Jangan Bingung, Untung Investasi Rumah atau Apartemen?

Saat ini, banyak orang menjadikan properti sebagai instrumen investasi yang sangat diminati. Pembangunan properti telah merata hampir ke semua wilayah Indonesia, guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain bisa sebagai hunian, properti juga bisa menghasilkan keuntungan berlipat jika di bisniskan. Investasi Rumah atau Apartemen, keduanya memiliki peran yang sama sebagai tempat tinggal, tetapi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Investasi Rumah atau Apartemen

Pastinya Ladies bingung untuk menentukan pilihan antara investasi rumah atau apartemen. Beda dengan kalau Ladies ingin membeli barang pada umumnya, ketika ingin membeli properti, apalagi sebagai investasi, pertimbangan awal adalah mengenai apakah properti yang dipilih menguntungkan atau tidak.

Mari kita lihat beberapa hal yang harus kita pahami.

INVESTASI RUMAH

Rumah dibeli tentunya dengan pertimbangan, digunakan untuk jangka waktu panjang, sebagai tempat tinggal pribadi atau bisa disewakan kepada orang lain.

Kelebihan memiliki investasi rumah adalah :

  1. Harga rumah dan tanah akan naik setiap tahunnya, apalagi jika terletak di kawasan strategis dan berkembang.
  2. Bisa direnovasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, bisa secara horisontal maupun vertikal.
  3. Memiliki dokumen kepemilikan yang kuat, yaitu Sertifikat  Hak Milik (SHM), yang dapat diwariskan secara turun menurun
Baca juga :  Bisnis Valas Berkembang Pesat di Indonesia

Yang juga perlu diperhatikan saat membeli rumah :

  • Menyiapkan dana , untuk biaya perawatan dan biaya perbaikan  yang tidak terduga.
  • Siap dengan risiko yang tidak terduga, seperti bencana  atau tindakan kriminal. Jika rumah berada di kawasan komplek, keamanan lebih terjamin.
  • Untuk mendapatkan pembeli atau penyewa membutuhkan waktu yang lama, berdasarkan lokasi dan harga rumah tersebut.

 

INVESTASI APARTEMEN

Sebuah Apartemen yang fungsinya hampir sama dengan rumah, sangat diminati oleh  masyarakat modern yang memiliki rutinitas padat.

Kelebihan memiliki Investasi apartemen adalah:

  1. Biasanya apartemen dibangun di lokasi strategis. Gunanya untuk mudah mencari penyewa dan pembeli, dan saat dijual harganya tinggi.
  2. Dilengkapi dengan beragam fasilitas, gunanya menunjang semua kebutuhan dan aktivitas para penghuninya. Fasilitas bisa berupa : mini market, pusat kebugaran, laundry dan sebagainya.
  3. Keamanan dan kebersihan penghuninya terjamin. Setiap Apartemen dilengkapi CCTV di setiap sudutnya. Dan lingkungan indoor serta outdoor apartemen terjamin kebersihannya.
  4. Memiliki privasi yang lebih. Bagi mereka yang senang memiliki privasi, tidak ingin diganggu kehidupannya, sangat cocok tinggal di apartemen.
Baca juga :  Kamar tidur untuk Si Wanita Independent

Selain fasilitas kemudahan yang diterima penghuni apartemen, ada beberapa hal yang juga perlu ladies perhatikan.

  • Setiap apartemen mempunyai aturan-aturan bagi penghuninya, salah satunya dilarang memelihara hewan, tidak sebebas memelihara hewan di rumah.
  • Pemilik apartemen hanya mendapatkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). Sertifikat ini harus lah diperpanjang setiap saat.
  • Kepemilikan HGB pun juga harus diperhatikan, apakah HGB murni, atau HGB di atas Hak Pengelola Lahan (HPL). Kalau HGB murni, tanah yang digunakan untuk membangun adalah milik pengembang, jika masa berlaku HGB abis, dapat diperpanjang.
  • Jika HGB di atas HPL, artinya tanah yang digunakan unttuk membangun bukan milik pengembang, melainkan milik pihak lain. Tanah tersebut adalah kerjasama antara pengembang dengan pihak lain yang memiliki tanah. Ketika  jangka waktu HGB abis, maka hak bangunan dan tanahnya nanti akan menjadi hak pemilik tanah.
Baca juga :  Yuk Ke Museum Gratis !

Investasi Rumah atau Apartemen memiliki keuntungan yang berbeda. Pertimbangan yang harus dimiliki saat membeli adalah lokasi yang strategis dan berfasilitas lengkap, sehingga harga jual dan sewanya akan lebih besar

Setiap orang mempunyai kebutuhan yang tidak sama, jika rumah atau apartemen tersebut dijadikan investasi, rawat dengan baik agar kualitas bangunannya tetap terjaga. Selamat membeli Ladies!