Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang fungsinya untuk membuang sampah metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urin. Penyakit ginjal seringkali tidak terdeteksi, seketika penderitanya baru mengetahui setelah berada di pertengah hingga kondisi yang kronis.

Foto Dokumentasi worldindonesia.com

Penyakit yang disebabkan oleh ginjal, biasanya juga mempengaruhi organ tubuh lain. Contoh beberapa penyakit yang disebabkan karena gangguan pada ginjal adalah infeksi saluran kencing, karena saluran tersebut berhubungan langsung dengan ginjal. Tersumbatnya saluran kencing oleh batu ginjal, tekanan darah tinggi, kencing manis akibat kadar gula darah yang berlebihan, dan ginjal tidak dapat menetralisirnya.

Baca juga :  Anda Kenal Lupus?

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu. Material seperti batu tersebut terbentuk dari limbah zat-zat dalam darah yang disaring ginjal, kemudian mengendap dan lama-lama mengkristal.

Umumnya penyakit batu ginjal, terjadi pada orang -orang berusia 30 – 60 tahun. Dan dapat diderita baik pria maupun wanita, namun pria memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit ini, dibanding wanita.

ginjal

Foto Dokumen Penyakitgagalginjal.com

Salah satu penyakit ginjal yang sering kita temui adalah penyakit gagal ginjal.

Gagal Ginjal sendiri adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya bagi penderitanya. Pada umumnya gagal ginjal biasa menyerang orang dewasa, dalam kasus yang jarang terjadi juga dapat menyerang anak kecil

Baca juga :  Ajak 'Kids Jaman Now' Gerakan Cinta Rupiah

Gejala penyakit gagal ginjal meliputi:

  • bengkak mata kaki,
  • nyeri pinggang hebat,
  • demam tinggi,
  • mual,
  • gelisah, tidak dapat berbaring dengan tenang
  • sakit saat buang air kencing, kencing sedikit,
  • kencing berdarah,warna keruh dan beraroma tidak sedap
  • dan lebih sering kencing dari biasanya.

Sementara jika tingkatnya semakin parah, disebut sebagai gagal ginjal kronik yang ditandai dengan:  lemas, tidak bertenaga, nafsu makan menurun, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak nafas, pucat/anemia.

foto dokumen therapigagalginjal.com

Dalam pengobatan medis penyakit gagal ginjal dikategorikan sebagai penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan). Untuk  itu dibutuhkan  formula yang mengandung 44 rantai asam amino sehingga sangat baik untuk proses regenerasi sel-sel yang rusak pada ginjal.

Baca juga :  Ayo Ladies Semangat Berolahraga Sepeda, agar Jiwa dan Raga Sehat!

Dengan memiliki pertahanan rantai asam amino, tubuh menjadi lebih sehat karena ginjal tidak stress, pengelolaan cairan lebih baik dan mampu menyembuhkan diri dari penyakit ginjal. Ok Ladies semangat untuk terus sehat ya!