Menghargai Hasil Karya Bangsa Sendiri

Mengisi kemerdekaan dengan berkarya. Menuangkan ide-ide dalam kreativitas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam dunia design sudah tidak asing lagi dengan istilah karya original dan bukan hasil karya contekan. Menciptakan sebuah karya terilhami dari budaya sendiri atau menyadur style mancanegara namun tetap menggunakan material khas lokal yang menandakan bahwa kita bangga menggunakan hasil produksi dalam negeri yang berkalitas serta mempunyai karakter yang kuat. Sebagai bangsa yang berbudaya luhur, kita harus bisa Menghargai Hasil Karya Bangsa Sendiri.

Icon Dari Budaya Indonesia

Perlu diketahui ada banyak ragam budaya Indonesia yang dapat disadur dalam design interior. Salah satunya yang umum adalah ukiran kayu. Dapat menggunakan langgam lokal yaitu motif batik, namun dikemas secara modern, sehingga dapat dikombinasikan dengan berbagai style dari negara lain atau bahkan terlihat menjadi modern kontemporer.

Design properties of Bittova Design

Budaya Indonesia dalam Desain

Pemilihan warna dan material juga sangat mendukung dalam terciptanya impresi modern dalam sebuah design yang menggunakan langgam batik. Perletakkan kaca cermin bronze dapat memberikan kesan modern pada efek pantulannya, dipadukan dengan ukiran bercorak batik finishing silver gold glazed. Kesan pertama orang akan menangkap ethnic sekaligus kemawahan yang disertai efek modern. Cocok untuk partisi ruangan atau wall panel dengan pengulangan pola.

Baca juga :  Kamar tidur untuk Si Wanita Independent

Ukiran sebagai hasil karya original anak bangsa khususnya daerah Jepara juga dapat menyadur dari style American. Memang tidak melulu harus menggunakan langgam lokal. Untuk memunculkan originalitas ukiran tersebut gunakanlah warna-warna natural kayu.

Kayu yang biasa digunakan adalah jati yang warnanya cenderung kekuningan, mahoni/nyatoh warna cenderung kemerahan, atau sungkai dengan warna naturalnya putih kekuningan. Material kayu lokal tersebut juga dapat bersanding dengan material kayu solid dan veneer (kulit kayu) import dari berbagai negara lain seperti american walnut, oak, maple, anegree, sapele, rosewood, dan masih banyak lagi.

Contoh terlihat pada design ruang tamu berikut yang mengkombinasikan kayu solid lokal mahoni dengan veneer import elm burl. Dipadukan dengan warna meja silver gold dan kain sofa light brown menambah kesan elegan namun etnik masih terasa.

Design properties of Bitova Design

Material Alam, Khas Indonesia

Selanjutnya kita juga dapat menggunakan material sumber daya alam khas dari indonesia. Contohnya adalah tembaga, kuningan dan perak. Ada banyak jenis artwork yang dapat diciptakan dari material ini seperti sculpture, pendant lamp, glass bowl artwork, wash basin, bahkan bathtub.

Baca juga :  Hunian Modern Dengan Gaya Etnik Nusa Tenggara Timur

Sudah banyak hasil artwork anak bangsa yang di eksport ke luar negeri. Bahkan tahun ini di bulan April yang lalu pak Presiden Jokowi sengaja memberikan pengarahan kepada para pengrajin artwork agar bekerja lebih efisien serta mengurus legalitas usaha agar sah sebagai peng eksport di mana negara.

Jika orang-orang di luar Indonesia dapat menghargai hasil karya seni anak bangsa, mengapa kita tidak? Itu adalah sebuah pertanyaan yang besar. Tumbuhkanlah jiwa nasionalis didalam diri kita lewat penghargaan terhadap hasil karya anak bangsa.

Design properties of RK&P Design and Build for Sahara Deli

Design properties of Bittova design for Swiss Bell Hotel by Ciputra Group

Design artwork autentik Indonesia yaitu Gong yang terbuat dari kuningan juga dapat dijadikan elemen aksentuasi ruangan kamar tidur hotel dengan nuansa modern. Sehingga tercipta sebuah point of interest pada sebuah ruangan.

Baca juga :  Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Tidak hanya melalui material diwujudkan kedalam bentuk artwork, lukisan bergambar wayang pun bisa menjadi elemen estetika penguat unsur autentik Indonesia. Terlihat pada gambar design ruangan lobby hotel yang menggunakan elemen kanvas dari kulit kerbau dilukis dengan cat minyak gambar wayang kulit khas dari daerah Jawa Tengah dengan nuansa Merah Putih sebagai dominan warnanya. Ini cukup berhasil menghadirkan suasana Indonesia yang elegan.

Karya ini merepresentasikan image kreatif anak bangsa. Mari kita mulai dari sekarang tunjukan jati diri bangsa Indonesia lewat karya seni. Dirgahayu Indonesiaku ke 72. Merdeka!

Emma Kuslita Photoworks. Location Alila Hotel Solo