Era kekinian, menuntut kecermatan dalam berinvestasi. Tak terkecuali para generasi milenial yang saat ini tengah meniti karir di ranah dunia usaha. Salah satu investasi yang masih menjadi favorit banyak orang adalah properti, salah satunya rumah. Buat generasi milenial, bila tertarik di ladang ini, boleh juga menjadikan panduan ini sebagai referensi.

1. Hidup Hemat dan menabung
Dengan memiliki rumah maka harus ada biaya yang akan di keluarkan di kemudian hari. Misalnya, atap bocor, dinding dan perbaikan lainnya. Mulailah dengan rekening khusus untuk berjaga-jaga jika muncul pengeluaran yang mendadak.

Baca juga :  7 Tips Penting Sebelum Membeli Tanah (lanjutan)

2. Maintain rumah Anda
Dikarnakan hampir semua uang Anda terserap di rumah baru, Anda perlu memastikan untuk merawatnya dengan teliti. Pemeliharaan yang rutin dapat menghemat biaya perbaikan rumah daripada melakukan perombakan atau perbaikan total yang membutuhkan waktu cukup lama.

3. Jangan mengandalkan penjualan rumah untuk dana pensiun Anda
Terlepas dari kenyataan bahwa Anda sudah memiliki rumah, Anda harus tetap mempunyai simpanan atau investasi masa depan. Sebenarnya Anda tidak akan mendapatkan keuntungan besar ketika menawarkan rumah Anda untuk dijual. Jika Anda menginginkan rumah sebagai sumber uang untuk pensiun, pertimbangkan juga bahwa bahwa Anda telah melunasi pinjaman atau cicilan rumah Anda.

Baca juga :  Persiapan Investasi di Bursa Berjangka Indonesia

4. Menyiapkan rumah tinggal untuk masa depan


Kebanyakan orang membeli rumah karena ingin menyewakannya kepada orang lain. Ingat, Anda harus memiliki kepemilikan rumah selama 5 tahun kedepan untuk benar-benar melihat peningkatan nilai jual rumah, jangan membeli rumah jika Anda tidak dapat membayangklan diri Anda tinggal di sana selama 10 tahun atau bahkan memilikinya selama 10 tahun. Atau membeli rumah yang setidaknya memiliki nilai sewa yang sama dengan jumlah hipotek pada saat membeli rumah. Mengapa? Karena ini memberi kan fleksibilitas untuk mengubah rumah menjadi properti sewaan jika Anda ingin pindah ke tempat lain atau bepergian untuk waktu yang lama.  Pastikan Anda berada di jalur yang benar untuk melindungi masa depan keuangan Anda dengan menggunakan perencanaan keuangan yang matang.
(Editor: Theresia PM)