Yuk Kenali dan Kendalikan Diabetes

Penyakit diabetes mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah. Penyakit ini juga termasuk golongan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Diabetes adalah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh, oleh karena pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai yang dibutuhkan tubuh. Untuk lebih jelasnya, sedari dini Yuk Kenali dan Kendalikan Diabetes.

YUK KENALI DAN KENDALIKAN DIABETES

Penyebab Diabetes?

Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang fungsinya untuk mengontrol jumlah / kadar gula di dalam darah dan insulin juga dibutuhkan untuk merubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi atau tenaga yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Pada penderita penyakit Diabetes melitus, tubuh penderita tidak dapat memproduksi atau tidak dapat merespon hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas.

YUK KENALI DAN KENDALIKAN DIABETES

Foto Dokumen diabetesindo.weebly.com

Kekurangan insulin, tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel. Sehingga respon yang diterima tubuh adalah rasa lapar dan haus. Semakin banyak makanan yang yang mengandung karbohidrat yang kita makan, maka akan semakin tinggi glukosa dalam darah. Kondisi ini yang di sebut, penyakit gula, penyakit kencing manis atau Diabetes Melitus.

Baca juga :  Apakah Fungsi Ginjal Bagi Tubuh Kita?

Penyakit diabetes termasuk penyakit golongan auto imun, dimana sel-sel imun menyerang sel-sel baru di pankreas. Sel imun yang seharusnya menjadi pelindung tubuh dari serangan virus, bakteri, dan parasit, tetapi sel imun ini menjadi bodoh dan hiperaktif. Sementara, yang kita ketahui, pengobatan terhadap penderita diabetes, mereka akan terus ketergantungan akan obat selama hidupnya, yang tentu kita ketahui setiap efek obat yang dapat membahayakan fungsi ginjal.

YUK KENALI DAN KENDALIKAN DIABETES

Foto Dokumen diabetisindo.weebly.com

Pemicu Resiko Diabetes

Penyebab yang menjadi pemicu resiko diabete melitus diantaranya adalah :

  • Keturunan dari orang yang bertalian darah dengan orang yang mengidap penyakit tersebut.
  • Pola Makan tidak Sehat , dimana makanan yang mengandung gula, banyak karbohidrat, mengandung lemak dan kolesterol tinggi, dapat memicu diabetes melitus
  • Kegemukan,80% orang terjangkit diabetes melitus pada usia lanjut karena kelebihan berat badan.
  • Usia setelah 40 tahun, jumlah sel-sel beta di dalam pankreas yang memproduksi insulin menurun.
  • Jenis Kelamin, Wanita memiliki kecenderungan lebih rentan terkena penyakit diabetes melitus, setelah usia 30 tahun dan selama kehamilan, dibanding pria.
  • Infeksi pada kelenjar pankreas, sehingga tidak bisa menghasilkan insulin. Untuk itu jagalah tubuh dari infeksi, kuman dan bakteri yang dapat merusak pankreas, juga merusak sel-sel beta.
  • Kurang Aktivitas Fisik Dan Olahraga, Dianjurkan sesorang untuk melakukan olahraga setiap hari, demi tubuh yang sehatĀ  dan tidak terkena efek obesitas.
Baca juga :  Anda Kenal Lupus?

Bagaimana dengan orang yang sudah terdiagnosa penyakit diabetes melitus? Cara pengobatannya adalah mencari informasi yang tepat untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus ini, dimana dapat membasmi kuman yang menyerang pankreas dan fungsi insulin, sehingga sel-sel yang sehat dapat kembali menjalankan fungsinya untuk menjaga tubuh dari serangan virus, bakteri, parasit, sel kanker dan sebagainya

Untuk menjawab tantangan zaman ladies, kita memerlukan sistem kekebalan tubuh yang siaga. Untuk itu orang membuat pilihan CERDAS dengan produk KEHIDUPAN. Salam Sehat!