Memiliki dapur estetik adalah salah satu impian banyak koki rumahan. Tidak sedikit pula orang yang memiliki resolusi untuk bisa membangun dapurnya menjadi dapur estetik yang sedap dipandang mata.

“Sebenarnya saat ini banyak sekali cara untuk menciptakan suasana dapur yang nyaman apalagi dengan tampilan estetik. Namun, pertama-tama penting sekali loh bagi kita menentukan gaya dan skala prioritas yang diinginkan demi menunjang rutinitas memasak lebih optimal,” ujar passionate homecook Putri Habibie.  Berikut tips untuk memulai membangun dapur estetik idaman yang juga efektif dalam penggunaannya.

1. Pilih wajan dan panci yang tepat

Putri mengatakan tips pertama untuk membangun dapur estetik adalah pemilihan penggorengan atau wajan yang harus cermat, karena akan berpengaruh dengan kualitas masakan dan kesehatan. Putri merekomendasikan beberapa komponen yang aman namun tetap estetik dan patut dipertimbangkan untuk dimiliki yaitu wajan baja tahan karat (stainless steel), wajan besi cor (iron cast), wajan granit, dan wajan anti lengket.

Keempat bahan ini memiliki kemampuan retensi panas dengan penyebaran yang baik, sehingga aman ketika digunakan saat memasak dalam suhu tinggi dengan durasi yang cukup lama. Selain material dasar, pastikan juga handle pada panci terbuat dari elemen yang kokoh dan tidak menghantar panas saat dipegang, seperti kayu, bakelit atau sejenis karet sintetis, logam dan stainless steel.

Selanjutnya, faktor penting lainnya adalah memilih ukuran wajan atau panci yang disesuaikan dengan jumlah masakan. Namun, penggorengan berukuran sedang atau medium akan lebih praktis digunakan dalam segala macam masakan, seperti goreng, tumis, maupun berkuah.

Baik komponen, handle dan ukuran, cara kita dalam penataannya juga perlu diutamakan. Memanfaatkan area dinding dengan menggantungkan wajan dan panci sesuai warna mampu menjadi ornamen cantik dekorasi dapur. Tapi ada juga preferensi dengan menyimpan barang di tempat tertutup seperti rak dan lemari, apabila ingin terlihat lebih lowong dan mudah dibersihkan.

2. Pilihlah produk atau alat dapur multifungsi

Waktunya memanfaatkan alat masak elektrik yang multifungsi, karena dapat memaksimalkan proses memasak menjadi lebih mudah dan efisien. Seperti, food chopper dan blender yang berfungsi mencincang sayuran, menggiling daging ataupun menghaluskan bumbu menjadi lebih cepat. Rice cooker dengan fitur tambahan yang multifungsi tidak hanya berguna untuk menanak nasi namun juga mengukus, membuat bubur, sup, dan fitur slow cooker.

Tapi jangan lupakan poin utama dalam memilih peralatan dapur elektrik yaitu kapasitas watt yang tidak terlalu besar, menawarkan fitur tambahan serta kelengkapan aksesoris, tak luput poin kemudahan dalam membersihkan. Dari poin-poin tersebut, tinggal memilih desain dan bentuk yang sesuai agar menambah kesan dapur terlihat modern dan elegan.

3. Pahami fungsi dan pilih warna yang tepat

Kebutuhan masak yang berbeda-beda mewajibkan kita menggunakan alat masak seperti spatula atau sutil, pisau dan talenan dengan bentuk dan ukuran sesuai fungsinya masing-masing. Cara termudahnya kalian bisa membeli satu set atau paketan langsung, namun jika dirasa cukup banyak, dapat membeli satuan asal sudah mengetahui kebutuhan yang diperlukan.

Saat ini pilihan set spatula, pisau dan talenan tidak hanya menawarkan jenis dan fungsi, tapi juga menghadirkan ragam style dengan warna-warna menarik berbalut material berkualitas yang dapat diserasikan sesuai konsep dapur Sobat Shopee impikan.

“Seperti halnya aku suka nuansa farmhouse kitchen yang cerah, hangat, dan homey. Menggambarkan style memasakku yang menjunjung tinggi keramahan cita rasa rumahan. Like I always said, heaven is homemade,” Kata Putri.

4. Alat makan cantik menambah estetika ruang

Memilih peralatan makan tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan saja, tetapi bonusnya dapat mempercantik tampilan dapur. Jika Anda ingin membuat dapur tampak klasik, peralatan masak dengan warna biru, putih, atau hitam dapat menjadi pilihan.

Sisi lain, peralatan makan bernuansa kayu akan menambah kesan dapur ala rustik, sedangkan material kaca dan stainless steel, tidak hanya menciptakan dapur lebih estetik namun juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin memberi sentuhan dapur modern minimalis.

5. Utamakan kerapian dengan kotak penyimpanan

Agar dapur terlihat estetik dan juga rapi, Anda bisa menyimpan bumbu, bahan masakan, daging, buah, dan sayur pada tempat penyimpanan khusus. Memanfaatkan tempat penyimpanan seperti container box, toples, rak gantung, atau partisi sebagai elemen interior menciptakan ruangan dapur kalian akan terasa lebih tertata dan lapang.

Selain warna putih atau bening, kotak penyimpanan berwarna pastel menciptakan nuansa dapur semangat dan manis. Bahkan keuntungan lainnya dengan memilah sesuai kategori, mempermudah kita dapat mencari bumbu atau bahan masakan lainnya.

Baca juga :  Dekorasi Cantik Menambah Semarak Natal di Rumah