Masa pandemi telah menciptakan pola kehidupan yang baru di tengah masyarakat. Tak hanya gaya hidup, cara usaha atau bisnis pun, mengalami perubahan. Sebagian besar bersandar pada teknologi digital. Orang pun mulai melek teknologi dan memanfaatkan sarana ini untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satunya pemahaman konsep produk digital. Ini adalah produk bisnis yang tidak memiliki wujud secara fisik, akan tetapi memiliki manfaat yang dapat dirasakan melalui gadget atau alat teknologi lain. Menjual produk ini pun jauh lebih simple sebab tidak memerlukan stok barang, tidak perlu memikirkan penyimpanan barang dan juga barang yang busuk atau rusak apabila tidak terjual.

Produk yang paling sering diamnfaatkan adalah software. Ini adalah aplikasi perangkat lunak yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan sesuai kebutuhan. Beberapa software memang memiliki bentuk fisik seperti kepingan CD / DVD, namun ini hanya sebagai wadah aplikasi supaya mudah disimpan. Selain itu software memiliki banyak jenis dan fungsinya masing-masing yang hingga saat ini begitbanyak orang butuhkan. Mulai dari kebutuhan untuk sekolah hingga kebutuhan pekerjaan, semua orang menggunakan berbagai macam software untuk mempermudah hari-hari mereka. Misalnya seperti OS, software olah data, software teknik dan lainnya. Bahkan dalam versi mobile pun tetap membutuhkan software atau aplikasi untuk mengoperasikan smartphone.

Serunya Nge-Game dan Bermusik yang Bisa Hasilkan Pundi-Pundi

Baca juga :  Manfaatkan e-Klinik untuk Peningkatan Mutu dan fungsi Produk

Selanjutnya, media yang paling sering digunakan sekaligus yang paling digandrungi masyarakat adalah Game. Game memiliki akses yang beragam baik untuk versi mobile, PC ataupun console. Produk ini juga dapat menjadi ladang cuan yang begitu besar sebab saat ini hampir semua orang pernah memainkan game. Meskipun hanya dalam versi paling sederhana, hingga dalam versi yang jauh lebih rumit seperti game-game keluaran dari developer besar seperti RIOT, Ubisoft, Microsoft, ESL dan lainnya. Semakin banyaknya pengguna gadget juga mempengaruhi permintaan game yang tinggi, hal ini membuat banyak orang yang menjadikan game sebagai ide produk bisnis mereka.

Selain kecanggihan Game, ada lagi produk yang juga tidak kurang memiliki peminat, apalagi yang senang melakukan kegiatan pemotretan. Sebuah foto yang biasa ditemui di Google dan diunduh untuk menjadi wallpaper mungkin terkesan sepele. Akan tetapi foto-foto yang kita ambil tersebut adalah sebuah produk digital yang memiliki hak milik. Memang, kebanyakan foto yang dapat diakses dengan mudah itu merupakan free image, akan tetapi banyak juga yang menyediakan foto berbayar. Ini juga dapat menjadi ladang bisnis kamu yang akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga :  manfaat yoga di masa pandemi bagi wanita millenial

Pernah melihat iklan preset foto? Jika Ladies biasa menggunakan media sosial maka tidak asing dengan bisnis ini. Pengertian preset foto ini adalah mereka yang menjual preset untuk editing foto sebagai produk digitalnya. Mungkin preset saja terkesan sederhana, namun bagi mereka yang baru pemula editing atau yang ingin terlihat profesional di sosial media, tidak akan segan-segan membeli preset supaya foto-foto terlihat senada dan konsisten. Sehingga target pasar untuk preset foto ini adalah mereka yang suka tampil di sosial media, influencer atau brand bisnis yang ingin memiliki tampilan sosial media senada.

Produk digital yang bisa dimanfaatkan lainnya adalah Template. Hampir mirip dengan foto, template ini akan sangat berguna bagi orang yang sering bekerja menggunakan media digital untuk keperluan bisnis, contohnya presentasi, designercontent creator dan bahkan jasa percetakan undangan. Template ini dapat menjadi produk yang berupa templat presentasi, template sosial media, banner, CV, undangan, kartu ucapan dan juga kartu bisnis. Contoh template yang paling umum dan banyak orang akses adalah template yang ada pada Canva, Figma, Adobe Sparkpost dan lainnya.

Baca juga :  Cara Bernyali Merintis Bisnis

Nah, bagi sebagian orang membaca ebook menjadi pilihan yang lebih mudah dan nyaman, sebab aksesnya hanya melalui gadget dan tanpa perlu membawa-bawa buku fisik. Inilah yang menjadikan banyak orang memilih ebook sebagai produk digital mereka. Selain harga yang cenderung lebih miring, ebook juga sering orang cari karena kemudahan akses. Terkadang untuk buku-buku keilmuan seseorang cenderung memilih membeli ebook daripada buku fisik. Maka ebook ini juga bisa menjadi ide bisnis yang mudah untuk menghasilkan pasif income.

Dan produk digital yang paling seru dan menarik, adalah musik. Seperti diketahui bermusik juga dapat menghasilkan uang secara mudah. Dengan sistem yang sama dengan produk digital lainnya seperti foto dan template, musik dapat menjadi produk digital dengan menggunakan akses berbayar untuk mendengarkannya. Saat ini ada banyak platform streaming musik yang memiliki akses premium supaya dapat memberikan cuan tambahan baru para musisi, seperti Google Play Music, Youtube Music Premium, Amazon Music dan lainnya. Selain itu jika Ladies seorang kreator musik, maka juga dapat memberikan akses berbayar untuk karyamu di platform berbayar seperti Patreon.