Fleksibilitas waktu dan tempat, menjadi faktor utama yang menyenangkan bila melakukan pekerjaan dari rumah. Tidak ada tuntutan datang pagi ke kantor, dan pulang dengan batas waktu tertentu. Serangkaian aturan pun, tidak menghimpit kebebasan untuk melakukan hal lainnya. Misalnya mengurus keperluan keluarga, bersosialisasi dengan rekan, maupun sekedar me time buat menyenangkan diri sendiri.

Memang wanita yang bekerja di kantor memiliki cara yang berbeda untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Tetapi seorang wanita yang bekerja dari rumah dapat memberikan perhatian yang lebih baik untuk pekerjaan rumah tangga dan perhatian ekstra untuk keluarga khususnya anak-anak. Namun sebagaimana ritme kehidupan yang harus dijalani, tidak jarang stres maupun kejenuhan melanda siapa saja. Tak terkecuali Ladies yang semula berharap lebih ‘merdeka’ bekerja dari rumah, juga diserang perasaan galau ini. Nah, apabila stres tidak ditangani dengan baik, bukan hanya produktivitas kerja terganggu, tapi urusan rumah tangga dan masalah rutin lainnya pun, ikut mandek. So, biar tidak stres bekerja di rumah, simak panduan berikut ini.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Misalnya bermain bersama anak. Suasana ceria dengan gelak tawa sang buah hati, menimbulkan mood positif, sehingga mempengaruhi kinerja otak untuk siap memulai pekerjaan. Ketika faktor-faktor yang menyebabkan stres dan tekanan sudah dipastikan berkurang. Ladies dapat berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan. Cara lainnya adalah dengan mendengarkan musik. Karena bekerja dari rumah, tidak ada larangan dari siapapun jika Ladies memutar musik kesukaan dengan volume kencang sekalipun. Sebagian orang menjadi rileks dengan mendengarkan musik atau lagu favoritnya. Bila pengaruh musik menghantarkan aura postif, sinar matahari juga berefek baik bagi kenyamanan jiwa. Untuk memperbaiki mood, sebelum memulai aktivitas, Ladies dapat berjemur sejenak dibawah mentari pagi. Sinar matahari pagi belum terlalu berbahaya, karena bisa memperbaiki mood yang efeknya mampu meningkatkan sorotin dalam tubuh sehingga kita bisa merasa lebih fresh dan siap bekerja.

Baca juga :  Promo Merdeka, Tiket Lima KA Surabaya Rp 73.000

Membuat Perencanaan

Akitivitas apapun, memerlukan rencana supaya tidak membuang waktu percuma. Maka agar stres tidak menyerang lantaran pekerjaan yang tidak terkoordinir dengan baik, Ladies bisa membuat perencanaan kerja. Perencanaan ini penting untuk menuntaskan pekerjaan dengan cara yang lebih baik. Hal ini untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan, mendapat telepon dari seseorang, misalnya. Dengan perencanaan, Ladies bisa meminimalisasi agar tidak ada ‘interupsi’ saat bekerja yang mengakibatkan stres meningkat.

Ikuti Kegiatan di Luar Rumah

Sesekali bolehlah hangout bersama teman-teman atau relasi lain yang memiliki waktu luang. Kebersamaan dengan rekans, dapat mengusir kepenatan bahkan memberikan inspirasi baru. Sekedar ngobrol, minum kopi atau ngeteh bareng, bisa jadi cara jitu menghalau stres. Atau dengan sedikit pengeluaran, Ladies bisa mendatangi salon kecantikan, bersama genk, buat memanjakan tubuh. Meskipun tidak melulu harus mengeluarkan biaya, karena ritual spa bisa dilakukan di rumah. Tinggal menyediakan scrub dan masker wajah. Selain spa, Ladies juga dapat melakukan creambath sendiri di rumah, tanpa harus harus merogoh kocek dalam-dalam, namun hasil treatment bisa menyerupai perawatan di salon.

Baca juga :  WANITA INDONESIA CERDAS BERINVESTASI DENGAN ROBOT TRADING

Selain olahan spa sendiri, berkebun bisa menjadi hal yang seru lho. Mau di taman di depan rumah, atau pot khusus dengan ukuran tertentu, bisa menjadi wadah tumbuhnya tanaman di sekitar rumah. Tapi sangat dianjurkan untuk memilih jenis tanaman yang tidak memakan banyak ruang. Kalau tertarik dengan rimbunya pohon, bisa memilih pohon jeruk sebagai alternatif. Bunga favorit juga sangat baik untuk dipertimbangkan. Karena bunga dapat mempercantik halaman atau ruangan.

Terlibat Dalam Komunitas Tertentu

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti kita tidak bisa terhubung secara sosial dengan kelompok atau komunitas lain. Terlibat dalam sebuah organisasi bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bahkan bisa memberikan wawasan baru plus pasar baru pula. Bila memungkinkan, ikutlah beberapa kegiatan sosial, selain menambah relasi, bergabung dengan komunitas juga bisa melepaskan kejenuhan. Selain itu, lewat kegiatan serupa dapat menumbuhkan jiwa sosial dengan saling membantu satu sama lain, mendatangkan rejeki, menumbuhkan kreativitas dan sebagainya.

Baca juga :  Semangat Perempuan Indonesia sebagai "Ibu Bangsa"

Wewangian dan Meditasi yang Menenangkan Jiwa

Sadar atau tidak, wewangian dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan santai. Semprotkan parfum atau wewangian ke tubuh atau ruangan kerja dengan maksud untuk memberi efek menenangkan sehingga bisa menyejukan pikiran. Pilihlah aroma yang lembut dan tidak terlalu menyengat, seperti aromaterapi.

Dalam suasana yang nyaman tadi, boleh juga Ladies melanjutkan dengan meditasi ringan. Manfaat meditasi adalah dapat meningkatkan konsentrasi, apalagi bila dilakukan pada pagi hari. Meditasi ringan juga mampu menyeimbangkan emosi, membangun empati, membuat tubuh bugar dan enerjik, serta mengurangi stres. Baik pula bila aktivitas raga ini dilakukan secara rutin. Lakukan meditasi setiap 10 menit setiap pagi secara teratur selama tiga minggu berturut-turut. Cara sederhana ini memiliki efek yang sungguh luar biasa, baik bagi emosi maupun pikiran kita.

Rangkaian aktivitas ini, bisa dilakukan untuk menghalau stres saat bekerja di rumah. Dengan begitu, Ladies dapat berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan dan produktivitas pun bakal meningkat.