Untuk mendapatkan riasan wajah yang tahan lama dengan warna merata, biasanya orang akan lebih memilih menggunakan bedak tabur atau loose powder. Akan tetapi, apa saja sebenarnya kegunaan dari bedak tabur dan cara pakai yang benar?

Loose powder adalah bedak tabur bertekstur ringan dengan partikel halus. Loose powder merupakan jenis bedak yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Bedak ini biasanya hadir dalam pilihan warna kulit atau transparan, yang disebut juga dengan translucent powder. Loose powder memberi hasil sheer dan ringan di kulit.

Bedak jenis ini cocok dikenakan oleh para pemilik kulit berminyak karena formulanya baik untuk mengontrol minyak di wajah serta mengunci tampilan riasan agar lebih tahan lama.


Manfaat loose powder

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan loose powder untuk menyempurnakan riasan agar terlihat maksimal.

Menghasilkan tampilan wajah natural

Tekstur halus dan lembut yang dimiliki loose powder mampu memberi kesan riasan lebih natural di wajah. Karena saat diaplikasikan ke wajah akan terlihat tipis dan samar-samar.

Selain itu, sifat dari bedak tabur ini umumnya translucent atau transparan. Hasil riasan juga akan terlihat natural, light, dan tidak berlebihan meskipun Anda memulaskannya ke wajah berkali-kali.

Mampu menahan minyak di wajah

Bedak tabur menjadi pilihan tepat bagi para pemilik kulit berminyak karena sangat membantu menahan minyak yang ada di wajah. Cara penggunaannya, Anda bisa aplikasikan tipis-tipis di seluruh wajah terutama sedikit lebih banyak di area T-zone.

Membuat hasil riasan lebih tahan lama

Loose powder mampu membuat riasan lebih tahan lama dan tidak luntur. Teknik baking menggunakan loose powder juga akan membantu riasan menempel dan tidak cracky di wajah.

Memperbaiki riasan

Pernah terlalu banyak mengaplikasikan blush, bronzer, dan highlighter? Hindari menghapusnya dengan tisu karena dapat membuat riasan lainnya hilang dan berantakan. Coba sapu area tersebut dengan loose powder untuk memperbaiki riasan yang salah.

Eyeliner lebih tahan lama

Sebelum menggambar eyeliner pada mata, bubuhkan bedak tabur terlebih dahulu untuk menghindari smudging dan creasing. Trik ini berguna untuk penggunaan eyeliner pensil, cair, hingga gel.

Membuat eye primer

Kelopak mata berminyak dapat menyebabkan eyeshadow mudah pudar. Hindari hal tersebut dengan membubuhkan bedak tabur setelah penggunaan concealer pada kelopak mata.

Menjaga eyeshadow agar tidak terjatuh

Loose powder memiliki keunggulan untuk menahan eyeshadow agar tidak terjatuh sehingga tidak merusak riasan. Gunakan loose powder di bawah mata sehingga jika eyeshadow yang jatuh tidak langsung mengenai riasan. Setelah itu segera gunakan brush loose powder sehingga makeup menjadi lebih sempurna.

Membersihkan kuas makeup

Sering menggunakan blush, bronzer, hingga highlight dengan kuas yang sama? Aduk kuas pada bedak tabur untuk memudarkan pigmen warna pada kuas tersebut. Metode ini juga dapat diaplikasikan pada kuas untuk mata.

Tips menggunakan loose powder

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari loose powder, berikut ini adalah cara penggunaan bedak tabur yang tepat.

Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum menggunakan loose powder, membersihkanlah seluruh wajah terlebih dahulu. Langkah awal ini penting agar bedak tabur bisa menempel dengan sempurna dan wajah pun bebas minyak.

Gunakan pelembab wajah

Setelah membersihkan wajah, Anda bisa menerapkan pelembab terlebih dahulu. Diamkan selama 5 menit agar pelembab meresap ke dalam kulit.

Gunakan setelah foundation

Untuk membuat foundation tahan seharian, gunakanlah loose powder setelahnya. Formula pada loose powder mampu membuat foundation lebih tahan lama dan tidak luntur.

Gunakan puff atau brush

Perlu diingat bahwa pengaplikasian loose powder lebih baik bila menggunakan puff atau brush agar bisa mengontrol ketebalannya.

Fokus pada bagian tengah wajah

Anda bisa mengaplikasikan bedak di bagian tengah wajah atau T-zone. T-zone adalah area dengan produksi minyak paling banyak. Area ini mencangkup dahi, hidung dan dagu. Cukup ambil sedikit bedak dan mengaplikasikannya dengan usapan ringan atau dengan menepuk.

Jangan terlalu tebal

Bedak yang tebal malah membuat riasan terlihat berlebihan dan menjadi cakey sehingga tampilannya tidak mulus seharian. Untuk itu, gunakan seperlunya saja dan fokus pada bagian wajah yang berminyak agar riasan lebih tahan lama.

Pilih yang sesuai dengan jenis kulit

Tips memakai riasan agar tahan lama yang penting untuk diketahui adalah dengan memilih produk loose powder yang disesuaikan dengan jenis kulit. Gunakanlah jenis bedak dengan tekstur bubuk yang dapat mengontrol produksi minyak sehingga riasan menjadi tahan lama.

Salah satu bedak tabur yang sedang diganderungi saat ini adalah BNB Soul-Matte Loose Powder. Bedak ini ringan dengan aroma sakura dan sensasi dingin untuk menyamarkan tampilan pori-pori dan kulit bebas kilap.

BNB Soul-Matte Loose Powder memiliki tiga keunggulan yakni waterproof, oilproof dan smudgeproof. Bedak ini juga menyediakan tiga pilihan warna, yaitu Light Vanilla Ice, Medium Mango Sorbet dan Beige Choco Float.

Bahan alaminya terbuat dari Manicouagan Clay, clay alami yang berasal dari Kanada, kaya akan mineral dan oligo-elemen yang bermanfaat untuk mengontrol pori-pori dan sebum.

Kandungan Minthy pada BNB Soul-Matte Loose Powder merupakan senyawa alami yang terkandung di dalam daun mint sehingha memberikan kesegaran dan sensasi dingin.

Loose powder ini juga menggunakan Seamless Look Technology, teknologi partikel halus melapisi kulit dengan sempurna tanpa terlihat kering dan mengelupas. Cara pengaplikasiannya pada wajah sangat mudah, ambil powder secukupnya menggunakan puff atau brush, kemudian aplikasikan dengan lembut pada wajah secara merata.

Baca juga :  Bisnis ikan cupang jadi primadona