Berwisata tak melulu refreshing ke pantai, pegunungan atau pusat perbelanjaan alias mall. Anda juga perlu sesekali mengajak anak-anak untuk berwisata edukasi, mengunjungi museum dan cagar budaya.

Di sana anak-anak bisa memahami sejarah Indonesia dan mengenal kebudayaan bangsa kita dengan cara yang lebih variatif. Malah banyak museum dan cagar budaya berlokasi di dekat tempat-tempat wisata. Jadi saat berlibur, anak-anak pun bisa sambil belajar.

Menyambut hari Kemerdekaan Indonesia, selama bulan Agustus 2017, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggratiskan akses masuk ke semua museum dan cagar budaya yang dikelola kementrian tersebut.

Baca juga :  Inspirasi Hidup Positif Almarhum dr. Ryan "dr. Oz Indonesia"

Hingga saat ini ada sekitar 300 cagar budaya dan museum di bawah pengelolaan Kemendikbud yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa di antara museum tersebut berlokasi di ibukota Jakarta, seperti Museum Nasional, Gedung Perpustakaan Nasional, Museum Sumpah Pemuda dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Museum Nasional Jakarta (Foto : wisatamuseum.com)

Sementara itu, cagar budaya banyak berlokasi di luar Jakarta. Di sekita Yogyakarta, cagar budaya yang dikelola oleh Kemendikbud ada Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Cagar budaya lain yang bulan ini bisa dikunjungi secara gratis adalah Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran, di Sragen, Jawa Tengah. Di sana kita bisa mengunjungi Museum Manusia Purba Klaster Bukuran, Ngebud dan Museum Lapangan Manyarejo.

Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (Foto : en.wikigogo.org, bogor.net, sangiran.org)

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, terdapat cagar budaya dan museum di bawah Kemendikbud yang tiket masuknya diatur oleh pemerintah provinsi atau pemerintah kota/kabupaten.

Baca juga :  Merawat Betawi Yang Nyaris Pergi

Ia memastikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing soal kebijakan menggratiskan tiket masuk selama bulan Agustus ini.

“Payung hukumnya menggunakan peraturan daerah. Jadi semua sudah terkoordinasi,” ujar Muhadjir.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk kita ke museum dan cagar budaya bulan ini!