Desain Ruang Untuk si Pecinta Musik

Menyambung tema Kemerdekaan pada bulan Agustus ini, membahas mengenai kebebasan berkespresi Pecinta Musik dalam design interior. Bagaimana mengkespresikan pada design ruangan sehingga terlihat nyaman namun ekspresif. Dan kali ini kita akan membahas bagaimana Desain Ruang Untuk si Pecinta Musik.

desain ruang untuk si pecinta musik

Biasanya si pecinta musik membutuhkan satu ruang yang digunakan untuk menuangkan ide2 ataupun sekedar mengasah keterampilan musikal nya. Jika memiliki lahan yang cukup dapat menjadikan satu ruang khusus sebagai ruang hobby. Biasanya didalam ruangan hobby tersebut terdapat alat-alat musik yang disukai seperti gitar, piano, drum set, atau bahkan semua alat musik dasar yang dibutuhkan dalam sebuah band.

Fungsi Ruang Untuk si Pecinta Musik

Jika menghasilkan suara yang cukup kencang dan dapat mengganggu aktivitas ruang lain disarankan menggunakan material peredam suara di bagian dinding dan plafond. Disarankan menggunakan warna-warna yang nyaman di mata karna biasanya akan lama berada di dalam ruangan tersebut. Sehingga kenyamanan mata dapat menunjang konsentrasi dalam bermusik.

Baca juga :  Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

 

Tidak jarang ruang hobby dijadikan satu dengan fungsi ruang lainnya seperti ruang duduk atau ruang makan. Disarankan menata layout furniture atau meletakkan barang-barang sesuai proporsi dan fungsinya, sehingga kegiatan satu dan yang lain tidak saling mengganggu.

Pada Desain Ruang Untuk si Pecinta Musik, tidak disarankan untuk menyatukan dua kegiatan yang bertolak belakang kebutuhannya. Seperti contohnya ruang musik yang akan menimbulkan bunyi yang kencang dengan ruang baca yang membutuhkan ketenangan. Gunakanlah warna-warna yang terang atau menggunakan aksen warna warni dengan motif yang menarik untuk menandai bahwa ruangan tersebut adalah untuk menyalurkan hobby dan menimbulkan rasa ‘fun’.

Baca juga :  Menghargai Hasil Karya Bangsa Sendiri

Dapat juga menggunakan intangible metaphor concept atau yang disebut konsep methapora tak teraba (abstark) terhadap musik. Tidak hanya pada ruang hobby, tapi bisa juga diaplikasikan untuk ruang-ruang fungsi lain. Contohnya menyadur elemen ‘irama’ pada musik sehingga meletakkan penyusunan artwork dengan pengulangan bentuk dan ukuran yang berbeda.

Elemen dekorasi sangat berperan dalam menunjukan soul musik pada sebuah ruangan. Dapat menggunakan mural wallcovering/digital printing berbentuk not balok, alat musik atau apapun yang berkaitan dengan musik. Penggunaan artwork juga dapat dijadikan sebagai aksesoris pelengkap konsep musik dalam ruangan. Seperti contoh ‘wall hanging candle holder’ yang terbuat dari tembaga berbentuk not balok. aksesoris multi fungsi.

Baca juga :  Kamar tidur untuk Si Wanita Independent

Pada dasarnya, mengeksplorasi design interior dengan konsep musik dapat memacu kreatifitas dan akan menjadi sangat menyenangkan. Karna ada banyak sekali yang dapat dimodifikasi atau dijadikan elemen estetis. Jika anda adalah pecinta seni, kebebasan berekspresi adalah sesuatu yang dicita-citakan. Selamat mencoba dan berekspresi 🙂