Horeee…. gajian tiba! Saat yang menyenangkan, pasti beragam rencana dan ide terbayang. Tapi sebelum menentukan gagasan buat aktivitas me time atau jalan bareng temans, bikin langkah preventif biar bulan ini dijalani dengan aman sebelum masa rawan menghadang, alias akhir bulan.

Mengatur keuangan buat mencukupi kebutuhan wajib perbulannya, memang bukan hal yang mudah. Pasalnya, Ladies harus menyesuaikan pengeluaran dan pemasukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, sekaligus menyisihkan beberapa dana untuk ditabung atau dialihkan ke bermacam investasi yang dianggap menguntungkan.

Buat Pengeluaran Rutin

Langkah utama adalah menyusun anggaran bulanan sesuai dengan pos-pos wajib yang harus dipenuhi. Misalnya, tagihan listrik, cicilan rumah, pendidikan anak, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Boleh juga menyiapkan amplop yang berisikan beragam dana wajib tadi, dengan menuliskan item pengeluarannya. Meskipun kebutuhan lain, seperti pakaian, liburan, dan lainnya, juga menjadi prioritas. Namun dicatat terpisah sebagai kebutuhan lainnya, dengan menggunakan anggaran bulan lalu sebagai pembanding. Ladies pun perlu mengevaluasi apakah pengeluaran seimbang pemasukan, atau salah satu lebih besar dibanding lainnya. Setelah itu, baru susun anggaran baru yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan evaluasi bulan lalu. Jangan lupa, sisihkan tabungan dan tentukan jumlah maksimal pengeluaran harian. Sisihkan pula sedikit anggaran untuk berbagai kebutuhan mendadak.

Baca juga :  Gaya Kekinian Di Industri Bisnis Dan Waralaba

 

Gunakan Non Tunai Secara Bijak

Menggunakan kartu kredit, memang mempermudah proses transaksi. Namun bila Ladies memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pertimbangkanlah dengan bijaksana tujuan menggunakan dana non tunai tersebut. Kartu kredit memang memiliki banyak manfaat seperti ketersediaan pada saat genting atau emergency, nyaman dan aman dibawa ke mana saja. Tapi di balik manfaatnya, kartu kredit bisa jadi masalah jika kurang bijaksana menggunakannya. Situasi yang umumnya terjadi adalah, terpancing membeli sesuatu yang seharusnya bisa ditunda lantaran kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Situasi lain yang memicu penggunaan kartu kredit adalah, melakukan pembelian secara mendadak, atau bisa juga sering salah kaprah bahwa kartu kredit adalah penghasilan tambahan. Bila tidak ditangani dengan benar, bisa terlilit utang atau masalah keuangan lainnya. Oleh karena itu, bijaksanalah menggunakan kartu kredit.

Baca juga :  Cara Bijak Wanita Mengelola Keuangan Pribadi

Budayakan Menabung

Sedikit demi sedikit menjadi bukit. Pepatah lawas ini menjadi resep mujarab mengatasi situasi rawan alias ‘tanggung bulan’. Bila seluruh keperluan telah terpenuhi, sisihkan dana atau menyisihkan anggaran di rekening. Sebaiknya memang selalu mencari cara untuk menghemat pengeluaran, terutama saat Ladies memiliki pengeluaran di masa depan. Caranya bisa dengan menghindari pergi ke mal, membeli buku-buku bekas ketimbang buku baru, atau memakai kendaraan umum bila memungkinkan.

 

Memilih Investasi yang Tepat

Dari beragam alokasi pengeluaran yang harus disiapkan, baik juga untuk mempertimbangkan investasi yang tepat dan dipercaya, sesuai dengan kondisi keuangan. Bila perlu, libatkan mereka yang ahli di bidangnya sebagai tempat berkonsultasi. Hindari tawaran menggiurkan dari teman, tetangga, atau saudara yang menjanjikan investasi mudah dan cepat menghasilkan uang karena risikonya terlalu besar. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik pilih investasi yang jelas walaupun hasilnya belum begitu tampak.

Baca juga :  7 Tips Penting Sebelum Membeli Tanah

Nah Ladies, mulailah mengatur keuangan di awal bulan, karena penataan yang baik di awal, dapat membantu mengatasi kondisi keuangan di sepanjang bulan.