Kekayaan alam, memberikan manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesegaran kulit. Bahkan lebih aman bila dibandingkan kosmetik yang sarat kandungan kimia.  Akhirnya pekan ini, boleh juga mengolah si ungu ini, biar kulit terlihat glowing. Tak cuma itu, badan pun makin sehat dan bugar.

Polusi, tekanan pekerjaan, dan gaya hidup di perkotaan, mempengaruhi kesehatan kulit bahkan membuat kulit tidak bersinar. Sementara kandungan kimia dalam kosmetik, turut menyumbang kerusakan kulit hingga membuat kulit menjadi kusam. So Ladies, mengapa tidak mencoba perawatan yang aman dari bahan organik, salah satunya bit. Bit adalah umbi-umbian yang banyak digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun, sangat banyak.

 

Untuk Kulit Cantik Bersinar

Tanaman yang tumbuh dalam tanah ini, dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Karenanya, bit juga dikenal sebagai salah satu kekayaan alam yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Utamanya, untuk wajah berjerawat, bahkan sangat efektif menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Baca juga :  Cara Menghasilkan Uang Dari Travel Fotografi

Ladies bisa mencampurkan dua buah bit yang sudah diblender dengan yoghurt, dan mengoleskannya di wajah. Biarkan mengering dan bilas dengan air hangat sambil memijat kulit dengan lembut. Selain mengurangi bekas luka, wajah pun menjadi lebih bersinar.

 

Bit juga dapat digunakan sebagai krim antiaging yang baik. Caranya, setelah dikupas dan diblender, jus bit bisa disaring untuk diambil sarinya. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam air sarinya dan oleskan ke area wajah yang berjerawat maupun wajah yang rentan kerutan, dan biarkan selama 10 menit. Kandungan bit yang kaya antioksidan mampu menyingkirkan semua radikal bebas yang merusak sel-sel kulit penyebab kerutan dan garis halus.

Baca juga :  Manfaat Menakjubkan dari Wortel

 

Kulit yang terlihat lembab pun, bisa didapat dengan mengolah jus bit dipadu susu dan madu. Susu dan madu memang dikenal sangat baik untuk melembabkan kulit dan memberi efek segar. Boleh juga memanfaatkan bit sebagai ‘lipstick’ alami dengan mengoleskan jus bit ke bibir sebelum tidur. Buat bit mengurangi pigmentasi dan menimbulkan warna pink alami bibir Anda.

Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Selain manjur untuk kecantikan, bit juga dikenal mengandung kalium, magnisium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, karbohidrat, dan protein tinggi. Unsur ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan radang sendi, memerangi anemia, dan memperbaiki kinerja otak. Buah bit kaya akan nitrat yang akan diubah menjadi nitrit oleh bakteri di mulut. Nitrit membantu terbukanya pembuluh darah, serta meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus bit mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun.

Baca juga :  Wanita Bahagia Harus Rajin Jalan Kaki

Bagi penggemar olah raga pun, bisa memanfaatkan nutri si ungu ini, untuk tubuh terasa bugar. Jus bit dapat meningkatkan asupan oksigen ke otot selama kita berolahraga. Hasilnya, tubuh mampu berolahraga dalam waktu yang lebih panjang. Ini berkat kandungan nitrat dalam bit. Bit diyakini dapat membantu penderita penyakit kardiovaskular, pernapasan, atau metabolik yang mengalami kesulitan berolahraga karena takut mengalami ganggungan sesak.

 

Beragam manfaat dari buah bit, memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Namun bukan berarti Ladies dapat mengonsumsi bit dalam jumlah besar. Terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan merusak ginjal. Kecuali untuk kecantikan kulit, Ladies dapat menjajalnya kapan saja, apalagi di akhir pekan ini. Selamat mencoba!