Kekayaan alam senantiasa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh. Selain tanpa efek samping, karena tidak memuat unsur kimia, materi yang dikonsumsi dari alam ini, juga menjadi penyeimbang dalam menangkal penyakit. Misalnya wortel yang bisa dengan gampang didapat bahkan dengan harga murah. Jenis ini sangat populer dan dikenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya cukup ekonomis, wortel adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Buat para pengonsumsi makanan sehat, wortel pasti menjadi salah satu jenis yang nyaris ada di setiap jenis makanan. Sebut saja sayur sop, cap cay, lodeh, sayur asam, bahkan menjadi campuran sayur bayam, buncis dan lain-lain.

Namun yang masih harus disiarkan pada masyarakat, meski dikenal sebagai salah satu jenis sayuran, wortel sebenarnya merupakan tumbuhan umbi umbian, sejenis umbi akar. Wortel adalah sumber gizi dan vitamin yang luar biasa  bagi tubuh kita. Umbi wortel berwarna kuning kemerah-merahan, yang berarti mengandung senyawa betakaroten yang tinggi dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Baca juga :  Anda Kenal Lupus?

Meski banyak khasiatnya, selama ini khasiat  wortel yang paling dikenal adalah untuk menyehatkan mata. Hal ini bisa dimaklumi, karena wortel banyak mengandung vitamin A. Padahal selain baik untuk kesehatan mata, wortel memiliki banyak sekali manfaat menakjubkan untuk kesehatan.
Anda yang kurang menyukai wortel sebagai sayuran,  bisa mengonsumsi wortel dalam bentuk jus. Wortel dalam bentuk jus  tidak akan mengurangi sedikit pun manfaat dan khasiat wortel. Berikut ini adalah manfaat menakjubkan dari jus wortel.

Membersihkan racun dari ginjal
Minum jus wortel setiap hari dapat mengurangi beban ginjal anda. Karena secara otomatis dapat membuang racun dan menjaga fungsi ginjal dengan tepat.

Menetralkan keasaman darah
Karena mengandung alkali tinggi, jus wortel dapat menetralkan keasaman dalam sistem organ tubuh, lewat aliran darah.

Baca juga :  Ladies, Ini Tips Menkes Jaga Kesehatan Pasca Lebaran

Minimalisir kolesterol jahat
Wortel mengandung zat yang disebut pektin. Hal ini dapat meminimalkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular.

Mencegah resiko sembelit
Untuk menghilangkan rasa sembelit, coba minum segelas segelas jus wortel setiap hari. Bahkan, lebih sehat lagi, campur daun bayam yang juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

Mencegah stroke
Wortel dapat menghapus racun di dalam aliran arteri anda. Sehingga, dapat mencegah resiko stroke dan serangan jantung.

Mencegah kanker
Studi tertentu mengklaim, makan wortel mentah sehari juga bisa mencegah beberapa jenis kanker. Begitu juga jika mengkonsumsi wortel dalam bentuk jus. Tapi jangan buang ampasnya. Minum beserta ampas-ampasnya agar khasiat wortel lebih optimal.

Mencegah anemia
Wortel membantu mencegah anemia, terutama bagi ibu hamil. Karena wortel dapat memproduksi aliran darah dengan maksimal dan lancar.

Mencegah gangguan pernapasan
Karena bersifat antioksidan, wortel dapat mencegah masalah gangguan pernapasan. Dengan demikian, anda disarankan untuk konsumsi wortel setiap hari, seperti diolah menjadi salad, jus, atau sop segar setiap hari.

Baca juga :  Bebas dari Nyeri Sendi dengan Cara Alami

Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, bisa juga mencampur wortel dengan buah lain untuk jus. Pilih jenis buah yang asam dan menyegarkan. Misalnya jeruk, stroberi, atau lemon. Untuk menambah kesan manis, tambahkan madu sedikit saja. Hasilnya jus wortel akan terasa lebih segar dan nikmat.

Nah, mulai sekarang sediakan selalu wortel di kulkas anda ya? Karena khasiatnya yang beragam dan menakjubkan, tak ada salahnya jadikan wortel sebagai menu masakan anda sehari-hari.

Tapi sekedar untuk perhatian dan informasi, wortel yang warnanya lebih gelap lebih tinggi mengandung betakaroten. Rasa manis jus wortel berasal dari kadar gula alaminya yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus meminta saran dokter sebelum minum jus wortel.