Berdasarkan Data WHO tahun 2015, definisi dari Sehat Mental adalah, kondisi individu yang berada dalam keadaan sejahtera, mampu mengenal potensi dirinya, mampu menghadapi tekanan sehari-hari, dan mampu berkontribusi di lingkungan sosialnya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan, tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja, tetapi kita juga harus menjaga kesehatan mental. Awal tahun 2020, dunia diguncang dengan munculnya wabah covid-19, yang bukan hanya mengganggu kesehatan fisik, tetapi juga mempengaruhi kesehatan mental, terutama para wanita di Indonesia.

Beberapa gangguan kesehatan mental yang timbul di masa pandemi, seperti mudah terbawa emosi, stres, cemas berlebihan, depresi dan sebagainya. Gangguan tersebut akan mempengaruhi keseimbangan otak kita, dan akan menimbulkan gangguan psikis atau disebut psikomatik. Jika gejala ini timbul pada seseorang, dia akan merasa mengalami gejala covid-19, yakni merasa demam, pusing dan sakit tenggorokan, padahal suhu tubuhnya normal.

Salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan mental yaitu Self-Care. Simpelnya self-care adalah kegiatan yang bisa menambah dan meningkatkan energi di dalam diri kita, supaya dapat berfungsi dengan baik secara fisik dan mental. Self-care adalah bagian dari Self-Love, jika diperhatikan dengan baik maka dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagianmu.

Berdasarkan survei American Psychological Association, wanita mengalami tingkat ketegangan lebih tinggi dibanding dengan laki-laki, terutama yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan emosional. Gejala kesehatan mental yang terjadi pada wanita seperti, depresi, trauma, fobia, cemas berlebihan dan gangguan pola makan. Apalagi bagi wanita yang juga berkegiatan di luar rumah untuk bekerja. Bukan hanya kegiatan sebagai seorang Ibu dan istri , tapi juga bekerja sebagai karyawati ataupun buruh dalam sebuah perusahaan. Situasi tersebut yang memberikan tekanan kepada wanita dan membuat mereka rentan mengalami gangguan kesehatan mental.

Baca juga :  Bahagia Mengekspresikan Sensualitas Kewanitaan Anda

Ladies, pekerjaan dan kegiatan yang padat membuat kita lupa untuk meluangkan waktu untuk kebutuhan self-care, sehingga nantinya menyebabkan menurunnya produktivitas dan kesehatan diri sendiri. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental kita sebagai wanita, sehingga tercipta keseimbangan hidup kita.

  • Menjaga Pikiranmu Tetap Positif. Ternyata ladies pikiran mempengaruhi perasaan, sehingga pikiranmu yang menentukan kondisi mentalmu. Karena kesehatan mental wanita harus dijaga dengan selalu berpikir positif terhadap diri sendiri. Selalu percaya akan kemampuan diri, sehingga ketika ladies merasa gagal, berusahalah untuk tetap berpikir positif. Katakan pada dirimu: “Walaupun aku belum berhasil saat ini, tetapi aku telah melakukan yang terbaik. Dan aku harus berusaha lagi,”.
Group of people on a business meeting
  • Menuliskan Rasa Bersyukur. Tahun 2020 ini adalah tahun dimana kita harus banyak bersyukur, salah satu cara dimana bersyukur membuat ladies merasa beruntung dan bahagia. Cobalah untuk memulai membuat daftar atau menulis segala hal yang ladies syukuri. Dengan bersyukur bisa meningkatkan kesehatan mental kita.
  • Berolahraga Rutin Minimal 30 Menit Setiap Hari. Dengan melakukan kegiatan olahraga yang rutin ladies, selain tubuh mengeluarkan keringat, juga memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan dapat meningkatkan suasana hati . Olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental wanita,karena dapat menangkal gangguan stres, cemas berlebihan dan depresi.
  • Mengatur Pola Makan Yang Sehat Dan Bernutrisi. Ladies Konsumsilah makanan yang sehat dan bernutrisi cukup. Dengan memakan makanan yang sehat dengan nutrisi yang cukup, ladies bisa menjaga kesehatan mentalmu, seperti makan dengan karbohidrat dalam jumlah yang cukup dan dapat meningkatkan hormon serotonim, yang dapat memperbaiki mood seseorang
  • Cukup Istirahat Untuk Menjaga Hatimu. Disaat tugas dan pekerjaanmu banyak ladies, luangkan waktu untuk dirimu beristirahat, tinggalkan sejenak kesibukanmu agar kesehatan mentalmu tidak terganggu. Cobalah relax, pejamkan matamu dan menarik napas pelan serta menahannya 5 detik dan mengeluarkannya pelan-pelan. Lakukan itu berulangkali sampai tubuhmu terasa tenang dan nyaman.

Ok Ladies, mulai sekarang lakukan kegiatan positif yang dapat menjaga kesehatan mental kita, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga berdampak kepada orang lain. Sederhana saja, dengan setiap pagi kita memberikan senyuman manis kepada orang terdekat kita dan teman kerja di kantor, itu sudah membuat mereka bahagia dan tenang. Say chesss!