E-Money Bikin Hidup Jadi Mudah Dan Hemat

Mulai Oktober 2017, seluruh transaksi di gerbang tol wajib menggunakan uang elektronik (e-money). Kebijakan ini dibuat oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Bank Indonesia, agar transaksi dapat dilakukan secara lebih cepat dan mudah. Yups, karena dengan menggunakan E-Money Bikin Hidup Jadi Mudah Dan Hemat.

Bank Indonesia mendefinisikan uang elektronik sebagai segala jenis uang yang tersimpan di sebuah sistem seperti server atau chip. Benda tersebut digunakan oleh konsumen sebagai layanan e-wallet ataupun kartu prabayar. Keduanya sangat berguna di negara  yang memiliki penetrasi kartu kredit yang sangat rendah. E-money membantu masyarakat melakukan pembayaran secara daring (online) atau menyimpan uang untuk keperluan seperti membayar tiket bus atau tagihan.

E-Money Bikin Hidup Jadi Mudah Dan Hemat

Mudah dan Cepat Beli Tiket Dengan E-Money (Foto : bangcamat.blogspot.com)

Perkembangan E-Money

Sebenarnya e-money telah lama berkembang di dunia perbankan. Hanya penggunaannya masih belum merata. Masyarakat Indonesia sendiri, terutama warga Jakarta sudah mulai familiar menggunakan e-money untuk membeli tiket TransJakarta dan commuter line. Selain itu, e-money juga digunakan dalam bentuk lain, seperti T-cash dari Telkomsel dan Rekening Ponsel dari Bank CIMB Niaga.

Baca juga :  Mau Usaha Naik Kelas? Jangan Malas Urus Legalitas! (1)

Sejak 2009, e-money telah disahkan dalam Peraturan Bank Indonesia nomor 11/12/PBI/2009 tentang uang elektronik (electronic money). Kini penerbit uang elektronik yang terdaftar mencapai 20 perusahaan yang terdiri dari sembilan perbankan dan 11 perusahaan telekomunikasi.

E-Money Bikin Hidup Jadi Mudah Dan Hemat

Menggunakan T-Cash Sebagai Alat Pembayaran (Foto:sepulsa.com)

Mengutip data Bank Indonesia, jumlah uang elektronik pada akhir 2016 tumbuh 49,22% menjadi 51,20 juta dibandingkan dengan akhir tahun sebelumnya, yaitu 34,31 juta.

Kemudahan Hidup dengan E-Money

E-money hadir mengingat kebutuhan manusia terhadap efektivitas pembayaran,” ungkap Andri Sumarno, pengamat perbankan dari Mega Capital Indonesia.

Baca juga :  Mau Usaha Naik Kelas Jangan Malas Urus Legalitas! (2)

E-money merupakan instrumen pembayaran nontunai masa kini yang mampu menggantikan fungsi uang kartal sebagai alat pembayaran. Ini merupakan bagian dari integrasi pertumbuhan ekonomi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Menggunakan e-money juga bisa membuat kita jadi lebih hemat loh… Dengan banyaknya promo yang diadakan oleh provider e-money, kita bisa menikmati beragam diskon dari berbagai merchant yang bekerja sama.

E-Money Bikin Hidup Jadi Mudah Dan Hemat

Contoh Promo dari Rekening Ponsel CIMB Niaga

Selain itu, dengan memanfaatkan e-money, kita tak perlu membawa banyak uang tunai yang bisa menggoda kita untuk belanja hal-hal yang tidak penting. Uang elektronik ini juga memudahkan kita saat bertransaksi karena tidak usah menyediakan uang pas atau menerima uang kembalian belanja berupa koin receh atau malah permen!

Baca juga :  Dilema Karir Wanita Berkeluarga. Bagaimana Solusinya?