Semakin berkembangnya jaman, para wanita kini sudah banyak berkarir, bahkan menjadi pemimpin, di berbagai perusahaan khususnya di bidang teknologi. Terutama di era digitalisasi saat ini, Komunitas Wanita pelaku UMKM, mempunyai peran yang sangat besar dalam mendorong peningkatan ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan di masa datang.

Dokumentasi Pribadi : Workshop WhatsApp Marketing

Komunitas 67, salah satu Komunitas UMKM Wanita Muda dan Dewasa Indonesia yang memiliki Moto Organisasi : Berusaha , Belajar dan Berkarya, Bersama Kita Bisa. Tidak hanya menjadi wadah promosi antara UMKM satu dengan yang lainnya, Komunitas 67 juga memberikan bekal edukasi kepada para wanita UMKM, selain memperluas wawasan dan pengetahuan mereka, juga membantu memperluas bisnis mereka. Komunitas 67 mengantarkan mereka menuju sukses tidak hanya di dalam negeri, tapi juga sampai ke kancah Internasional, InsyaAllah.

Terbentuknya Komunitas 67 pada Bulan April 2019, di Jakarta. Komunitas ini merupakan wadah pertemuan yang anggotanya adalah dominan kaum wanita, dimana para pengurusnya bertemu di salah satu acara wanita, yaitu Women Will yang diprakarsai oleh Google Indonesia di Jakarta, pada tanggal 6 dan 7 April 2019.

  • Dokumentasi Pribadi : Acara Workshop Pertama di Nu Skin

Komunitas 67 terbentuk karena rasa peduli terhadap antusias para wanita yang hadir pada acara Women Will tersebut. Keinginan yang besar adanya kegiatan lain, selain pelatihan yang diikuti pada saat itu. Berdasarkan hal tersebut, salah satu peserta/penggagas Komunitas 67 ini, mengajak 4 peserta wanita lain untuk duduk sebagai pengurus Komunitas 67 ini. Total Pengurus saat itu adalah 5 orang wanita.

Komunitas 67 bertujuan :

  • Mengarahkan para wanita Indonesia untuk tetap menjaga norma-norma wanita sebagai Warga Negara Indonesia yang berbudi pekerti baik dan luhur
  • Menjalin tali silahturahmi, belajar menjalankan ETIKA Bisnis dalam berdagang dan bersosialisasi, juga belajar menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat HOAX
  • Mengadakan Pelatihan-pelatihan yang bertujuan memberi inspirasi dan tambahan ILMU kepada para wanita Indonesia, agar dapat dipergunakan untuk kepentingan para pelaku UMKM Wanita Indonesia.
Baca juga :  Kampanye #PantangPlastik, Selamatkan Bumi Pertiwi

Berjalannya waktu dengan diadakannya pelatihan-pelatihan, yang sampai saat ini sudah berjalan sampai bulan November 2019. Dan semakin bertambahnya peserta, maka Komunitas 67 juga menambah personil dalam kepengurusan. Semoga program membantu edukasi para wanita pelaku UMKM ini, selain semakin bijak dalam mengembangkan bisnisnya, dan mengembangkan keuangan rumah tangganya, demi masa depan Wanita Indonesia yang semakin lebih baik lagi.

Ladies, Berusaha, Belajar, dan Berkarya. Bersama Kita Bisa!