Wanita Bahagia Harus Rajin Jalan Kaki

Tahukah Ladies, penelitian kesehatan menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang meningkat bisa meningkatkan level kebahagiaan. Salah satu aktifitas fisik tersebut adalah dengan berjalan kaki. Meskipun aktivitas berjalan kaki murah meriah, namun jangan ditanya soal manfaatnya. Bukan saja baik untuk kesehatan fisik, tapi juga dapat membantu mengurangi gejala gangguan kesehatan mental kita. Jadi, Wanita Bahagia Rarus Rajin Jalan Kaki!

Untuk itu Ladies, mulai sekarang rajin-rajinlah berjalan kaki dan rasakanĀ  manfaatnya. Saat kita berjalan kaki, tubuh melepaskan hormon endorfin (hormon bahagia) ke dalam aliran darah, sehingga dapat mengurangi stress dan rasa kecemasan.

Wanita Bahagia Rarus Rajin Jalan Kaki

Manfaat Rajin Berjalan Kaki

Berjalan kaki ternyata banyak sekali manfaatnya, menurut penelitian sebuah lembaga amal Walking for Health, dengan berjalan bisa mengurangi 8 masalah kesehatan, bahkan bisa menyembuhkan penyakit, tanpa harus mengeluarkan uang. Delapan masalah kesehatan tersebut yaitu :

1. Serangan Jantung

Rajin berjalan kaki dengan kecepatan sedang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner) agar darah segar mengalir dan berfungsi normal, serta memompa darah tanpa henti.

Baca juga :  Wanita Indonesia Lebih Sehat dan Lebih Berani

Dengan sering berjalan dengan kecepatan cepat, aliran darah ke dalam jantung lebih lancar. Kolesterol baik (HDL) pun akan meningkat yang berfungsi sebagai penyerap kolesterol jahat (LDL).

2. Stroke

Satu lembaga penelitian dilakukan kepada 70 ribu pasien di Harvard School of Public Health, yang bekerja sambil berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu. Hasilnya adalah resiko terserang Stroke menurun dua per tiga.

3. Timbunan Lemak

Rutin berjalan kaki akan meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah kalori terbuang karena aktivitas berjalan kaki. Jika ada kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar, dan kenaikan berat badan dapat di tekan. Selama 1 jam kita berjalan kaki, bisa membakar sebanyak 150 kalori.

4. Kelebihan Berat Badan

Jika Ladies ingin mencoba menurunkan berat badan, mulailah rutin untuk berjalan kaki. Pergerakan kaki sampai ke seluruh tubuh, mampu menurunkan berat badan dan lemak yang ada terutama di perut. Lakukan rutin berjalan kaki 2 jam sehari, lemak anda akan terkikis, bahkan banyak kalori yang terbakar di saat anda istirahat.

Baca juga :  Kenalan Yuk dengan BB Glow Treatment

Wanita Bahagia Rarus Rajin Jalan Kaki

5. Kanker

Jika kita rajin berjalan kaki, gejala kanker jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma), akan lenyap dengan sendirinya.

Ladies tahu, pergerakan badan saat berjalan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga di saat buang air besar lebih lancar. Dimana kanker usus terjadi karena kotoran yang tertahan lama dalam saluran pencernaan.

Menurut studi lain, rajin berjalan bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

6. Osteoporosis

Mengkonsumsi vitamin D dan kalsium yang banyak, tidak cukup untuk terhindar dari gejala osteoporosis. Tubuh kita memerlukan pergerakan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit di bawah sinar matahari pagi.

Pergerakan yang kita lakukan adalan berjalan kaki. Selain menyebabkan otot-otot tubuh menjadi sehat, kerangka atau tulang di dalam tubuh kita juga akan menjadi sehat dan kuat.

Baca juga :  Yuk Kenali dan Kendalikan Diabetes

7. Diabetes

Ladies hanya butuh berjalan kaki secara rutin, sekitar 6 kilometer per jam, atau jalur tempuh selama 50 menit. Aktivitas ini mampu mencegah berkembangnya diabetes, khususnya bagi mereka yang bertubuh gemuk. (National Institute of Diabetes and Gigesive &Kidney Diseases)

Obat tidak diperlukan di saat kita rutin gerak badan, sehingga gula darah bisa terkontrol dengan baik.

8. Depresi

Berjalan kaki cepat (intensitas sedang) secara teratur dapat menggantikan obat anti depresan yang biasa di minum secara rutin oleh penderita depresi. Dimana saat berjalan kita mengeluarkan hormon endorfin, dan bertemu teman-teman saat berjalan dan mengobrol, akan membuang rasa terkukung dan kesepian.

Jadi, sudah tau dong, kenapa Wanita Bahagia Rarus Rajin Jalan Kaki. Di saat Hati Bahagia, segala penyakit akan hilang!

Wanita Bahagia Rarus Rajin Jalan Kaki