Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Melanjutkan tema Kemerdekaan dalam berekspresi di bulan Agustus ini, mengetengahkan topik design interior bagi Penyuka Olah Raga. Ada banyak jenis oleh raga yang umumnya disukai seperti lari, bersepeda, renang, softball, basket, tenis, dan lain lain. Berolah raga merupakan salah satu kebutuhan bagi banyak orang karna dapat menyehatkan tubuh kita.

Lalu bagaimana hubungannya dengan design interior? Adalah sebuah tantangan menyatukan hobby olah raga dengan penataan ruangan. Ada beberapa jenis olah raga yang membutuhkan penataan ruang khusus dalam meletakkan peralatan olah raganya agar terlihat rapi namun tidak  banyak memakan ruang.

Hobby Olahraga dan Design Interior

Seperti contohnya bagi penyuka olah raga bersepeda, ada beberapa peralatan utama, pendukung, sampai jersey yang perlu ditata dengan baik perletakannya dalam ruangan.

Baca juga :  Menghargai Hasil Karya Bangsa Sendiri

Sepeda dapat diletakkan di area service seperti garasi lengkap dengan lemari peralatan pendukungnya agar terlihat rapi. Ini memungkinkan si penyuka sepeda menata peralatannya dalam satu lemari dengan pembagian pengelompokan perletakkan sesuai dengan fungsi peralatannya. Elemen yang tidak tahan dengan kelembaban/suhu tertentu sebaiknya diletakkan terbuka tanpa pintu.

Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Contoh perletakkan lemari penyimpanan sepeda dan perlengkapannya (foto : Pinterest)

 

Jika tidak memiliki ruang garasi yang cukup besar atau  tinggal di apartment dapat memasukkan sepeda ke dalam ruangan tempat kita beraktivitas seperti di dalam ruang keluarga atau koridor yang cukup luas. Agar terlihat harmonis dengan design interior ruangan dan penghuni merasa nyaman, letakkanlah sepeda di sisi yang tidak mengganggu.

Baca juga :  Kamar tidur untuk Si Wanita Independent

Atau bisa juga untuk mensiasatinya, sepeda dapat digantung pada dinding. Gunakan hanger khusus untuk sepeda. Agar menambah nilai, hanger dapat dikombinasikan dengan shelving untuk meletakkan helm, kacamata, dan sarung tangan. Siasati designnya agar menjadi elemen estetis ruangan.

penataan sepeda pada Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Sepeda dan Shelving gantungan sebagai elemen estetis (Foto : Pinterest)

Ruang Penyimpanan Alat Olahraga

Jika memiliki ruang khusus untuk wardrobes berikut adalah cara menata lemari pakaian agar terlihat rapi dan sesuai dengan fungsinya.

Kelompokkan masing-masing items sesuai fungsinya. Sepatu dibagian bawah dan terbuka. Jika dimasukkan ke dalam lemari, pastikan ada lubang udara agar tidak lembab dan bau. Jersey dapat digantung agar rapi. sarung tangan, kaos kaki, manset, dapat dimasukkan ke dalam laci. Topi, helm, botol minuman dapat diletakkan di dalam lemari dengan pintu tertutup atau pintu kaca bening agar memudahkan dalam mencari barang tersebut.

penataan rak pada Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Contoh penyusunan jersey dan aksesoris pada shelving (Foto : Pinterest)

 

penataan lemari pada Design Interior bagi Penyuka Olah Raga

Contoh bagian dalam lemari untuk meletakkan perlengkapan oleh raga (Foto : Pinterest)

Jika sudah tertata rapi maka penghuni ruanganpun akan merasa nyaman, hoby tetap dapat tersalurkan. Tantangan berikutnya adala disiplin. Disiplin dalam merapikan serta mengembalikan letaknya ke posisi semula setiap barang yang telah dipakai.

Baca juga :  Hunian Modern Dengan Gaya Etnik Nusa Tenggara Timur

Jangan lupa untuk selalu membersihkan barang-barang sebelum diletakkan kembali terutama sepeda, agar tidak menimbulkan aroma tak sedap dan pemandangan yang kurang rapi. Selamat mencoba menata ruangan anda. Semoga dapat membantu mengekspresikan diri anda.