Ladies, kalau kamu adalah pengguna setia Telegram dan Tiktok? Yuk kita telusuri keunggulan kedua sarana ini. Pertama, pahami terlebih dahulu fitur-fitur Telegram yang masih belum banyak diketahui. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan user experience yang lebih baik lag

Cari teman baru lewat fitur Find People by Location

Kalau kamu ingin memperluas jaringan dan mendapatkan teman online baru, fitur ini pas banget buat kamu! Telegram mengizinkan pengguna untuk menemukan grup dan teman yang baru dari lokasi sekitarmu. Meskipun begitu, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. Jadi, apabila grup atau pengguna yang kamu cari belum mengaktifkan fitur ini, kamu belum bisa menemukan mereka lewat Telegram, ya. Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan. Mudah, bukan? Kalau kamu butuh seseorang untuk sekadar menemani minum kopi atau mungkin sebuah ‘kencan’ Telegram, kamu tinggal nyalakan fitur ini dan kamu siap beraksi!

  • Atur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode

Apabila kamu sudah familiar dengan grup Telegram, kamu pastinya tahu bahwa Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang. Dengan adanya fitur ini, kamu tentunya bisa membayangkan berapa banyak pesan yang mungkin kamu dapatkan tiap harinya dari satu grup saja. Oleh karena itu, agar pengguna tidak merasa overwhelmed, admin grup mempunyai opsi ‘Slow Mode’, yakni suatu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke grup yang kamu miliki dan klik Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman. Fitur ini mempermudah admin grup untuk mengelola grup-grup mereka agar lebih efisien, namun masih nyaman digunakan.

  • Ketinggalan meeting hari ini? Tenang, video meeting bisa direkam, lho!
Baca juga :  Pengguna Gadget Habiskan 11.425 Jam Untuk WhatsApp

Kita semua tahu bahwa situasi Covid-19 di berbagai negara di dunia perlahan menjadi semakin baik, namun kalau kamu masih dalam situasi Work-From-Home atau mungkin terlalu skeptis untuk pergi lagi ke luar rumah, bisa jadi kamu masih seringkali terjebak dengan online meeting. Selain banyak platform online meeting yang biasa digunakan, seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams, kamu tahu nggak kalau kamu juga bisa mengadakan online meeting lewat Telegram dengan sangat mudah? Bahkan, tidak hanya kamu bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, kamu juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke tiap teman atau kolega yang kamu kenal di Telegram. Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

  • Anti kehilangan data-data penting dengan fitur Private Channel

Terakhir, Telegram juga menawarkan suatu fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengiriman pesan lainnya: membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi. Sebagaimana kita ketahui, Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna untuk menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers. Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun apabila kamu membutuhkan fitur yang memungkinkan kamu untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, misalnya, fitur ini cocok banget untuk kamu.

Baca juga :  Cara Jualan Produk Wanita "Jaman Now" = Online Marketing

Untuk membuat channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung tipe device yang digunakan. Secara singkat, cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.

Android: Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar pilihan yang tersedia.

Desktop: Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’.

Membuat Konten Edukasi TikTok Menarik

TikTok telah menjadi rumah kreativitas bagi siapapun yang ingin mengekspresikan diri. Bahkan platform ini sudah menyaksikan pertumbuhan banyak kreator dari berbagai latar belakang dan profesi. Konten edukasi atau berbasis skill pun menjadi salah satu konten dengan pertumbuhan tercepat di TikTok karena memberikan inspirasi dan informasi bermanfaat.

Berikut adalah beberapa tips dari para kreator TikTok di bidang edukasi:

1. Tentukan ciri khas konten sesuai dengan passion dan skill

Untuk menentukan konten apa yang bisa menjadi ciri khas kita, para kreator menyarankan untuk menyesuaikannya dengan apa hal yang dikuasai atau gemari. Dengan begitu, konten yang dihasilkan pun bisa lebih akurat dan bermanfaat. “Menghasilkan konten sesuai skill kita juga akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide, karena masih seputar apa yang kita sukai atau yang kita jalani sehari-hari,” tutur Erika Richardo, seorang kreator yang konsisten mengunggah konten seputar hobi melukisnya.

Baca juga :  Laba Langgeng, Bisnis Properti

2. Konsistensi untuk terus meningkatkan kualitas konten

Mendapatkan banyak views dan likes terkadang bisa membuat kita terlena untuk fokus kepada dua hal tersebut. Namun, konsistensi dalam mengunggah konten justru menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas konten. Tips ini disampaikan oleh Urrofi, seorang kreator foto dan videografi, yang membangun bisnis Urro Films sejak aktif di TikTok. “Sebaiknya kita tidak overthinking terhadap konten yang ingin kita unggah. Semakin konsisten kita mengunggah konten, jam terbang untuk membuat konten pun semakin tinggi, dan kita bisa melihat kualitas mana yang perlu ditingkatkan,” kata Urrofi.

3. Mulai dulu dan mencoba berbagai jenis gaya

Niat yang besar untuk menjadi kreator, kadang dihalangi oleh keraguan atau rasa tidak percaya diri. Vina Muliana, seorang pegawai di BUMN yang juga aktif sebagai kreator motivasi karir di TikTok mengungkapkan bahwa yang penting adalah bisa memulai dulu dengan menghasilkan konten yang ringan. Sementara itu dr. Farhan Zubendi, seorang kreator TikTok yang juga dokter dan Pak Win yang terkenal dengan konten seputar bisnis di akun Asahpolapikir juga menyarankan untuk mencoba berbagai gaya dalam membuat konten, sampai akhirnya menemukan gaya yang bisa menjadi ciri khas untuk jangka panjang.

Jadi, bagaimana menurutmu? Kalau Ladies adalah pengguna setia Telegram dan TikTok, gunakanlah kecanggihan sarana ini untuk menunjang aktivitas keseharianmu sembari membangun jaringan untuk pengembangan usaha dan karirmu.

Selamat mencoba!