Perempuan Indonesia begitu luar biasa. Kemampuan multitasking yang dimiliki, tidak diragukan lagi. Selain dikenal berbakti pada keluarga, perempuan Indonesia tangguh dalam membantu perekonomian keluarga. Bahkan secara lebih luas, perempuan memiliki andil dan peluang dalam menciptakan lapangan kerja. Ketua Women-20 (W20) Hadriani Uli Silallahi mengatakan perempuan Indonesia memainkan peran utama dalam usaha kecil dan menengah (UKM).

“Di Indonesia,usaha kecil dan menengah (UKM) menyediakan 67 persen dari penciptaan lapangan kerja. Perempuan memainkan peran yang sangat besar dalam pekerjaan kreatif atau menjadi wiraswasta,” ujar Hadriani Uli Silallahi dalam Seminar Pemberdayaan Wirausaha Perempuan Melalui Bisnis Inklusif yang diselenggarakan virtual.

Baca juga :  Arawinda Kirana, Kartini Muda Peraih Citra

Dari semua UKM di Indonesia, lanjut Hadriani, sebanyak 62 persen dimiliki oleh perempuan dalam tingkat mikro.

“Ini menjadi jelas bahwa peran perempuan sebagai wirausaha harus diberdayakan. Ini artinya harus ada dukungan persentase wanita yang sangat besar,” kata dia.

Namun, lanjut Hadriani, pengusaha perempuan menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya literasi keuangan, akses ke kredit dan investasi.

Wirausaha perempuan juga menghadapi tantangan untuk masuk pengadaan publik, ujarnya.

“Karena itu kita sangat mengapresiasi dan kami senang terhadap kolaborasi antara W20 sebagai engagement group dan Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah dan perwakilan untuk membuat aksi konkret/nyata dalam mendukung pengusaha perempuan agar mencapai praktik bisnis yang lebih inklusif,” kata dia.

Baca juga :  Prilly Latuconsina, Anak Muda Kekinian Yang Semangat Kuliah, Kerja dan Bisnis

Ia berharap ada komitmen lebih yang akan segera dilakukan oleh pemerintah, asosiasi, pemilik usaha dalam hal pemberdayaan pengusaha perempuan.

“Mari kita sama-sama menempatkan pemulihan sebagai garda terdepan dalam pencapaian upaya G20 menuju kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” kata Hadriani.

Ia mengharapkan seminar mengenai pemberdayaan wirausaha perempuan dapat memberikan wawasan dan manfaat kepada pengusaha wanita.

“Perempuan serta usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu dari empat isu prioritas yang kita bawa di G20,” tambahnya.

W20 mengusung empat isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia. Pertama, kesetaraan gender. Kedua, inklusi ekonomi yaitu mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Ketiga, peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas. Keempat, akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.