Pasar global tetap menarik untuk dijajaki. Selain menantang, juga sebagai upaya memperlebar area penjualan. Atur strateginya dengan melihat peluang-peluang yang ada untuk meningkatkan produksi Anda. Saatnya unjuk kemampuan dalam berbisnis di kancah dunia.

1. Pilih Pasar Online Dengan Jangkauan Internasional

Memasuki pasar global pada abad ke-21, tidak harus rumit dan mahal. Dengan lonjakan popularitas pasar online seperti Amazon, Etsy, dan eBay, Ladies dapat dengan mudah membuat akun penjualan dan menyusun daftar spesifikasi untuk masing-masing produk yang ingin dijual maupun dikirim secara internasional.

2. Identifikasi dan Pilih Pasar yang Tepat untuk Bisnis Anda

Memang tidak semua produk dapat diterima pasar luar negeri. Olahan kacang goreng, misalnya. Produk jenis ini kemungkinan akan sulit menembus mancanegara. So, sebelum mempertimbangkan produk mana yang bakal dijual, perlu dipelajari selera konsumen global. Tidak hanya kemampuan bahasa asing, perbedaan budaya, kebijakan politik dan ekonomi pun, turut mempengaruhi diterima atau tidaknya barang dagangan yang akan dipasarkan. Sebaiknya Ladies melakukan preferensi pembelian sebelum menentukan negara mana yang di sasar atau promosi yang dilakukan ke negara-negara tersebut.

Baca juga :  Rayakan Kebebasan Finansial

 

3. Beradaptasi dengan Kebutuhan Pasar

Setelah melakukan riset dan menentukan pasar mana yang akan dituju, saatnya menambah wawasan seputar negara berikut profil masyarakat negara tersebut. Kalau perlu beradaptasi dengan mereka lewat kontak media sosial, sekedar mempelajari kebutuhan dan selera mereka. Informasi seputar spesifikasi produk pun, harus disampaikan dengan bahasa internasional yang dapat dipahami berbagai kalangan. Bila perlu, pertimbangkan untuk menyewa perwakilan layanan pelanggan yang mampu berbicara multi bahasa, sekaligus memberikan informasi arus pasar berikut cara bertransaksi. Sehingga Ladies dapat menetapkan harga yang lebih menarik.

4. Pahami Hukum dan Peraturan yang Berlaku

Selain kesiapan administrasi, masalah hukum dan beragam peraturan yang terkait dengan penjualan antarnegara,harus dipahami dulu. Misalnya Undang-Undang tentang Impor, Ekspor, dan Bea Cukai. Rangkaian aturan tersebut, akan mempengaruhi kita dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke mancanegara. Ada pula pajak maupun biaya-biaya lain yang menyertai. Berikut, pahami pula peraturan lingkungan, tindakan privasi keamanan yang harus dipenuhi, serta persyaratan pengemasan, keamanan, dan pelabelan.

5. Lewat Pengiriman Internasional

Apabila Ladies berkeinginan menggunakan Amazon untuk mempromosikan barang ke luar negeri, Ladies bisa mendaftar melalui ekspor FBA atau Fulfillment By Amazon. Penjualan melalui FBA adalah menjual barang di Amazon yang barangnya nanti tersimpan di gudang Amazon, yang berada di Amerika. Meski Amazon sebagai tempat penyimpanannya, tetapi penjual dan pemilik barang tetap si pengirim barang, bukan Amazon. Barang yang masuk ke gudang Amazon harus diberi label dan dikemas sesuai dengan aturan Amazon. Karena yang menentukan layak atau tidaknya sebuah produk diperdagangkan melalui program ini, adalah Amazon.

Baca juga :  Social Commerce Syariah, Hadir untuk Bantu UMKM

6. Kenali Medan Perdagangan dan Kompetitor

Sebelum berlaga di pasar global, kumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang arena dagang berikut kompetitor yang bakal dihadapi. Meneliti atau melakukan observasi seputar pesaing dan harga yang dipatok, adalah kemutlakan, sebagai bahan pertimbangan penjualan produk yang sebanding. Selanjutnya, pertimbangkan biaya, mulai dari produksi dan tenaga kerja hingga pemasaran dan distribusi, untuk menetapkan tingkat yang tepat sebagai standar memastikan margin laba tertinggi.  Jangan lupa untuk memperhitungkan pula nilai tukar mata uang, yang dapat berubah-ubah. Karena nantinya Ladies harus menyesuaikan harga yang berlaku umum di pasaran, sebagai ukuran memastikan profitabilitas atau kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba pada tingkatan yang dapat diterima.

Baca juga :  Cara Aman Kencan Online

 

7. Fokus Pada Pelanggan

Pelayanan prima dalam penjualan adalah, menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga menarik serta didukung pengiriman yang cepat. Bila hal ini telah terpenuhi, maka selanjutnya berupaya memotivasi pelanggan untuk bergabung dengan milis Anda dan mengikuti Anda di media sosial. Beri mereka imbalan untuk berbelanja plus fasilitas bagi rekan-rekan yang mereka ikutsertakan. Sekali lagi, layanan seperti FBA dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara efisien.

8. Promosi!

Beli posting yang disponsori pasar, seperti Amazon untuk memastikan produk yang ditawarkan muncul di halaman hasil pencarian dan halaman produk yang relevan. Ladies juga dapat mendorong pelanggan untuk menulis ulasan produk, atau bekerja sama dengan influencer serta membeli iklan di media sosial. Jangan lupa untuk mengatur promosi, penawaran khusus, dan kontes untuk membangkitkan minat dan interaksi dari pelanggan.

Nah Ladies, bila beragam strategi tadi dapat dipahami kemudian melakukan riset kecil, kini saatnya berani mengambil keputusan untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Go International!