Punya niat untuk jadi interpreneur tapi masih terkendala modal usaha. Tidak perlu galau. Ladies bisa mencoba berbagai cara ini untuk mendapatkan sumber dana buat membangun usaha. Bahkan ada juga bisnis yang bisa diwujudkan meski tanpa modal.

Sejatinya, modal bisa diperoleh dari lembaga keuangan seperti bank, namun modal dari bank membutuhkan jaminan (agunan) dan tidak semua calon pebisnis punya jaminan. Selain itu, pinjaman bank harus mempunyai bunga tinggi yang bisa saja menjadi beban pada awal usaha.

Bagi Ladies yang ingin membangun startup, ada banyak sumber dana yang bisa didapatkan tanpa agunan dan tanpa bunga. Berikut ini lima cara mendapatkan sumber dana yang bisa untuk memulai usaha.

Keluarga dan Teman

Modal membangun usaha terbaik adalah keluarga. Keluarga, baik orang tua, kakak, adik, sepupu, paman, bibi, maupun kakek dan nenek; dan teman bisa menjadi sumber modal bisnis. Ladies bisa meminjam dana atau investasi yang bisa digunakan untuk memulai sebuah usaha.

Untuk meyakinkan mereka agar mau meminjamkan modal, Ladies harus menjelaskan kepada mereka serinci mungkin usaha yang akan dimulai, peluang usaha, keuntungan yang mereka dapatkan dengan meminjamkan modal tersebut, serta jadwal pengembalian modal.

Baca juga :  Generasi Milenial Mulai Berani Investasi di DPLK

Ladies harus bisa menjaga kepercayaan mereka yang memercayakan modalnya, terutama soal pinjaman dan pengembalian pinjaman.

Kompetisi Startup

Modal membangun startup bisa didapat dari Kompetisi Startup. Setiap tahun, ada kompetisi startup yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan untuk mendapatkan modal dan pelatihan usaha kepada calon pebisnis startup maupun untuk pengusaha startup yan sudah memulai usaha.

Kompetisi startup yang memberikan hadiah yang luar biasa seperti Startup World Cup yang diselenggarakan oleh Fenox VC. Pada 2017, startup laundry on demand asal Indonesia, AhliJasa, berhasil menyabet juara ketiga. Hadiah utamanya mencapai belasan miliar rupiah. Tahun lalu, Fenox VC mengadakan Startup World Cup 2018 dengan hadiah utama Rp 13 miliar.

Bagi Ladies yang ingin mendapatkan modal dari luar dana pribadimu atau tanpa meminjam dari bank dan lainnya, Ladies harus rajin mencari informasi tentang kompetisi startup karena ada banyak calon pebinis rintisan yang berebut memperolehnya.

Baca juga :  Rayakan Kebebasan Finansial

Crowdfunding

Crowdfunding merupakan praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet.

Ladies bisa mengirimkan proposal ke situs-situs crowfunding dengan menjelaskan ide usaha yang akan dibangun. Semakin bagus proposal yang dibuat, semakin besar peluang mendapatkan modal.

Paparkan cerita di balik pembuatan startup-mu di situs crowdfunding yang disasar. Ceritakan kepada para donatur di situs itu alasan membuat proyek tersebut dan potensi proyek itu bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat. Hal itu penting disampaikan karena unsur sosial dapat menarik hati para donatur.

Angel Investor

Sesuai dengan namanya, angel (malaikat), angel investor adalah investor yang bersedia memberikan modal kepada bisnis yang baru berkembang. Ya, mereka merupakan malaikat yang memiliki dana yang akan memodali startup-mu.

Di Indonesia, angel investor dapat menjadi salah satu opsi potensial untuk mendapatkan modal usaha startup. Di Indonesia, ada beberepa angel investor di Indonesia, misalnya, Shinta Dhanurwardoyo (perintis perusahaan internet di Indonesia).

Baca juga :  Optimistis Perbankan Indonesia 2019 Tetap Stabil

Shinta Dhanurwardoyo menjadi angel investor bagi startup Catfiz (aplikasi messaging dan sosial media), Kartoo (financial technology-dalam proses inkubasi), DreadOut (aplikasi game horor), dan DewaNation (social networks berbasis negara).

Modal Ventura

Modal ventura mirip dengan angel investor. Perbedaannya, modal ventura hanya memberikan modal kepada perusahaan yang sudah berpengalaman dan punya prospek perkembangan yang jelas.

Para pebisnis startup berebut mendapatkan dana dari modal ventura. Modal ventura memberikan pinjaman tanpa harus punya agunan.

Pinjaman yang diberikan perusahaan modal ventura tidak berbentuk utang, tetapi penyertaan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.

Setiap sumber modal memiliki karakteristik tersendiri terhadap startup yang akan mereka danai sesuai dengan bidangnya.

Oleh karena itu, Ladies harus menyesuaikan proposal yang akan diajukan dengan sumber dana yang akan disasar.

Sebelum itu, Ladies harus mencari banyak informasi tentang sumber dana tersebut agar bisa menyesuaikan proposal yang akan diajukan.