Bagaimana cara menggunakan instagram untuk mempromosikan blog? Instagram adalah platform yang hebat untuk mempromosikan postingan blog, video, atau konten apapun yang dibuat. Jika tahu cara menggunakan instagram dengan cara yang benar, Ladies bisa menarik ribuan pengunjung ke akun pribadi.

Sebelum mempromosikan blog di instagram, Ladies harus memilih jenis akun yang dibutuhkan. Misalnya akun bisnis atau akun pribadi.

Akun Bisnis Instragram vs Akun Pribadi

Kedua jenis instagram tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum Ladies membuat akun instagram, ada baiknya diketahui terlebih dahulu fungsi antara akun instragram bisnis dan akun pribadi. Berikut beberapa fitur yang hanya bisa ditemukan di akun instagram bisnis.

Tampilan fitur; Tampilan fitur instagram pribadi, berbeda dengan akun pribadi

Fitur kontak; Fitur kontak ini memudahkan follower dan pengguna instagram lain untuk menghubungi Ladies melalui email atau telepon. Mereka yang ingin menghubungi hanya perlu mengklik tombol kontak, yang mana tidak dapat ditemukan di akun pribadi.

Fitur insight; Fitur ini berfungsi untuk memonitor perkembangan akun instagram bisnis Ladies. Dengan fitur ini, Ladies bisa dengan mudah mengetahui beberapa hal seperti;

  • Informasi dari follower; lokasi demografi, jenis kelamin, usia
  • Berapa kali profil Anda dilihat atau jumlah kunjungan ke akun Anda
  • Jumlah pengguna yang mengklik akun Anda
  • Berapa banyak yang telah melihat postingan Anda
  • Waktu paling efektif untuk membagikan konten di akun instagram
  • Konten mana saja yang paling disukai atau mendapatkan like dan mendapatkan banyak komen
  • Berapa banyak follower baru dalam sepekan
Baca juga :  bitcoin pilihan investasi para wanita

Tersinkron dengan Akun Facebook

Jika Ladies sudah mengaktifkan akun instagram bisnis, maka akun fanpage yang Ladies miliki akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dengan akun instragram yang dimiliki.

Cara Menggunakan Instragram untuk Mempromosikan Blog

Berikut ini tips agar Ladies lebih memahami menggunakan instagram secara efektif untuk mempromosikan blog. Jika Ladies memiliki ribuan follower, ini akan membantu menjangkau lebih banyak orang.

Bio Instagram; Ladies bisa menggunakan sarana ini untuk mempromosikan blog. Bio Instagram juga tempat yang paling tepat untuk menggambarkan profil, dengan tampilan konten yang menarik dan keren. Keunggulan ini bakal menarik follower dan pengguna lain ke akun Ladies. Berikutnya, gunakan hastag yang menunjukan bahwa ini adalah tagar yang digunakan di setiap foto. Cara ini mendorong follower menggunakan hastag ini, Ladies pun bisa melakukan branding.

Posting; Cara kedua adalah membuat posting yang berguna untuk memberitahu follower tentang info-info terbaru yang perlu diketahui. Jangan memposting yang hanya mengatakan “Hay gusy, saya memiliki postingan baru di blog saya tentang kesehatan.  Go and check it out ya…..” Ini tidak akan berhasil karena follower dan pengguna lainnya enggan untuk mengkliknya. Ada 2 cara untuk mempromosikan postingan blog supaya lebih menarik. Pertama, mulai dengan pertanyaan atau masalah yang dapat diidentifikasi oleh pengunjung. Kemudian berikan solusi dan ajak mereka untuk mengklik tautan di blog dan membaca postingan secara lengkap. Kedua, Ladies dapat mempromosikan postingan blog di instagram dan menceritakan konten yang terkait dengan postingan blog Ladies tadi. Akan lebih baik lagi bila Ladies mengidentifikasi sebuah persoalan dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Baca juga :  Dilan Sampai Via Vallen Terpopuler di Google Search 2018

Buat Instagram Stories; Dengan cara mudah Ladies bisa mengunggah konten stories, agar follower memiliki postingan baru. Ceritakan pada mereka sebuah cerita pendek yang terkait dengan postingan, dengan cara:

  • Bagikan kisah cerita pendek
  • Berikan solusi singkat
  • Dorong dan ajak mereka untuk mengunjungi blog agar mendapat solusi lengkap

Lewat instagram stories, Ladies dapat melakukan obrolan santai dan berinteraksi dengan follower. Kemudian hasil pertanyaan yang sudah di screenshot dapat diunggah lewat insta stories beserta jawaban yang diberikan.

Gunakan Highlight; fitur ini merupakan salah satu fitur baru di instagram yang dapat digunakan untuk menyimpan dan menampilkan daftar stories. Pastikan bahwa Ladies menyimpan konten promosi blog melalui fitur highlight supaya bisa bertahan lama. Dengan cara ini, saat Ladies mendapatkan follower baru, mereka dapat melihat semua postingan blog yang pernah Ladies miliki.

Baca juga :  Ladies, Yuk Mengenal Beragam Asuransi

Gunakan Hastag yang Tepat; Ketika memposting untuk mempromosikan konten, pastikan Ladies menggunakan hastag yang terkait dengan topik yang dibahas di blog. Jika postingan yang ditayangkan adalah tentang bagaimana membuat kopi terbaik, dan Ladies ingin menggunakan tagar yang dicari pembaca, bisa saja membuat dengan hastag #coffeeislife. Hindari hastag yang tidak terkait dengan konten dan hastag yang terlalu sering digunakan.

Instagram Live; Dengan menggunakan fitur ini, Ladies bisa berbagi momen secara real time, dan ketika siaran berakhir, Ladies dapat membagikan ulangan video live di instagram stories. Konten yang dibuat saat siaran langsung, sama dengan instagram stories:

  • Bagikan kisah yang ingin dikupas
  • Buat mereka terhubung dengan kisah yang disajikan
  • Berikan solusi
  • Bawa mereka ke blog untuk mengetahui bagaimana caranya

Menampilkan siaran langsung, juga akan membantu follower mengenal dan membantu Ladies menjalin hubungan dengan para pembaca blog. (Editor: Theresia PM)