutuhan mereka. Nah, jika Anda sudah punya cukup banyak stok foto Anda bisa menawarkan stok foto yang Anda punya untuk dijual ke mereka.

Baca juga :  Trend Destinasi Digital Di Kalangan Milenial, Dongkrak Bisnis Pariwisata

7. Menjual foto ke klien

Cara lain menghasilkan uang dari travel fotografi adalah menjual foto traveling Anda ke orang-orang yang kemudian dapat mengunakannya untuk brand mereka. Anda mungkin menemukan klien dari media atau perusahaan yang bersedia menginvestasikan uang mereka atas hasil foto Anda. Klien yang rutin membutuhkan foto-foto untuk brand mereka kemungkinan akan menawarkan kerjasama kepada Anda. Hal ini berarti bisa menjadi peghasilan rutin sepanjang kontrak Anda dengan klien. Dengan menjadi travel fotografer membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan klien.

Jelas bukan, bahwa travel fotografi dapat menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, Anda harus kreatif untuk memanfaatkan foto dan keterampilan fotografi Anda. Orang-orang yang sudah membeli foto-foto Anda sangat berguna menjadi portofolia Anda. Dengan portofolio yang Anda miliki dapat menarik klien dan menambah penghasilan.

Itulah ulasan cara mendapatkan uang dari travel fotografi, semoga bisa membantu Anda mendapat penghasilan tambahan pada waktu traveling. Selamat mencoba!  (Editor: Theresia PM)