Ikan hias yang biasa ditempatkan dalam akuarium, lantaran fisiknya yang indah, rupanya tidak hanya sedap dipandang. Jenis ini ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh dan jiwa. Beberapa diantaranya pun, diyakini membawa keberuntungan.

Bagi kebanyakan orang, memandangi ikan berenang bisa menenangkan jiwa. Menurut riset yang dipaparkan Pymouth University dan University of Exeler, memandangi akuarium punya efek positif secara fisik dan psikologis. Penelitian ini juga menyebutkan, melihat ikan berenang di akurium bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, bisa memperbaiki mood dan meningkatkan konsentrasi.

Mengutip Vice, dosen dan direktur Center for the Human – Animal Bond dari Purdue University Alan Beck mengatakan, berhubung dekat dengan alam, terutama hewan, sangat penting bagi kondisi psikologis manusia. Beck mengacu pada hipotesis biophilia, yang dicetuskan oleh ahli biologi EO Wilson, tentang manfaat positif saat berhubungan dengan alam.

Baru-baru ini studi tersebut menunjukkan, melihat ikan berenang di akuarium selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Hasil ini didapat setelah melihat respon fisik dan psikologis dari 112 peserta acak yang diminta menikmati keindahan ikan hias yang beraneka ragam. Temuan tersebut menunjukan, mereka lebih relaks dan denyut jantung menurun sebesar 3 persen saat melihat akuarium, walaupun tak ada ikan didalamnya. Saat ada ikan, denyut jantung dan tekanan darah menurun 4 hingga 7 persen. Sebuah penelitian juga pernah dilakukan di Virgina, Commonwealth University, efek memandangi akuarium juga bisa menurunkan perasaan cemas, takut, frustasi, dan depresi.

Baca juga :  Tips Membeli Rumah Untuk Generasi Milenial

Penelitian lainnya juga pernah dilakukan pada 1999 di Purdue University terhadap perbaikan pola makan pasien alzheimer. Studi ini mencatat, efek terapi akuarium itu meningkatkan asupan nutrisi pasien alzheimer sebesar 21,1 persen dan membuat pasien menjadi lebih fokus.

Ikan Pembawa Sukses dan Cinta

Selain mampu menenangkan jiwa, beberapa jenis ikan tertentu, diyakini dapat memberikan kemujuran. Misalnya, 4 jenis ikan pembawa keberuntungan yakni Arwana, Flower Horn Fish, Dragon Carp, dan Gold Fish. Golongan ini disebut sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, kemakmuran, dan kesuksesan. Beberapa jenis diantaranya bahkan mampu menyelamatkan pemiliknya dari bahaya bahkan melindungi dari nasib buruk. Maka tidak heran, rangkaian ikan hokie ini ditempatkan dalam akuarium tidak hanya sebagai hiasan, namun juga dipercaya sebagai pemberi energi positif karena pengaruhnya yang membawa kebaikan.

Baca juga :  WAnita Indonesia sehat mental

Jenis pertama adalah Ikan Arwana. Dalam pandangan fengshui, ikan arwana melambangkan kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan, kekayaan, dan kekuasaan. Selain itu, ikan jenis ini dipercaya sebagai penghalau roh jahat dan nasib sial. Hingga banyak orang beranggapan, kemujuran akan selalu menyertai bilamana arwana ditempatkan sebagai ikan hias sekaligus penjaga sang pemiliknya. Simbol kesejahteraan pun disematkan pada ikan molek yang mendatangkan rejeki serta sukses dalam karir dan pekerjaan. Tempatkan arwana dalam akuarium dan nikmati keindahan fisiknya yang memukau. Tempat terbaik untuk memelihara ikan ini adalah menghadap utara, timur, atau tenggara. Dengan menempatkannya di arah tersebut, maka keberuntungan senantiasa tinggal di rumah atau kantor.

Flower Horn Fish juga termasuk ikan hias pembawa keberuntungan. Tanduk bunga yang dimiliki, konon dapat menarik energi baik dari lingkungan sekitar, dan mengurangi aura negatif di dalam rumah atau sekitar ruangan. Selain hokie, ikan yang juga terkenal dengan sebutan Lou Han juga penebar cinta bagi yang memeliharanya. Dari pengamatan fengshui, aura cinta yang dipancarkan terlihat dari warna-warni keceriaan di tubuh ikan unik ini dengan tanda hitam yang bermakna kekayaan dan kemakmuran. Anjuran fengshui, sebaiknya akuarium yang memuat ikan flower horn ditempatkan di sudut kamar, dengan arah penampatan bagian tenggara atau timur. Arah ini meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan yang bahagia.

Baca juga :  Ada Apa Di Setu Babakan?

Aura kesuksesan juga dipancarkan Dracon Carp alias Ikan butterfly Koi. Jenis ini juga dikenal membawa kesuksesan, kekayaan, dan semangat tinggi menggapai tujuan. Kisah yang menyertainya, ikan ini dikenal sebagai ‘perenang legendaris’ yang tahan menggapai gempuran badai dan melawan arus tinggi. Tak heran kemampuan Dragon Carp dijadikan lambang ketekunan dan kesuksesan mencapai karir. Beberapa kalangan menempatkan ikan ini dalam akuarium penghias ruang kerja atau kantor. Karena dianggap membawa kesuksesan dan kelancaran dalam pekerjaan.

Jenis lainnya, adalah Gold Fish. Ikan pembawa keberuntungan ini, umumnya di tempatkan di akuarium atau kolam dalam rumah. Biasanya ikan yang lebih populer disebut Ikan Maskoki ini, disimpan bersama ikan mas berwarna hitam untuk menghilangkan aura negatif. Ikan mas ganda dapat membawa keharmonisan dalam hubungan Anda. Hal inipun dianggap sebagai sumber energi yang baik di rumah Anda. Selain sebagai pembawa kemujuran, ikan mas dikenal sebagai salah satu ikan yang paling menarik dan indah.