Bulan November 2018, masyarakat Bogor dapat menikmati naik sepeda gratis keliling SSA (sistem satu arah) seputar Kebun Raya dan Istana Bogor dalam rangka mendukung transportasi ramah lingkungan.

“Inshaa Allah bulan November 2018 nanti, masyarakat Kota Bogor bisa menikmati naik sepeda gratis keliling SSA,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Bima mengatakan fasilitas ini tersedia berkat kerja sama Pemerintah Kota Bogor dengan Kayuh Bike selaku produsen sepeda lokal berbahan kayu melalui program Kayuh Bike Sharing. “Doakan saja semua lancar program ini segera terlaksana,” kata Bima.

Baca juga :  Begini Cara Memanfaatkan IoT Security untuk Mengembangkan Bisnis

Ia menjelaskan warga dapat menikmati fasilitas secara gratis dengan menggunakan aplikasi digital. Informasi tentang program transportasi ramah lingkungan ini juga dipublikasikan oleh Bima di akun media sosial Instagram miliknya Jumat lalu.

Sebelumnya, ia telah bertemu dengan perwakilan Kayuh Bike di Balai Kota membahas rencana realisasi program Kayuh Bike Sharing di Kota Bogor. Ia mengapresiasi kerja sama tersebut, dinilai sangat bagus, sangat menarik. Tinggal mengkoordinasikan dan matangkan lagi kerja samanya dengan dinas-dinas terkait. “Diharapkan dengan sepeda kayu ini juga akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bogor,” kata Bima.

Baca juga :  Cara Kreatif Meningkatkan Pemasaran Usaha Rumahan

Perwakilan Kayuh Bike, Didan menyampaikan, pihaknya mendukung program pemerintah kota menjadikan Bogor kota hijau (green city). Menurut dia salah satu wujud dari kota hijau adalah transportasi yang ramah lingkungan, yakni sepeda.

“Sepeda Kayuh Bike dirakit menggunakan material kayu lokal, dengan merk lokal,” kata Didan.
Khusus untuk Kota Bogor, Kayuh Bike memproduksi sepeda kayu dengan body berupa ikon kota yakni berbentuk kujang.

Kegiatan ini, lanjutnya selain untuk mengenalkan sepeda kayu pada generasi muda Kota Bogor, sekaligus mengenalkan karya anak bangsa ke level internasional. “Harapannya, dengan program ini kami ingin mengenalkan bahwa ikon Kota Bogor tidak hanya Tugu Kujang, Istana Bogor dan Kebun Raya, tapi juga ada sepeda kayu,” kata Didan. Didan menambahkan, Pemerintah Kota Bogor sangat mendukung Kayuh Bike untuk membangun merk lokal sepeda kayu dengan menghadirkan sepeda kayu di Kota Bogor pada bulan November mendatang.