7 Tips Penting Sebelum Membeli Tanah (lanjutan)

Berikut ini lanjutan Tujuh Tips Penting Sebelum Membeli Tanah :

4.  Bebas Sengketa

Pilih tanah yang bebas dari sengketa dan memiliki status yang jelas. Sengketa tanah yang biasa terjadi misalnya karena pembagian harta warisan, harta gono gini perceraian, tidak bersertifikat, terganjal kasus pembebasan tanah, penggandaan sertifikat, hingga perkara sita jaminan bank. Hindari membeli tanah bermasalah seperti ini.

5.  Tawar Harga

Sebelum menerima harga dari pemilik/penjual tanah, carilah informasi harga pasaran tanah di sekitarnya sebagai bahan referensi. Informasi lain seperti kekurangan yang ada pada tanah tersebut juga bisa dicari sebagai senjata untuk meminta diskon.

Baca juga :  Wanita Indonesia Harus Belajar Investasi

6. Gunakan Jasa Notaris Terpercaya

Jika Anda punya langganan atau kerabat notaris, bisa gunakan jasa mereka untuk mengurus perjanjian jual beli dan surat-surat tanah. Carilah notaris yang bisa dipercaya demi keamanan transaksi Anda.

7.  Kondisi Keuangan

Investasi tanah baru memberi keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih lama. Pada dasarnya masa tunggu satu atau dua tahun pun sudah bisa ada keuntungan dari selisih harga beli dan jual. Tetapi bisa jadi keuntungan itu baru bisa menutupi biaya-biaya yang timbul seperti mengurus legalitas, pajak dan lain-lain.

Baca juga :  Bisnis Valas Berkembang Pesat di Indonesia

Selama menunggu nilai tanah Anda naik, paling tidak lima tahun, perhatikan benar kestabilan keuangan Anda agar tidak collapse. Sayang sekali jika di tengah masa tunggu, tiba-tiba Anda mengalami kesulitan keuangan, lalu Anda harus menjual asset tanah. Jika tingkat keuntungan yang diharapkan sudah tercapai, hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika baru berjalan satu atau dua tahun, tentunya keuntungan yang Anda dapat kurang maksimal.

Rencanakan Dengan Matang

Sebaik-baiknya investasi adalah yang direncanakan dengan baik dan terinci. Perhatikan segala aspek dan point penting sebelum Anda menentukan untuk melakukan investasi dalam pembelian sebidang tanah. Karena butuh perhitungan yang matang dan kesiapan diri untuk menanggung segala resiko yang mungkin akan timbul di kemudian hari. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin berinvestasi tanah 🙂