Siapkan Dana Pendidikan Anak sejak Dini

Pendidikan adalah salah satu Investasi yang harus di miliki setiap orang di muka bumi ini. Dengan pendidikan, bukan saja teori yang kita dapatkan, tapi kita juga mendapatkan rasa keadilan dan kesetaraan, yang mewujudkan masyarakatnya menjadi bangsa yang besar, maju dan tidak tertinggal. Seperti Quote mantan Presiden RI pertama Ir. Soekarno,“Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau jatuh di antara bintang-bintang”. Pertanyaannya, perlukah kita untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini?

Siapkan Dana Pendidikan Anak

asuransi pendidikan anak, ibudanmama.com

Makin banyak orangtua yang menginginkan anak-anak mereka menjadi orang besar, orang yang berguna bagi bangsa dan negaranya. Untuk mewujudkan itu semua, para orang tua juga harus memberikan pendidikan terbaik untuk buah hatinya. Tentunya orang tua sangat perlu untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak yang tidak sedikit, sehingga harus disiapkan dananya sejak dini.

Saat ini, biaya pendidikan di Indonesia masuk tahapan yang sangat tinggi, untuk memperoleh pendidikan yang terbaik. Contohnya ladies, untuk masuk SD swasta di Propinsi DKI Jakarta bisa mencapai biaya puluhan juta, sedangkan SD Swasta berstandar Internasional , biaya pendidikan nya bisa naik berkali-kali lipat, bahkan bisa mencapai ratusan juta.

Baca juga :  Profil Maudy Ayunda "Investasi Property"

Oleh karena itu para orang tua perlu Siapkan Dana Pendidikan Anak berupa tabungan pendidikan ataupun asuransi pendidikan, supaya bisa menjamin pendidikan buah hatinya dalam keadaan apapun. Bahkan disaat penyokong dananya sudah tiada pun, si anak tetap bisa memperoleh pendidikan, sampai ke jenjang yang paling tinggi.

Bagaimana Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Waktu yang tepat untuk Siapkan Dana Pendidikan Anak tersebut, adalah di saat anak masih kecil. Bagaimana jika anak sudah memasuki usia sekolah, dan  orangtua tetap bisa menabung untuk persiapan pendidikannya lebih lanjut? Caranya adalah :

1. Reksa Dana

Reksa Dana adalah salah satu jenis investasi, yang bisa dilakukan bagi mereka yang mempunyai modal kecil, dan menginginkan laba yang cukup nyata. Untuk memulainya bisa dari modal Rp.50.000,- saja. Dengan menabung di Reksa Dana, orangtua tidak perlu memiliki pengetahuan yang dalam tentang keuangan, saham ataupun obligasi. Tapi kita harus cermat dalam memilih manajer investasi yang berkinerja bagus.

Baca juga :  Wanita Indonesia Harus Belajar Investasi

2. Tabungan Berjangka

Setoran tabungan ini ditentukan sendiri, didebet otomatis dari rekening setiap bulannya, kemudian di masukkan dalam tabungan berjangka. Nasabah bisa menentukan sendiri jangka waktu menabungnya dari 6 bulan-20 tahun.  Keuntungan menabung di Tabungan Berjangka adalah bisa di ambil kapan saja, dan suku bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa. Bagi mereka yang suka lupa dan kurang disiplin dalam menabung, jenis investasi tabungan ini solusinya.

3. Saham 

Saham adalah surat kontrak kepemilikan dalam suatu Perseroan Terbatas yang kita beli. Jenis Investasi ini bagus untuk jangka panjang, seperti kepemilikan sebuah property. Keuntungan yang kita peroleh dari Saham yaitu selisih antara harga beli dan harga jual saham, atau yang di sebut : Capital Gain. Misalnya Ladies membeli 1 lot saham (100 lembar) dengan harga Rp. 5.000 per lembar. Lima tahun kemudian, harga saham melompat naik menjadi Rp.10.000 per lembar. Selisih harga Rp.5.000 per lembar, inilah keuntungan yang di sebut Capital Gain.

Keuntungan lainnya, pemilik saham juga mendapatkan Deviden, yaitu bagian keuntungan perusahaan yang di bagikan kepada para pemegang saham, saat Rapat Umum Pemegang Saham, bisa berbentuk uang tunai, ataupun keuntungan dari penambahan saham.

Baca juga :  7 Tips Penting Sebelum Membeli Tanah

Siapkan Dana Pendidikan Anak

Ok Ladies, selamat mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita ya, semoga cita-cita mereka yang  setinggi bintang di langit tercapai.