Aktris sekaligus penyanyi Dewi Sandra selalu mengonsumsi sepuluh butir kurma untuk berbuka puasa dan sahur pada Ramadhan tahun ini.

Saat berbuka puasa, dia mengonsumsi tiga butir kurma, lalu menjalankan salat magrib hingga tarawih. Usai tarawih barulah dia makan malam. Dia tak menyebut spesifik menu makanan yang biasanya dia santap saat makan malam.

“Ketika kita kembali ke sunnah nabi, kurma. Nabi Muhammad itu puasanya cuma tujuh kurma untuk sahurnya, bukanya cuma tiga kurma,” ujar dia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat sahur, dia cenderung tak menambah menu makanan lain selain tujuh butir kurma. “Sahur kurma tujuh buah, sekalian menghilangkan sihir yang ada. So, kita enggak tahu ada sesuatu yang buruk, mungkin ada kejelekan di dalam diri dikeluarkan dengan tujuh butir kurma,” kata artis kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 3 April 1980.

Selain kurma, dia juga mulai lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Makanan berbahan daging tetap dia konsumsi namun dibatasi maksimal dua hingga tiga kali dalam seminggu.

“Aku balik lagi ke buah, sayur. Kalau makan daging seminggu dua kali maksimal. Kurma, minum infuse water itu dari nahi Muhammad. Anti kanker,” tutur dia.

Kemudian, demi menjaga tubuh tetap bugar, Dewi melakukan pilates minimal seminggu sekali atau jika tidak dia memilih bersepeda.

“Aku masih pilates, yoga, bukan hardcore. Aku low impact. Seminggu sekali pilates minimal, maksimal dua sampai tiga kali. Lalu bersepeda, jalan kaki. Udah murah dan mudah,” demikian kata dia.

Baca juga :  Pengalaman Baru : Menyelam Bersama Hiu di Mall Jakarta


Dewi memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model di usia belasan tahun. Tak hanya dunia model, Dewi kemudian merambah dunia tarik suara dengan meluncurkan album Menari-nari bersama delapan model lainnya. Merasa albumnya mendapat tanggapan positif dari pasar, Dewi merilis album solo perdananya Kurasakan pada tahun 1998. Disusul album kedua Tak Ingin Lagi (2000) yang berhasil meraih penghargaan AMI Awards sebagai Album R&B Terbaik 2001.

Selain menyanyi, putri pasangan John Killick (Inggris) dan Hajjah Prihartini (Betawi) ini juga menjajal kemampuannya sebagai presenter. Kepiawaiannya memandu acara Clear Top 10, membawa Dewi meraih penghargaan sebagai Pembawa Acara Musik Wanita Terfavorit Panasonic Awards, selama 5 tahun berturut-turut, dari tahun 1999-2003. Wanita dengan tinggi 165 cm ini butuh dua tahun untuk menyelesaikan album ketiganya, Kuakui yang dirilis pada tahun 2004. Album ketiga Dewi masih seperti dua album sebelumnya, beraliran R&B. Namun kali ini Dewi memasukkan unsur etnik dalam album rekamannya. Sebut saja adanya unsur musik gamelan Jawa dan Bali.
Tahun 2007, Dewi kembali mengeluarkan album keempatnya, bertajuk Star. Menurutnya album ini merupakan album yang disebutnya ‘mengeluarkan segala karakter di diri gue’. Dalam album terbarunya itu, Dewi bereksperimen dengan lagu-lagu yang berbeda, mulai dari lagu yang up-beat seperti dalam singel pertamanya I Love You hingga ballad dalam singel keduanya Cinta Lama, sesuai dengan suasana hati yang dirasanya. Di album ini, Dewi juga berduet dengan Rayen, personel grup vokal Pasto dalam lagu Buktikan.

Baca juga :  Yuk Ladies, Mengenal Musik Sebagai Sarana Terapi

Tahun 2009, Dewi merilis album teranyar berjudul Wanita. Singel pertama berjudul Kapan Lagi Bilang I Love You menjadi hits dan berhasil menduduki posisi teratas pada chart-chart di radio dan televisi Indonesia. Karya dari Alam Urbach ini kerap dikaitkan dengan kehidupan pribadi Dewi dengan Glenn Fredly lantaran lagu mellow dengan lirik penuh emosional ini dirilis bertepatan dengan rumor perceraian mereka. Selain itu, model video klip lagu ini, Aryo Bayu, memiliki sedikit kemiripan dengan Glenn. Singel kedua berjudul Amazing di mana Dewi menampilkan musisi Barry Likumahuwa. Di album ini terdapat sebuah lagu berjudul Satu Untuk Selamanya di mana Dewi berduet dengan Alam Urbach (sebelumnya Dewi berencana untuk berduet dengan penyanyi Afgan). Konon, lagu ini menceritakan tentang kebahagiaan Dewi saat menikah dengan Glenn. Pada bulan Desember 2009, Dewi merilis singel ketiga yang berjudul Mati Rasa.

Selain album Wanita, Dewi juga berkolaborasi dengan sejumlah musisi antara lain grup vokal RAN dalam lagu Budak Cinta yang dimasukkan di album terbaru RAN, Friday. Lalu, penyanyi Shanty dalam lagu Gila ciptaan Dewi sendiri, yang dimasukkan di album terbaru Shanty, Bintang Utara. Kemudian penyanyi RnB pendatang baru Cas dalam lagu With You dari album yang berjudul sama. Dan yang teranyar, Dewi berduet dengan Dimas Beck, personel Bukan Bintang Biasa, dalam lagu Dansa.

Baca juga :  Emma Kuslita, Arsitek Wanita Indonesia yang Energik

Ia juga meniti karier di dunia perfilman, antara lain sinetron Lupus (1999) dan Aku Cinta Kamu (2002), tahun 2008 Dewi menjajal layar lebar dengan membintangi XL, Antara Aku, Kau dan Mak Erot (2008).[3] Setelah lama tak memandu acara, pada tahun 2008 Dewi menjadi pemandu acara pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol.
Dewi menikah dengan aktor Surya Saputra pada tahun 2000. Pernikahan itu kandas setelah berjalan 4 tahun. Surya memasukkan gugatan cerainya tanggal 3 Desember 2004, dan mereka resmi bercerai pada tanggal 16 Februari 2005.

Pada 3 April 2006, Dewi menikah dengan penyanyi Glenn Fredly. Pernikahan mereka menimbulkan kontroversi karena Glenn sebelumnya memang digosipkan sebagai orang ketiga dalam rumah tangga Dewi sebelumnya. Perkawinan ini tetap berlanjut meski keduanya berbeda agama. Resepsi pernikahan ini diadakan di kawasan Tirtha Bali, Pecatu, Kuta Selatan dan tertutup bagi wartawan. Pada tanggal 12 Maret 2009, Dewi kembali menjanda untuk keduakalinya.

Pada 11 Desember 2011, Dewi menikah untuk ketigakalinya. Ia menikah dengan Agus Rahman di Jakarta.

Dewi memutuskan berhijab sejak 2013. Pasca berhijab, image Dewi pun perlahan berubah dan sosoknya lebih banyak tampil di acara-acara televisi berbau Islami.