Perayaan Natal selain identikan dengan suasana sukacita, kesan syahdu pun menjadi nuansa utama. Momen setahun sekali ini, perlu dibuat spesial, paling tidak memperindah suasana di rumah Anda. Beragam hiasan dan pernak-pernik khas Natal pun, harus dipersiapkan, sehingga suasana Natal yang dirayakan bersama keluarga, kerabat, handai taulan, dan rekan-rekan lain, berkesan spesial dan hikmat.

1. Pohon Natal

Pohon Natal adalah salah satu aspek paling penting saat perayaan natal. Pohon ini menjadi dekorasi khas perayaan natal yang ada di hampir setiap rumah. Pohon natal bisa terbuat dari apa saja. Apakah itu pohon asli maupun imitasi. Namun, yang paling banyak ditemui saat sekarang adalah tipe pohon natal imitasi. Pohon natal imitasi memiliki sedikit kelebihan. Ia terbukti lebih awet dan dapat dipakai lagi untuk perayaan natal tahun-tahun berikutnya.
Atau sda juga yang disebut pohon natal kreasi, yang kini banyak diciptakan. Pohon natal kreasi tidak dibuat dari pohon asli maupun imitasi, melainkan dari botol bekas, gelas plastik, kertas bekas, dan bahan-bahan lain yang disusun tinggi menyerupai sebuah pohon. Pohon natal kreasi yang dihiasi dengan lampu kerlap-kerlip, bintang, dan kertas warna-warni bisa tampak indah dan tidak kalah dengan pohon natal yang terbuat dari pohon asli maupun imitasi. Selain itu, pohon kreasi ini juga sangat ramah lingkungan karena bahan-bahan yang digunakan kebanyakan merupakan bahan daur ulang.

Baca juga :  Ladies Jangan Bingung, Untung Investasi Rumah Atau Apartemen?

2. Lampu kerlap-kerlip warna-warni/Tumblr Light

Natal tanpa lampu kerlap-kerlip akan terasa kurang kemeriahannya. Lampu kerlap-kerlip ini merupakan dekorasi natal utama yang wajib hadir di rumah Anda. Lampu ini bisa Anda pasangkan pada jendela, beranda, atau depan pintu depan rumah Anda. Suasana rumah akan terasa lebih hidup saat dihiasi string light yang sering digunakan sebagai hiasan natal.

3. Boneka santa atau manusia salju

Boneka santa atau manusia salju yang diletakkan di depan pintu bisa membuat semua orang terkesan. Boneka tersebut bisa seperti seorang penyambut tamu yang datang dengan bentuknya yang unik. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa hiasan pada boneka tersebut atau menuliskan pesan selamat datang dan ucapan selamat natal yang menambah keunikan serta kekhasan ornamen dekorasi rumah khas natal ini.

4. Lilin Natal

Selain lampu, pohon natal, dan boneka santa claus, lilin juga merupakan benda yang sangat identilk dengan suasana Natal. Untuk itu, bila malam natal tiba, Anda bisa mematikan seluruh lampu utama yang ada di rumah dan hanya menyalakan lampu kerlap-kerlip dan lilin. Suasana tersebut bisa menciptakan keadaan yang syahdu dan khidmat untuk beribadah dan merayakan natal saat malam tiba.

Baca juga :  Tahun Baru, Kamar Baru!

5. Pemilihan bentuk keset yang unik

Mungkin sebagian orang melupakan peran keset sebagai salah satu dekorasi natal yang unik. Padahal, keset juga bisa dipakai sebagai dekorasi alternatif yang dapat memberi kesan pada tamu yang berkunjung di rumah Anda.
Tempatkan keset dengan bentuk-bentuk unik di depan rumah. Pastikan ia memiliki bentuk yang khas dengan pilihan warna-warna cerah dan beragam. Keset unik bisa menambah semarak suasana natal.

6. Hiasan gantung kertas berbentuk salju

Indonesia adalah negara yang hanya memiliki 2 iklim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Jadi, mustahil untuk melihat salju turun di Indonesia. Padahal, perayaan natal sering diidentikan dengan salju dan musim dingin. Bila ingin mendekorasi rumah seperti di luar negeri, membuat sendiri hiasan gantung berupa potongan-potongan salju bisa menjadi alternatif untuk mempercantik ruangan saat perayaan natal di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup kertas, tali atau pita, dan lem. Potong kertas yang sebelumnya telah diberi gambar partikel salju , kemudian gantung di langit-langit menggunakan tali atau pita yang sebelumnya telah direkatkan dengan lem. Buat gantungan salju yang banyak dan letakkan di depan pintu Anda. Dan tadaaa, kini Anda sudah bisa merasakan semangat dan suasana natal yang mirip seperti di Negara-negara dengan 4 musim.

Baca juga :  Tips Membeli Rumah Untuk Generasi Milenial

7. Hiasan natal yang ramah lingkungan

Jika berencana membuat hiasan natal sendiri, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Rangkaian bunga berbentuk lingkaran adalah salah satu dekorasi natal yang umum dibuat dari bahan daur ulang. Bahan tersebut misalnya daun-daun dan bunga-bunga kering, kertas bekas, pita, dan koran. Rangkaian bunga ini juga sangat tepat sebagai hiasan natal karena bentuk lingkarannya yang sering dikaitkan dengan simbol kekuatan.