Perubahan Jaman mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, salah satunya bisa kita liat sekarang kemajuan teknologi dalam segi ekonomi. Berbicara tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern sekarang,sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia jaman now. Kita sadari manusia berdampingan terus dengan handphone dan laptop ,dimana dalam handphone dan laptop mempunyai banyak sekali fitur aplikasi yang canggih.

Fitur-fitur canggih yang saat ini banyak dipakai wanita Indonesia adalah fitur-fitur sosial media, tujuannya apalagi kalau bukan untuk menjalankan usaha Bisnis Online. Usaha bisnis ini merupakan bagian dari kegiatan ekonomi dan mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kegiatan usaha bisnis yang mereka lakukan setiap hari, bisa sebagai produsen, perantara maupun konsumen, pengaruhnya bukan hanya untuk individu, tapi juga kehidupan sosial,regional, nasional maupun internasional.

Terjadi perubahan dengan cepat dalam bisnis global, pertanyaanya apakah Ladies siap menghadapi tantangan atau siap bertahan di industri bisnis online ini? Ladies juga pasti bertanya  apakah Bisnis Online sama dengan Online Marketing?

Pengertian tentang Bisnis Online berdasarkan perbedaan mendasar dengan Bisnis Offline (Bisnis di dunia nyata) adalah dalam menjalankan kegiatannya bisnis Online menggunakan media Online. Jika di Bisnis  dunia nyata membuka Toko dengan memiliki Nama, di Bisnis Online Nama Toko dengan membuka Domain. Selanjutnya Toko di Bisnis nyata membutuhkan tempat/lokasi, di Bisnis Online kita menyewa Hosting.

Sedangkan Online Marketing atau bisa disebut e-Marketing dan Internet Marketing adalah segala usaha yang dilakukan oleh pelaku Bisnis Online (Netpreneur) untuk memasarkan atau mempromosikan jasa atau Produk ( fisik maupun digital) dengan menggunakan Internet sebagai Media Promosinya. Jadi Online Marketing menggunakan Tehnik dan Ilmu bagaimana cara memasarkan dan mempromosikan Produk atau Jasa itu, sehingga Pelaku Bisnis Online bisa menghasilkan uang dari Bisnis Online.

Baca juga :  Bersama Sociopreneur Indonesia, Kapal Api Mengadakan Kegiatan 'Apprenticeship'

Dalam materi kajian “Online Marketing” ini, Oemar MZ, pelaku Bisnis Online yang berkecimpung di dunia Properti dan owner dari SB1M, www. internet pemula. com, mengatakan bahwa,” Ingin melihat Bisnis Masa Depan , mesti liat tren anak-anak muda sekarang,seperti fashion, kuliner, cafe yang memasang wifi dan sebagainya. Generasi Milenial jaman now ini adalah target market kita.”

Ada 3 Media Online yang jadi favorit para Pelaku Bisnis Online ini, yaitu Website/Blog, Facebook dan Instagram. Untuk itu Ladies wajib menguasai Online Marketing, agar bisa melakukan pemasaran bisnis secara maksimal. Dibutuhkan berbagai macam strategi jitu dalam pemasaran yang akan dilakukan, karena semakin banyak pelaku bisnis di dunia Online ini.

Baca juga :  Cara Bijak Wanita Mengelola Keuangan Pribadi

Sedikit  Informasi mengenai kelebihan online marketing di Website/Blog di sini adalah sebagai wadah untuk bisa menangkap Data Base (daftar nama), bisa pasang iklan , gunakan nama dan bahasa yang mudah diingat dan gunakan Brand yang simpel, contoh : Detik.com , artinya setiap detik akan ada berita baru yang update.

Untuk pasang iklan di Facebook kita bisa gunakan Fanpage, terutama bagi Ladies yang serius menjalankan bisnis online ini. Sertakan dalam Iklan Bisnis tersebut nomor kontak handphone, whatsapp dan token yang bisa link langsung ke website produk kita. Dan perhatikan untuk bisa share ke pembaca, ladies masukkan target pasar berdasarkan kategori : range umur, gender, wilayah kota besar dan needs yang spesifik serta unik. Contoh jualan Cupcake, dipasarkan sekitar umur 25 – 35 tahun, jual ke mamah-mamah muda, untuk yang suka nonton TV apa dan sosial medianya apa?

Baca juga :  Kemerdekaan Mengatur Keuangan Kita

Buat para “Mahmud” Mamah-mamah muda, yang senang mengekspresikan diri dan promosi, Media Instagram sangatlah disukai. Selain bisa memasang foto-foto diri, foto kegiatan harian dan foto produk yang sedang dipasarkan, siapkan video live untuk tutorialnya, supaya lebih menarik dan bisa menggunakan kunci hastag (#) supaya bisa banyak pelanggannya. Contoh pemasaran Properti, Lokasi Bintaro, pemasaran deket Bandara, target pembelinya #pamugari, #pegawai negri Tangerang selatan, #pilot.

Supaya promosi pemasarannya lebih terarah, menarik dan tidak membosankan bagi para pelanggan dan pengunjung website/blog ataupun sosial media lainnya, wajib menggunakan content marketing yang menarik sehingga membuat pelanggan ingin sharing kepada yang lain. Karena content marketing dapat membuat website/blog serta sosial media lebih terlihat fresh dan dinamis, serta lebih hemat dan efektif dalam mempromosikan brand.

Ok Ladies, Selamat mencari pelanggan di bisnis online.

.