Memperluas jaringan atau relasi, di masyaraka urban perkotaan, menjadi sebuah kebutuhan, yang tidak hanya menguntungkan secara sosial, namun menuai manfaat bisnis pula. Tak jarang mereka yang telah terlibat dalam komunitas tertentu, mengepakan kemitraan kelompoknya dengan komunitas lain. Seperti yang dilakukan Komunitas 67 atau K67, yang berorientasi pada dunia usaha dan sosial.

Komunitas 67 yang beranggotakan para UMKM wania ini, sudah melakukan beragam kegiatan dalam bentuk pelatihan-pelatihan sejak bulan Juni 2019 lalu, di Jakarta.” Komunitas ini juga menyediakan ‘Ruang Tolong-Menolong’ untuk menumbuhkan Kepedulian Sesama dan mengembangkan kesejahteraan bersama,” ungkap Oktavia P.B Sitorus Ketua Komunitas 67.

Komunitas 67 siap bermitra dengan siapapun yang sejatinya tidak hanya mampu menumbuhkan eksistensi kedua kelompok, namun para anggota yang bernaung dalam Komunitas 67 pun, mendapatkan ‘value’ dari kerjasama yang terbangun. Beberapa diantaranya bahkan bermanfaat bagi kehidupan sosial individu. Berikut beberapa manfaat organisasi yang bisa diperoleh bagi kehidupan sosial

Tercapainya Tujuan Bersama yang diharapkan
Komunitas terbangun atas visi dan tujuan yang sama. Dengan demikian, terbentuknya suatu kelompok tentu memiliki suatu tujuan yang berkaitan dengan keinginan para anggotanya. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari komunitas adalah tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena dalam sebuah organisasi terdapat Struktur Pembagian Kerja serta Struktur Tata Hubungan Kerja bagi setiap anggotanya, meskipun masing-masing anggota memiliki peran sendiri-sendiri, akan tetapi satu dengan lainnya saling berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut bisa lebih cepat dan mudah.

Baca juga :  Pelajaran Penting Untuk Entrepreneur Digital Wanita

Membantu Penyelesaian sebuah Masalah
Dalam sebuah organisasi, permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi. Entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk. Dengan demikian setiap anggota yang berhimpun didalamnya, diharapkan mampu untuk menyikapi setiap permasalahan yang timbul.

Menambah Pengetahuan dan Wawasan
Dalam sebuah komunitas, tentu para anggotanya harus terus menunjukkan perkembangan. Hal inilah yang akan membuat anggota sebuah organisasi akan terpacu untuk Mengembangkan Pola Pikir menyesuaikan dengan zaman yang terus berkembang. Selanjutnya, komunitas yang sedang dijalankan tersebut akan semakin menarik dan secara tidak langsung juga akan menambah pengetahuan serta wawasan untuk setiap anggotanya. Di dalam organisasi, setiap orang dapat menginspirasi dan terinspirasi dari wawasan maupun pengalaman hidup orang lain.

Baca juga :  Cara Bernyali Merintis Bisnis

Semangat Kerjasama
Mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Dan dalam setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya. Dengan demikian, manfaat organisasi lainnya dapat memacu semangat anggota untuk saling bekerja sama, agar tujuan yang hendak mereka capai bisa terwujud.

Membentuk Emotional Intelegent
Komunitas yang dibentuk tidak hanya akan melatih kepribadian kita supaya bisa menjadi lebih baik, namun juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan emosi. Komunitas sebagai lingkungan yang baik akan membentuk emosi yang baik juga. Dengan emotional intelegent, maka membuat kita bisa bergaul dan menghadapi berbagai sifat atau karakter orang yang berbeda-beda.

Baca juga :  Berhimpun, Berkreasi dan Membangun Relasi di Komunitas 67

Manajemen Waktu
Waktu memang sangat penting untuk semua orang, dan setiap orang bisa sukses jika selalu menghargai waktu yang sudah diberikan. Wadah Komunitas 67 menjadi tempat yang baik untuk belajar, agar bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal dari kegiatan dalam kelompok tersebut.

Diawali di bulan Februari 2020, Pelatihan di Komunitas 67 akan dibuka 2 kelas setiap bulannya, yaitu “Weekday Class dan Weekend Class” agar Setiap Anggota atau Masyarakat Luar yang mau ikut dan mendaftar kepada Admin Komunitas 67 yang nama + nomer telponnya tertera dalam E-Flyer, bisa mengatur waktu sesuai kebisaannya masing-masing.

Manfaat komunitas sangat beragam bagi kehidupan sosial. Di dalam komunitas 67 contohnya, berbagai kesempatan dan peluang terbuka lebar untuk mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik. Bertemu berbagai jenis manusia, akan membuat Anda lebih paham bahwa manusia dapat belajar dari kemampuan manusia lainnya.