Menggarap usaha rumahan, bila dijalani dengan metode pemasaran yang tepat, niscaya memberikan keuntungan berlipat-lipat. Misalnya dengan menggunakan konsep tematis; Peringatan Hari Kemerdekaan RI atau semboyan “Energy of Asia” jelang Asian Games 2018.  Ini dia caranya!

 

1. Manfaatkan Hari Libur

Akhir pekan adalah waktu yang pas buat berlibur atau sekedar berjalan-jalan bersama keluarga dan relasi. Dan bila menikmati suasana siang menjelang sore, biasanya orang mencari tempat yang praktis buat sekedar ngobrol ditemani menu-menu favorit. Konsep food truck boleh juga dicoba. Food truck adalah menjual makanan lewat mobil berukuran besar, yang didalamnya juga terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan. Tapi kalaupun merasa repot dengan urusan kendaraan, Ladies bisa menyulap kedai mini dengan bantuan tenda payung sebagai penghalau panas maupun hujan. Pokoknya, kawasan yang ditempati harus terletak di daerah ramai yang dilewati banyak orang. Karena ini juga peluang penjualan, dimana lokasi menjadi faktor utama kelancaran usaha. Beruntung lagi, bisa menjaring pelanggan baru. Buat poster dengan ukuran besar dan jangan ragu untuk ‘bersuara nyaring’ guna mengundang para pendatang.

2. Menawarkan Makanan dan Minuman Gratis

Jika Ladies memiliki ruang di luar toko yang cukup besar untuk mengolah atau menjual makanan, tawarkan kepada konsumen untuk mencoba olahan menu yang dibuat. Biasanya sajian yang ditawarkan adalah makanan yang dipanggang atau di goreng. Karena lebih mudah buat dicicipi. Ini adalah alternatif bagus untuk memikat pelanggan. Siapa yang tidak ingin makanan gratis? Cara ini bisa ‘membujuk’ konsumen untuk terdorong membeli makanan yang dijajakan. Jangan lupa untuk menyediakan serbet dan tisu yang bisa digunakan untuk menyeka tangan pembeli yang berminyak, sebelum menyentuh salah satu menu.

3. Manfaatkan Sosial Media

Terpaan tsunamin medsos di tanah air, memang luar biasa. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dibuat oleh We Are Social dan Hootsuite, terungkap bahwa masyarakat Indonesia sangat gemar mengunjungi sosial media. Tercatat, setidaknya ada 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di berbagai media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, dan lainnya. Dalam laporan ini juga terungkap jika pada Januari 2018, total masyarakat Indonesia sejumlah 265,4 juta penduduk. Sedangkan penetrasi penggunaan internet mencapai 132,7 juta pengguna. Kenyataan ini memberikan peluang bahwa sarana medsos paling ampuh dalam memasarkan produk. Lewat teknologi, konten dapat menjadi viral lebih cepat dari yang dibayangkan. Jadi jangan lupa berpromosi di sosial media. Selain mudah, juga gratis!

Baca juga :  Gurihnya Singkong Goreng Balado yang Sehat dan Bikin Tubuh Langsing

4. Redesain Situs Web dan Sesuaikan Dengan Situasi Terkini

Penggunaan teknologi media semisal blog atau website, juga menjadi sarana pemasaran yang efektif. Ladies dapat mulai merapikan bog atau situs yang dimiliki dan menyesuaikan dengan tema bulan berjalan, atau topik-topik yang tengah hangat diperbincangkan. Meskipun kurang relevan dengan usaha yang dijalani, Ladies dapat menambahkan nuansa Kemerdekaan, mengingat bulan Agustus berkenaan dengan hari Kemerdekaan RI. Atau terinspirasi dengan momen Asian Games, Ladies bisa menempatkan muatan pesan “Energy of Asia” pada website atau blog pribadi. Kalaupun tema yang tengah in tadi masih kurang sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan, boleh juga sedikit mengubah warna template tampilan situs dengan menyesuaikan nuansa tematis yang tengah booming saat ini.

5. Redecorate Toko

Jika memilih memasarkan produk secara langsung lantaran usaha yang dikembangkan adalah toko atau bangunan secara fisik, tambahkan ornamen yang disesuaikan dengan kondisi terkini, seperti pada poin sebelumnya (nomor 4). Ladies pun dapat mempublikasikan produk yang dipasarkan melalui surat kabar atau majalah berbasis komunitas setempat. Ini adalah cara jitu untuk terhubung dengan target pasar secara permanen. Karena barang cetakan seperti majalan, koran, brosur maupun leaflet bersifat kekal dan kapan pun bisa dibaca dalam situasi apapun.

Baca juga :  Gratis Naik Sepeda Kayu Keliling Bogor

6. Diskon! Diskon! Diskon!

Tidak perduli situasi dan kondisinya, diskon bekerja setiap saat! Ladies dapat menambahkan pesan di situs web maupun blog pribadi, dengan tulisan “Penawaran yang menghemat uang Anda saat ini” atau dengan kalimat “Penawaran Terbaik di Bulan Kemerdekaan!” Meskipun ini berfungsi jika produk dipasarkan di web atau blog yang dimiliki, Ladies juga perlu memberitakan penawaran ini di akun Facebook, Twitter dan Instagram atau jalur media sosial. Diharapkan pesan serupa dapat diterima oleh teman atau pengikut yang terdaftar dalam media sosial.

7. Selfie Yuk!

Tema Kemerdekaan memang menjadi warna utama, juga semboyan “Energy of Asia” yang bertebaran di sebagian wilayah yang ada di Indonesia. Suasana dominan ini, bisa menjadi inspirasi postingan foto atau gambar bersama tim dengan nuansa tematis. Pelanggan pun akan mengapresiasi cara kreatif ini, bahkan akan mengingat bahwa Ladies bersama tim, adalah person yang sama dengan audiens (pelanggan), dimana merasakan situasi yang sama. Ini sekali lagi terbukti memperkuat hubungan merek dengan pelanggan, alias upaya branding yang jitu supaya semakin dikenal.

8. Menjadi Figur Dengan Pemikiran Positif

Jika akun media sosua bisnis Anda memiliki cukup banyak pengikut, posting juga cara di atas (nomor 7) dengan menambahkan komentar atau pesan yang menyangkut Kemerdekaan atau Sea Games 2018 di Palembang – Jakarta. Ingatkan, bahwa kita semua merasakan energy (semangat) yang sama sebagai bangsa dan turut mendukung kiprah atlet tanah air. Atau dapat pula menuliskan ungkapan nasionalisme yang menunjukan kebanggan sebagai tuan rumah tempat digelarnya kompetisi dunia ini. Masukan pemikiran positif ini ke dalam postingan di Twitter, Facebook, dan Instagram yang dipunyai. Dengan mempromosikan kesadaran dan pengakuan merek yang sehat, Ladies akan dikenal sebagai figur atau tim–penyebar kebaikan sekaligus pemikiran postif via medsos. Dan itu bukanlah hal yang buruk.

Baca juga :  Ladies, Apakah Aman Minum Obat setelah Menikmati Kopi?

9. Manfaatkan Media dan Even Lokal

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, media lokal sangat berpengaruh signifikan terhadap pemasaran produk. Ladies bisa memanfaatkan buletin, surat kabar, majalah dan sejenisnya untuk mempublikasikan usaha yang tengah dikelola. Selain media, ajang pameran, workshop, atau seminar, juga menjadi peluang dalam memperkenalkan produk yang dibuat. Jika Ladies mengembangkan usaha kuliner, pastikan juga terdaftar sebagai peserta di ajang kuliner semisal Festival Makanan atau Jajanan. Jangan lupa untuk menciptakan selebaran dan kartu nama sehingga orang tahu siapa dan produk apa yang ditawarkan.

10. Luncurkan Produk Loyalitas

Untuk meningkatkan penjualan, cara ajib lainnya adalah memberikan penghargaan kepada pelanggan tetap. Misalnya dengan memberikan diskon kecil di hari-hari tertentu; Rabu atau Kamis. Hal ini juga dilakukan oleh perusahaan Multi Level Marketing, yaitu memberi bonus kepada setiap konsumen yang bisa merekomendasikan sebuah produk, kepada calon konsumen lainnya. Dengan demikian, ada konsumen baru yang kemungkinan bisa menjadi pelanggan. Jika diklasifikasikan lebih khusus lagi, maka akan mirip affiliate marketing, yaitu membiarkan orang lain merekomendasikan produk unggulan Anda, dan jika orang yang direkomendasikan membeli barang tersebut, maka orang yang merekomendasikannya mendapatkan bonus. Namun demikian, Ladies juga harus menghitung seberapa bonus yang diberikan tanpa membuatmu menjadi tekor atau tidak balik modal. Sebaiknya ada dana khusus untuk hal ini.

So, bagi Ladies yang tengah merintis usaha rumahan sebagai bisnis sampingan atau pekerjaaan utama, silahkan meniru beberapa strategi ini Dengan menempatkan tematik dan media sosial sebagai kekuatan utama sarana promosinya. Semangat!